Contoh dan Cara Membuat Surat Pengumuman

contoh daftar pustaka skripsi

Contoh Surat Pengumuman dan Pemberitahuan. – Surat ini biasa digunakan oleh instansi pemerintahan, pendidikan, perusahaan atau suatu organisasi. Untuk menyampaikan suatu informasi kepada banyak orang/ pihak lain. Bisa menggunakan media surat, spanduk, banner, sosial media, dan lain lain.

Jenis surat pengumuman ini biasanya dibuat secara terbuka sehingga dapat dengan cepat diketahui banyak orang.

Juga selain itu penempatan surat ini juga harus dilakukan di tempat tempat yang strategis dan mudah diketahui banyak orang. Seperti persimpangan jalan di buat banner/ spanduk yang besar dan jelas.

Jika didalam instansi/ perusahaan maka surat pengumuman diletakan di papan pengumuman yang selalu dilihat oleh para pekerja setiap harinya.

Read moreContoh dan Cara Membuat Surat Pengumuman

Perjalanan Menuju SINTESA 7

Cerita bermula saat tahun 2015, saat itu gue semester 4 atau 5, kalo kalian baca cerita kuliah gue, disaat semester itulah gue memulai bisnis. Saat lagi jam istirahat gue ngecek sosmed dan ketemulah FP (Fanpage Facebook) Sintesa, entah kenapa saat itu gue langsung tertarik untuk like dan melihat FP nya, saat itu baru penerimaan angkatan 1 kalo tidak salah.

Akhirnya gue baca-baca dan langsung tertarik untuk bergabung di Sintesa, tapi karena masih kuliah, gue harus menunda keinginan tersebut, hingga akhirnya gue lupa kalo pernah nge like FP tersebut.

Seiring berjalannya waktu, keinginan gue untuk masuk Sintesa muncul lagi saat tau temen liqo gue (tahun 2012) masuk ke sana, Abdurrahman Kholis, tapi lagi-lagi gue harus menundanya, karena saat itu gue juga masih kuliah.

Setiap tahunnya gue selalu memperhatikan FP tersebut, siapa tau ada pembukaan santri baru, gue harus cepat-cepat daftar. Keinginan gue saat itu untuk bergabung ke Sintesa begitu tinggi.

Hampir Bergabung di Angkatan 6

Read morePerjalanan Menuju SINTESA 7

Wisata ke Bandung

Bandung, siapa yang tidak mengenal kota yang satu ini? Apa yang ada dipikiran kalian ketika mendengar kata “Bandung”?

Salah satu tempat destinasi wisata yang cukup menarik banyak ditawarkan di kota ini. Gue sebagai orang yang tinggal di daerah Depok merasakan hal yang berbeda ketika menginjakkan kaki di kota Bandung.

Seperti cerita gue waktu SMK, pas gue magang di Bandung, awal-awal gue dateng ke Bandung, gue merasakan suasana yang berbeda dari tempat tinggal gue di Depok. Di Bandung cuacanya lebih sejuk, banyak tempat wisata yang menarik dan perlu gue kunjungi, itulah mungkin pandangan awal gue sebagai orang yang tinggal diluar kota Bandung.

Yaa walaupun pada saat SMK gue cuma jalan-jalan 2 atau 3 kali doang, dan itupun ke daerah yang gak jauh dari tempat magang gue (Cimahi), karena pada saat itu belum ada transportasi online, dan kalo mau wisata yang jauh harus dengan transportasi umum.

Read moreWisata ke Bandung

Mendapat Beasiswa S1

Mendapatkan beasiswa untuk bisa kuliah merupakan impian banyak orang, termasuk gue, setelah lulus dari SMK yang ada dipikiran gue adalah bagaimana gue bisa lanjut kuliah, dimana aja, intinya kuliah.

Gue juga gak mau ngerepotin ibu yang saat itu menjadi tulang punggung satu-satunya di keluarga, setelah bapak tiada, jadi mau gak mau gue harus cari beasiswa atau kuliah sambil kerja.

Ada kalimat yang membuat hati gue terketuk, saat itu ibu bilang ke gue,

“Rif, kamu mau kemana lagi? Kuliah atau kerja? Kalo mau kuliah biaya sendiri, mamah gak sanggup kalo harus biayain kamu kuliah”. Kalimat tersebut langsung “menancap” dihati, “gue gak boleh mengeluh, harus berusaha”.

Saat itu juga gue langsung memohon kepada Allah, supaya memberikan jalan keluar dari problem yang gue hadapi.

“Ya Allah yang Maha Kaya, berilah aku kemudahan untuk bisa melanjutkan kuliah, karena tiada daya dan upaya kecuali dari-Mu”, doa gue setiap saat.

Sebenernya saat lulus SMK gue dapat undangan bidik misi, tapi bukan rahasia umum kalo SMK hampir sulit untuk bisa lolos, makannya gue harus berusaha mencari jalur lain. Hari demi hari terus berlalu, waktu pendaftaran S1 sudah mulai dibuka, akhirnya diawal gue mencoba mendaftar di LP3I, tapi karena jalur beasiswa disana sudah ditutup gue gak jadi daftar.

“Astaghfirullah, telat daftar gue, kenapa baru tau infonya sekrang?” ucap batin gue.

Read moreMendapat Beasiswa S1

Saudara Dari Palestina

Berita tentang saudara-saudara kita di Palestina baru terdengar ditelinga gue saat SMK, sebelumnya gue sama sekali belum tahu keadaan negara itu, yang gue tau cuma nama negaranya aja. Mungkin dari kalian ada juga yang merasakan hal yang sama. Sedikit gue ceritain tentang Palestina.

Negeri Yang Diberkahi

Panen stroberi di Gaza, Palestina. Source: Sahabat Al-Aqsha.

Palestina masuk ke dalam wilayah negeri Syam bersama Suriah, Yordania dan Libanon, dimana negeri tersebut sudah Allah jamin keberkahannya.

Diantara dalilnya Allah jelaskan dalam surat Al-Isra ayat 1:

سُبْحَانَ الَّذِي أَسْرَىٰ بِعَبْدِهِ لَيْلًا مِنَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ إِلَى الْمَسْجِدِ الْأَقْصَى الَّذِي بَارَكْنَا حَوْلَهُ لِنُرِيَهُ مِنْ آيَاتِنَا ۚ إِنَّهُ هُوَ السَّمِيعُ الْبَصِيرُ
“Maha Suci Allah, yang telah memperjalankan hambaNya pada suatu malam dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsha, yang telah Kami berkahi sekelilingnya, agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian tanda-tanda kebesaran Kami. Sesungguhnya Dia adalah Maha Mendengar lagi Maha Melihat.“

Masjid Al Aqsha terletak di Yarusalem, yang masuk diwilayah Palestina. Saat ini wilayah tersebut di klaim menjadi Ibu Kota Israel dan banyak mendapat kecaman dari berbagai penduduk dunia.

Read moreSaudara Dari Palestina

Petualangan Saat SMK (Sekolah Menengah Kejuruan)

Setelah petualangan masa SMP yang begitu epic. So,,gue rasa akan selalu diingat selama hidup gue. Tibalah chapter kehidupan baru, dimana babak ini akan membentuk karekter gue kedepannya. Gue juga gak tau, seperti apa petualangan selanjutnya, karena sejatinya tugas manusia hanya berikhtiar biarkan Allah saja yang menentukan hasilnya, apapun itu Insya Allah baik untuk hambanya 🙂

Sebagaimana yang Allah firmankan didalam surat Ar-Ra’du ayat 11 yang artinya:

“Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum sampai mereka mengubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri”

Itulah yang menjadi dasar gue untuk terus menempuh pendidikan, untuk mengubah keadaan hidup menjadi lebih baik lagi.

Hampir Putus Sekolah

Source: google

Suatu hari gue bergumam didalam hati kecil gue.

“Oke rif, fase SMP lu udah kelar, sekarang mau lanjut sekolah dimana lu? Inget, lu cuma punya ijazah Paket B”.

Read morePetualangan Saat SMK (Sekolah Menengah Kejuruan)

Pengalaman Masuk Pondok

Saat SMP adalah bukan pertama kalinya gue masuk pondok, sedikit intermezo aja, saat berumur 3 tahun gue pernah loh mondok, loh kok bisa..? Jadi saat gue dikandungan, ibu gue cek USG dan ternyata hasilnya anak yang dikandungan itu perempuan, ibu gue seneng, karna dia maunya anak pertama itu perempuan, beda halnya dengan bapak gue, dia maunya anak laki-laki.

Akhirnya dia bilang ke ibu gue “Saya lebih percaya komputer Allah daripada komputer manusia”.

Wess bapak gue yang cuma lulusan SD ngomongnya berat euyyy haha… (yaa walaupun pada akhirnya harus pasrah juga terhadap apa yang Allah titipkan).

Akhirnya bapak gue nazar untuk memondokan anaknya kalo yang lahir itu laki-laki dan ternyata yang lahir itu beneran laki-laki (yaitu gue).

Kepercayaannya kepada Allah menjadikan keinginannya terkabulkan, yaitu punya anak pertama laki-laki.

Saat ini gue juga baru tau kalo memang hasil USG itu bisa aja salah, jadi ada perbandingan salahnya sekian persen untuk laki-laki dan perempuan, seinget gue presentasi akurat laki-laki lebih besar dari perempuan, bisa baca lebih lanjut disini.

Read morePengalaman Masuk Pondok

Tak Kenal Maka Ta’aruf

Allah subhanahu wa ta’ala berfirman didalam Al-Quran:

يَا أَيُّهَا النَّاسُ إِنَّا خَلَقْناكُمْ مِنْ ذَكَرٍ وَأُنْثى وَجَعَلْناكُمْ شُعُوباً وَقَبائِلَ لِتَعارَفُوا إِنَّ أَكْرَمَكُمْ عِنْدَ اللَّهِ أَتْقاكُمْ إِنَّ اللَّهَ عَلِيمٌ خَبِيرٌ”

“Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu disisi Allah ialah orang yang paling takwa diantara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal.” (QS. Al-Hujurat:13)

Ta’aruf saat ini sering dipersempit maknanya, dimasyarakat kata tersebut biasa digunakan untuk 2 orang insan yang ingin melajutkan proses kejenjang pernikahan, tidak salah sih, namun sejatinya ayat diatas merupakan dalil “umum” untuk siapa saja agar saling berkenalan dengan saudara muslim lain dan juga saudara sebangsa senegara.

Bayangkan kalau kita tidak saling mengenal?

Apakah kita mampu hidup secara individu tanpa bantuan orang lain?

Tentu hal tersebut mustahil untuk kita lalui, apalah daya kita tanpa ibu dan bapak kita, apalah daya kita tanpa orang-orang yang membantu kita dalam setiap aktivitas dan problematika kehidupan yang kita lalui. Karena sejatinya kita adalah mahluk sosial yang butuh sosialisasi dan berkomunikasi dengan orang lain, itulah pentingnya untuk kita saling berta’aruf 🙂

Introduction MySelf

Source: Instagram.com/elnandar

 

Read moreTak Kenal Maka Ta’aruf