Kisah Nabi Yusuf dan Dahsyatnya Godaan Wanita

Kisah Nabi Yusuf –  Siapa yang tidak pernah mendengar Nabi Yusuf? Pastinya kamu sudah tidak asing lagi mendengar nama Nabi Yusuf. Ya, beliau sering dikenal dengan sebutan Nabi yang rupawan alias tampan.

Mungkin kamu pernah mendengar sekilas tentang kisah Nabi Yusuf, karena nabi yang satu ini masih menjadi bagian dari sejarah agama Islam. Lantas Bagaimana kisah Nabi Yusuf Yang harus anda ketahui? Simak saja ulasan berikut ini mengenai kisah lengkap Nabi Yusuf AS

Kelahiran Nabi Yusuf

godaan wanita, ketampanan, harta, dan kisah nabi yusuf menafsirkan mimpi sang raja

Kisah Nabi Yusuf yang pertama kita bahas ialah tentang kelahiran beliau. Salah satu hal yang unik dari Nabi Yusuf ialah, beliau merupakan anaknya nabi, cucunya nabi dan cicitnya nabi. Loh kok bisa?

Tentu bisa, karena ayah beliau ialah nabi Yaqub bin Ishaq (kakeknya) bin Ibrahim AS (ayahnya kakek). Yang mana mereka semua ialah Nabi dan Rasul di muka bumi ini.

Nabi Yusuf dilahirkan disebuah desa kecil di sekitaran wilayah Babilonia (sekarang Irak) menurut sebagian ahli sejarah, dimana daerah tersebut masih banyak dihuni oleh masyarakat yang menyembah berhala, api, dll.

Beliau merupakan seorang anak yang ditunggu-tunggu kehadirannya oleh Nabi Yaqub, karena untuk mewariskan risalah kenabian yang Allah berikan.

Nabi Yusuf memiliki 12 saudara dan yang satu ibu dengan Yusuf hanya ada satu orang, yaitu Bunyamin. Sedangkan saudara yang lainnya dilahirkan dari ibu yang berbeda dengan keduanya.

Selang beberapa tahun setelah kelahiran Nabi Yusuf, ibunda tercinta wafat dan Yusuf menjadi piatu. Nabi Yusuf pun mendapat perhatian khusus dari ayahnya dan hal tersebut membuat para saudaranya menjadi iri dan merasa tidak disayang oleh ayah mereka.

Mimpi Nabi Yusuf

godaan wanita, ketampanan, harta, dan kisah nabi yusuf menafsirkan mimpi sang raja

Nabi Yusuf sendiri merupakan putra dari Nabi Yakub. Yakub sendiri memiliki 12 orang anak tetapi Yusuf dan Bunyamin lah yang merupakan anak kesayangan dari Yakub. Hal inilah kemudian yang menyebabkan saudara-saudara lainnya merasa iri dengan apa yang dimiliki dan didapatkan oleh Yusuf.

Selain itu Nabi Yusuf juga memiliki bentuk tubuh yang sangat bagus terutama parasnya yang rupawan. Suatu ketika Yusuf bermimpi bahwa ia melihat ada 11 bintang bulan dan matahari yang tengah bersujud kepadanya.

Seperti yang diterangkan didalam Al Quran surat Yusuf ayat 4

kisah nabi yusuf

Keesokan harinya ia menceritakannya kepada Ayahnya di mana ayahnya memberitahu Yusuf apabila 11 bintang yang dimaksud pada mimpinya adalah saudara-saudaranya sedang matahari adalah ayahnya dan bulan merupakan ibunya. Nantinya kelak mereka akan menghormati Yusuf oleh sebab itulah, mimpi tersebut tidak boleh diketahui oleh saudaranya.

Sayangnya ada salah satu saudara yang mengetahui dan Bahkan dia meminta izin sakit untuk mengajak Yusuf berburu. Hingga saatnya setelah selesai berburu, tiba-tiba saudara-saudara Yusuf menangkap Yusuf dan ingin memasukkannya ke dalam sumur. Sebenarnya Yusuf telah berotasi tetapi tidak berdaya karena masih kecil.

Untuk menutupi aksinya tersebut, saudara-saudaranya berbohong apabila Yusuf telah dimakan oleh serigala dengan melumuri baju Yusuf dengan darah hewan buruan mereka tadi. Hal inilah yang menyebabkan Yakub nangis hingga berhari-hari hingga membuat kedua matanya buta.

Nabi Yusuf di Perjual Belikan

godaan wanita, ketampanan, harta, dan kisah nabi yusuf menafsirkan mimpi sang raja

Setelah dibuang ke dalam sumur tersebut, Yusuf ditemukan oleh segerombolan kafilah yang akan mengambil air tetapi mereka justru menemukan Yusuf. Oleh sebab itu kafilah tersebut mengambil Yusuf dan ingin menjualnya ke negeri Mesir.

Di Mesir itulah Yusuf benar-benar dijual untuk dijadikan sebagai budak. Orang yang membelinya itu sendiri merupakan seorang menteri dari kerajaan bernama kitfir. Kemudian akhirnya menteri tersebut menyerahkan Yusuf pada istrinya yang bernama Zulaikha.

Kitfir Julaiha sendiri tidak memiliki anak Oleh sebab itu menteri tersebut ingin menjadikan Yusuf sebagai anak. Dan hingga saat itu Yusuf akhirnya hidup di istana kerajaan Mesir dan tumbuh menjadi bagian dari kerajaan tersebut hingga ia menjadi seorang pemuda dengan paras rupawan dan cerdas.

Akhirnya Zulaiha pun mengangkat Yusuf sebagai seorang kepala pelayan di istana kerajaan.

Pesona Yusuf Menyihir Zulaikha

godaan wanita, ketampanan, harta, dan kisah nabi yusuf menafsirkan mimpi sang raja

Hal yang tidak terduga akhirnya datang di mana Julaiha tiba-tiba mulai tertarik dengan pesona Yusuf. Yusuf sendiri tumbuh sebagai seorang pemuda dengan ketampanan dan ramah sehingga menjadi daya pikat tersendiri bagi Zulaiha bukan layaknya seorang ibu ataupun anak.

Tetapi Zulaiha menyukai Yusuf sebagai seorang lelaki dewasa. Bahkan suatu hari Ketika sang Suami pergi zulaiha mengenakan baju terbaik dan mengenakan wewangian untuk bertemu dengan Yusuf di kamarnya. Hal inilah yang menyebabkan Yusuf tercengang dengan penampilan Julaiha yang tidak seperti biasanya.

Iya juga membisiki Yusuf hingga membuat Yusuf hampir tergoda kepada-nya dan kemudian ia segera mengingat hanya untuk segera disadarkan.

Sayangnya hati dan pikiran Julaiha sudah dikuasai oleh hawa nafsu ataupun bujukan dari iblis. Hingga zulaikha memeluk erat Yusuf tetapi Yusuf berhasil melarikan diri dan bahkan membuat bajunya robek saat ditarik oleh Zulaiha.

Kemudian saat sang suami datang Zulaiha justru menceritakan hal yang tidak benar sehingga menyebabkan tutup menuduh. Tetapi Akhirnya kebenaran terbongkar dan suami Zulaikha meminta agar Yusuf merahasiakan Hal ini karena sangat merdu.

Kendati demikian peristiwa tersebut tetap terdengar oleh tetangganya dan bahkan membicarakan hal tersebut tidak ada habis-habisnya yang membuat Zulaiha menjadi sangat malu. Dia juga berpikir Apabila mereka belum pernah melihat pesona Nabi Yusuf.

Hal itulah yang menyebabkan Julaiha Inggrisnya berpikir untuk mengundang wanita-wanita tersebut agar bertemu dan melihat wajah Yusuf. Saat hari itu tiba, wanita yang menggunjing Zulaiha tersebut akhirnya melihat paras rupawan dari Nabi Yusuf dan sangat terkejut bahkan kagum.

Kisah Nabi Yusuf Dimasukkan Ke Penjara

godaan wanita, ketampanan, harta, dan kisah nabi yusuf menafsirkan mimpi sang raja

Memiliki pesona yang rupawan membuat hidup dari Nabi Yusuf tidaklah mudah bahkan Ia juga pernah dimasukkan oleh Kitfir ke dalam penjara untuk menghindari istrinya agar tidak tergoda lagi. Di dalam penjara tersebut juga terdapat mantan pelayan raja di mana diduga akan membunuh raja sehingga Yusuf meminta mereka berdua untuk bertobat.

2 pelayan saling menceritakan mimpinya kepada Nabi Yusuf dan memintanya Untuk menafsirkan. Hingga suatu ketika mimpi tersebut menjadi kenyataan di mana salah satu pelayanan akan dibebaskan dari penjara.

Selain itu Nabi Yusuf juga pernah menafsirkan mimpi dari Raja Mesir Dan hingga akhirnya ia dibebaskan dari penjara. Tafsir mimpi tersebut juga dijelaskan didalam Al Quran surat Yusuf yang menjelaskan tentang 7 sapi betina yang gemuk yang dimakan oleh 7 sapi betina yang kurus dan 7 gandum yang hijau dan yang lainnya kering.

Dimana arti dari mimpi tersebut ialah musim kemarau panjang yang akan melanda kota Mesir selama -+ 7 tahun. Dan Yusuf memberikan nasihat kepada sang Raja Mesir, agar siap-siap terhadap hal tersebut.

Kisah Nabi Yusuf Menjadi Menteri

Tak Berapa lama kemudian setelah Raja mengetahui bahwa Yusuf tidak bersalah maka ia semakin tertarik untuk bekerja sama dengan Yusuf. Suatu ketika Yusuf diangkat menjadi menteri ekonomi di kerajaan Mesir karena dipercaya mampu memberikan nasehat mengenai jalan keluar soal permasalahan ekonomi dari kerajaan Mesir. Iya juga merangkap sebagai bendahara.

Yusuf Bertemu Dengan Bunyamin

godaan wanita, ketampanan, harta, dan kisah nabi yusuf menafsirkan mimpi sang raja

Suatu ketika Yusuf akhirnya bertemu dengan saudaranya yang bernama Bunyamin dimana hal ini menjadi syarat kepada saudara-saudara Yusuf agar bisa masuk ke negeri Mesir kembali. Kendati demikian saudara-saudaranya yang lain tidak mengetahui apabila dia Yusuf yang pernah dibuang ke dalam sumur.

Ketika berhasil bertemu dengan Nabi Yusuf di Mesir sebagai seorang menteri, Bunyamin gemetar dan segera memeluknya dan segera menceritakan Bagaimana keadaan ayahnya ketika ditinggal oleh Yusuf. Hal inilah yang menyebabkan takut kecewa untuk kedua kalinya dan menghadap ke kerajaan Mesir sendiri.

Nabi Yakub Dapat Melihat Kembali

godaan wanita, ketampanan, harta, dan kisah nabi yusuf menafsirkan mimpi sang raja

Setelah Yusuf memberitahukan bahwa dia adalah saudara mereka, maka Yusuf memerintahkan kepada salah seorang saudaranya agar menjemput Ayah mereka (Nabi Yakub) beserta seluruh kaumnya untuk tinggal di Mesir.

Dan membawa sebuah pakaian Yusuf serta memerintahkannya untuk memberikan pakaian itu kepada ayahnya, agar di usapkan kewajah ayahnya, sehingga beliau dapat melihat kembali.

Dengan segala rahmat Allah akhirnya penderitaan Yakub diangkat dimana ia bisa melihat kembali. Akhirnya Nabi Yakub dan kaumnya menuju Mesir dan bertemu dengan Nabi Yusuf yang sudah lama tidak bertemu. Mereka melepas rindu, membuat suasana haru diantara mereka.

Itulah kisah nabi Yusuf yang bisa kita jadikan teladan bahwa bersaudara seharusnya harus saling tolong menolong.

Seseorang yang mencoba menjadi bermanfaat untuk sesama 🙂

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: