Kisah Wirausaha & Pebisnis Muda Sukses Di Indonesia

Kisah Pengusaha Muda Sukses di Indonesia – Di era teknologi saat ini banyak kaula muda yang sudah mulai berfikir untuk mandiri secara financial dengan cara menjadi seorang pengusaha muda, berbeda pola pemikirannya dengan orang orang yang hidup pada era 60 atau 70an.

Pada era tersebut mereka lebih fokus untuk menjadi seorang pekerja/ karyawan karena pada saat itu belum banyak kemudahan fasilitas seperti sekarang ini.

Pada saat ini banyak sekali bermunculan figur-figur pengusaha muda yang sudah sukses (secara financial) sebelum mereka menginjak usia 40 tahun.

Pelajari kisah inspiratif dari mereka, dan coba tiru didalam kehidupanmu, Insya Allah kamu pun bisa seperti mereka, karena tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini.

Berikut ini adalah kisah sukses pengusaha muda yang ada di Indonesia.

ACHMAD ZAKY

kisah pengusaha muda indonesia

Kisah pengusaha muda sukses pertama ialah Achmad Zaky. Apakah kamu kenal dengan orang yang satu ini? Jika belum, mungkin kamu kenal dengan online marketplace (pasar online) yang didirikan olehnya yaitu Buka Lapak. Yap, marketplace yang kental dengan warna merah putih itu adalah karyanya bersama dengan 2 orang teman lainnya.

Mari kita ulas sedikit kisah sukses dari beliau.

Ia dilahirkan di kota Sragen, Jawa Tengah, tanggal 24 Agustus 1986. Terlahir di daerah desa tidak membuatnya patas semangat untuk terus belajar. Pada tahun 1997, tepatnya saat SD, beliau sudah sangat tertarik oleh dunia teknologi, salah satu pemicunya ialah pamannya sendiri yang saat itu membelikannya buku-buku tentang pemrograman dan sebuah komputer.

Saat kuliah di ITB (Institut Teknologi Bandung) pun prestasi akademiknya terbilang sangat bagus, tak heran jika saat kuliah beliau mendapat kesempatan untuk pergi ke Amerika Serikat di tahun 2008. Selama 2 bulan beliau mendapatkan beasiswa dari pemerintah USA untuk studi di Oregon State University.

Bukan hanya itu saja, Achmad Zaky juga pernah mewakili ITB pada tahun 2009 di Havard dalam ajang Harvard National Model United Nations.

Pada saat kuliah juga banyak karya-karya beliau seperti MobiSurveyor, alat untuk menghitung cepat sebuah survei. Dimana karyanya tersebut bisa menyabet juara II di ajang Indosat Wireless Innovation Contest tahun 2007.

Pada tahun 2010 Achmad Zaky dan 2 orang temannya yaitu Fajrin Rasyid (saat ini menjabat sebagai Chief Financial Officer (CFO) Bukalapak) dan Nugroho Herucahyono (saat ini menjabat sebagai Chief Technology Officer (CTO) Bukalapak) mulai membuat dan mulai merancangkan marketplace Bukalapak secara bertahap.

Fokusnya ialah untuk membina para UMKM (Usaha Mikro Kelas Menengah) yang ada di Indonesia untuk bisa memanfaatkan teknologi.

Awal mulanya Achmad Zaky harus terjun langsung untuk mencari para pedagang yang mau berjualan melalui bukalapak, tak sedikit orang yang menolak ajakan beliau untuk berjualan di bukalapak.

Diawal-awal (3 tahun pertama) usahanya menghidupkan bukalapak adalah perjuangan yang cukup melelahkan untuk terus mengembangkan bukalapak hingga seperti sekarang ini.

Pada saat ini sudah banyak penghargaan yang diraih oleh Achmad Zaky dan Bukalapak dikancah Nasional dan Internasional, seperti:

  • Champion Indonesia Original Brand 2017 dari Majalah Swa
  • Top 5 Corporate Reputation In E-Commerce Sector dari Majalah Warta Ekonomi
  • Tangrams Awards Kategori E-Commerce di Asia Pasifik
  • Best PR-led Integrated Communications & Best Direct-to-Consumer PR Campaign dari PR Awards Marketing Magazine Southeast Asia 2017
  • Top 50 Most Valuable Indonesia Brands 2016 dari Millward Brown
  • Bukalapak “Best of The Best” Bubu Awards 2015
  • Entrepreneur Of The Year 2017 dari Endeavor Indonesia
  • Loyalty and Engagement Awards 2016 kategori The Best Use of Consumer Insight/Data Analytics dan The Best Use of Mobile
  • Achmad Zaky Marketeers Netizen Awards 2016 Dari Majalah Marketeers
  • Achmad Zaky Young Business Person Of Ther Year 2016 Dari Jawa Pos

Dan masih banyak lagi yang lainnya.

Pelajaran dari Kisah Sukses Achmad Zaky

Sebenarnya banyak sekali pelajaran yang dapat kita jadikan motivasi untuk diri kita agar bisa sukses seperti beliau, diantaranya:

  1. Untuk kamu yang tinggal di desa atau jauh dari kota besar, jangan iri dan minder. Dengan tekad dan usaha yang maksimal kamu bisa mengejar dan merealisasikan impianmu.
  2. Kerjakanlah sesuatu yang memang kamu cintai
  3. Bisnis bukan sekedar untuk kekayaan pribadi, tapi untuk menolong sesama dan bermanfaat untuk orang banyak
  4. Berani take action dan belajar dari kegagalan yang kamu terima.

Video – Kisah Achmad Zaky Membangun Bukalapak

Diajeng Lestari

pengusaha muda indonesia

Kisah pengusaha muda sukses selanjutnya ialah seorang wanita bernama Diajeng Lestari. Putri Indonesia kelahiran Bekasi, 17 Januari 86 ini merupakan anak dari Endang Nurul dan Heru Soekotjo.

Beliau merupakan orang dibalik suksesnya HijUp, mall online yang menjual berbagai brand pakaian muslimah di Indonesia.

Saat kecil Ajeng (sapaan sehari-hari) belum tertarik pada dunia bisnis atau entrepreneur, saat menginjak bangku kuliah ia memilih jurusan Ilmu Politik. Jurusan yang sama sekali tidak ada kaitannya dengan bisnis atau entrepreneur.

Namun seiring berjalannya waktu beliau tertarik dengan sebuah mata kuliah bernama Management of Changes, yang membuatnya mulai membuka mata untuk membuat karya suatu saat nanti sehingga bisa menjadi agen perubahan untuk masyarakat Indonesia.

Akhirnya ditahun 2011 mbak Ajeng memutuskan untuk berhenti bekerja kantoran dan mulai membangun dan mengembangkan bisnisnya yaitu HijUp.

Pada awal-awal merintis, mbak Ajeng yang harus terjun langsung untuk mengurusi semua aspek bisnisnya, mulai dari meyakinkan tenant (pemilik brand) untuk kerjasama, admin online, Customers Service, sesi pemotretan, gudang, dll.

Untuk masalah IT nya dibantu oleh sang suami yang tidak lain ialah fouder dari BukaLapak yaitu Achmad Zaky, ya beliau adalah istri dari Achmad Zaky, pasangan suami istri ini sama-sama merintis startupnya dari nol, dan merasakan perjuangan yang jatuh bangun.

Hingga saat ini HijUp sudah memiliki ratusan brand yang berasal dari berbagai macam produk fashion muslim dan muslimah serta sudah memiliki ratusan karyawan.

Bahkan awal tahun 2018 ini hijup sudah bisa mengakuisisi Haute Elan, sebuah marketplace modest fashion terbesar yang ada di Inggris.

Pelajaran dari Kisah Sukses Diajeng Lestari

Sebenarnya banyak sekali pelajaran yang dapat kita jadikan motivasi untuk diri kita agar bisa sukses seperti beliau, diantaranya:

  1. Jangan terlena terhadap zona nyaman kamu, Ajeng saat bekerja mendapatkan gaji >7jt/bln. Tapi ia lepas dan mulai menggaji orang lain.
  2. Follow your heart, follow your dream. Kejar mimpimu untuk memuaskan hatimu.
  3. Jangan takut gagal, karena setiap kegagalan ada pelajaran yang dapat kamu ambil.

Hendy Setiono

kisah pengusaha muda indonesia

Kisah pengusaha muda sukses berikutnya ialah seorang anak yang lahir di kota Surabaya, 30 Maret 1983. Namanya ialah Hendy Setiono, beliau merupakan tokoh dibalik suksesnya bisnis kuliner kebab dengan brand Baba Rafi.

Memulai kisah bisnisnya dibangku kuliah, saat itu ia kuliah di ITS Surabaya dan sambil kuliah ia memutuskan untuk berbisnis kuliner. Awalnya dia mencoba untuk berjualan burger, dengan modal sekitar 4 juta rupiah Hendy sudah bisa membeli grobak dan segala macam keperluan lainnya.

Seiring berjalannya waktu usahanya pun cukup bagus dan bisa membuka 5-6 cabang di daerah Surabaya. Namun suatu saat terjadi sebuah pengurangan omset yang cukup drastis karena persaingan dagang, dari yang semula bisa menghasilkan untung 400-500 ribu/ hari sampai 20-10 ribuan saja setiap harinya.

Akhirnya bisnis burgernya pun gulung tikar dan Hendy harus mencari usaha lain, suatu hari di tahun 2007, Hendy mengunjungi ayahnya yang bekerja di Qatar.

Disanalah ia menemukan ide untuk membuka kuliner kebab yang pada saat itu sangat menjamur di Qatar tapi belum terdengar di Indonesia.

Tanpa pikir panjang ia menggunakan grobak burgernya untuk mulai memasarkan kebab secara perlahan, pelan tapi pasti usahanya membuahkan hasil, dari yang dulunya orang asing dengan nama kebab sekarang sudah hampir dipenjuru kota besar ada saja kuliner kebab yang satu ini.

Saat ini Hendy sendiri sudah memiliki ±1300 outlet kebab di 9 negara, seperti Singapura, Brunai Darussalaam, Malaysia, Phillipina, Srilanka, Tiongkok, Belanda, Bangladesh dan tentu saja Indonesia.

Pelajaran dari Kisah Sukses Hendy Setiono

Sebenarnya banyak sekali pelajaran yang dapat kita jadikan motivasi untuk diri kita agar bisa sukses seperti beliau, diantaranya ialah:

  1. Pendidikan akademis di kampus bukan jaminan untuk menjadi pengusaha sukses, ada juga diantara mereka malah hanya lulusan SD atau bahkan tidak mencicipi bangku pendidikan formal
  2. Jangan menikmati zona nyaman kamu, cobalah untuk mencicipi sesuatu yang bisa menantang dirimu lebih baik lagi
  3. Terus berinovasi untuk menjadi pembeda, pada tahun 2007 dimana pada saat itu masih asing dengan makanan bernama kebab.

Andrew Darwis

kisah pengusaha muda indonesia

Kisah pengusaha sukses dari Indonesia selanjutnya ialah seorang pria bernama Andrew Darwis, yap. Beliau merupakan pahlawan dibalik terkenalnya platform komunitas terbesar di Indonesia bernama Kaskus.

Pria kelahiran 20 Juli 79 ini memang sudah sangat mendalami bidang IT saat menginjak bangku kuliah. Andrew sempat kuliah di Art Institute of Seattle dan City University di Seattle, Amerika Serikat pada tahun 1999-2006.

Disanalah asal mula kaskus dibuat, berawal dari tugas kuliah, Andrew membuat sebuah website komunitas untuk para mahasiswa yang berada di Seattle atau Amerika untuk berbagi pengalaman di web tersebut.

Karena pada saat itu e-commerce sudah mulai masuk ke Indonesia akhirnya pada awal tahun 2000 an Andrew membawa kaskus ke Indonesia dan tanpa dia sangka, banyak orang yang tertarik dengan kaskus hingga saat ini.

Beberapa penghargaan yang diraih kaskus hingga saat ini, yaitu:

 The best Indonesian Communities versi Alexa.com dan Wikipedia.
  • Web Site that recognized as Indonesia Inovative Top Web Site (2008)
  • The Online Inspiring Award 2009
  • The Biggest Market 2012
  • Tokoh Pemuda Penggerak Kewirausahaan Oleh Menteri koperasi dan UKM
  • Hak Cipta dan Inovator Konten Multimedia dan E-Commerce Oleh Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia RI (Kemenkumham RI)
  • Penghargaan internasional PR Awards 2016 dari Majalah Marketing Singapura sebagai “Best Digital Communication Strategy”

Arief Muhammad

kisah pengusaha muda indonesia

Pria kelahiran Batam, 26 Oktober 90 ini sebenarnya dikenal sebagai seorang selebtwit (selebriti twitter) dengan nama akun @Poconggg, yang pada tahun 2010 mulai banyak difollow oleh orang-orang. Karena berisikan twit yang menarik tak heran membuatnya semakin banyak dikenal orang.

Arief juga merupakan seorang penulis buku jenaka (lucu) yang diberi judul Poconggg juga pocong, tanpa disangka-sangka buku tersebut masuk kedalam kategori best seller. 

Pada awal tahun 2016 akhirnya Arief mulai merambah dunia vlog, dan hingga saat ini dikenal sebagai salah satu influencer youtube yang banyak subscribersnya di Indonesia (dengan jumlah sub >1,1 juta).

Tak berhenti disitu saja, ia juga memanfaatkan ketenarannya tersebut untuk berbisnis kuliner, beberapa bisnis kuliner yang di buat olehnya dan cukup laris dipasaran ialah Oppai Yakitori (sate ala Jepang), Cakekinian (kue) yang bekerja sama dengan Hendy Setiono (yang sudah dipaparkan diatas) dan yang terbaru ialah mie bangcad (kuliner pedas). Dari sektor pengikut / followers di akun instagram usahanya masing-masing, total sudah ada sekitar 200 ribu lebih followers.

Saya sendiri memiliki seorang guru yang juga bisa dibilang sukses diusia muda, yaitu Ibrahim Vatih. Beliau merupakan mastah dibidang SEO dan internet marketing. 

Bahkan beliau mendirikan sebuah pesantren yang berfokus untuk SEO dan internet marketing dengan biaya yang murah dan bahkan bisa gratis (jika sesuai syarat).

Demikianlah beberapa kisah pengusaha sukses diusia muda, semoga kita bisa mengambil pelajaran dari perjalanan hidup mereka semua.

Seseorang yang mencoba menjadi bermanfaat untuk sesama 🙂

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: