Perjalanan Kisah Nabi Musa Menghadapi Firaun

Sebagian besar dari kamu tentu sudah pernah mendengar sedikit kisah Nabi Musa. Nabi Musa sendiri merupakan salah satu Nabi yang dilahirkan di Mesir di masa raja Firaun. Sosok Firaun sendiri telah terkenal di dunia Sebagai seorang pemimpin yang sangat kejam dan zolim. Secara silsilah, Nabi Musa masih memiliki nasab dengan Nabi Ibrahim AS.

Kisah Kelahiran Nabi Musa AS

rangkuman kisah nabi musa

Berikut ini adalah kisah awal dari kehidupan Nabi Musa, di mana ia akan dipertemukan dengan seorang raja yang bengis dan kejam yang bergelar Raja Firaun. Di suatu malam Raja Firaun sendiri bermimpi apabila mahkota yang dikenakannya hilang. Untuk mengartikan mimpi buruknya tersebut maka Firaun segera memanggil ahli ramal nya.

Dari ramalan tersebut didapatkan apabila hal tersebut menjadi pertanda jika suatu saat kedudukan Firaun akan diancam oleh seorang bayi laki-laki yang akan segera lahir.

Setelah mendengar kabar buruk tersebut, Raja Firaun kemudian meminta para tentara nya agar membunuh setiap bayi laki-laki yang lahir di negaranya tersebut.

Suatu ketika seorang pasangan suami istri memiliki anak berusia 3 bulan dan dia mendapatkan perintah dari Allah untuk menyembunyikan anak mereka yang berusia 3 bulan ke dalam sebuah peti dan kemudian dihanyutkan ke sungai Nil.

Ibu Nabi Musa sangat yakin untuk menghanyutkan Nabi Musa, karena Allah akan menjamin keselamatan anaknya tersebut. Hingga akhirnya hari yang ditunggu telah datang di mana peti yang berisi Nabi Musa tersebut dihanyutkan ke dalam sungai dan akhirnya peti tersebut ditemukan oleh sang istri dari Raja Firaun yang bernama Asiyah.

Kemudian bayi tersebut diangkat sebagai anak oleh Asiyah dan bahkan bayi tersebut juga sudah pernah dibunuh oleh raja Firaun akan tetapi berhasil dicegah oleh istrinya. Hal itu tidak lain karena istrinya sangat mencintai bayi tersebut karena tidak memiliki anak.

Nabi Musa pun dibesarkan di lingkungan istana kerajaan Firaun hingga ketika dewasa ia diutus menjadi Rasul untuk membebaskan semua kaum yang mengalami penindasan dari kerajaan Firaun.

Mengajari mereka akan tauhid kepada Allah dan itu membuat Nabi Musa dan para pengikutnya menjadi musuh dan diburu oleh Firaun untuk diberikan hukuman yang amat berat.

Mukjizat Nabi Musa

Para nabi dan rasul, wajar kiranya Allah memberikan kelebihan kepada mereka, yang mana hal tersebut sering kita sebut dengan mukjizat. Begitu juga dengan Nabi Musa yang Allah berikan beberapa mukjizat untuk menandingin para musuh-musuhnya.

Ada 2 Mukjizat beliau yang paling terkenal yaitu tongkat beliau yang bisa berubah menjadi ular dan tongkat beliau yang bisa membukakan jalan ditengah laut.

Tongkat Nabi Musa Berubah Menjadi Ular

rangkuman kisah nabi musa
source: ebookanak

Mengenai mukjizat yang satu ini telah Allah jelaskan di dalam Al Quran, surat Al-A’raff dan Thaha ayat ke 20. Dimana peristiwa ini didasari dengan dakwah Nabi Musa kepada para pengikut Firaun untuk menyembah Allah.

Akhirnya Firaun mengirimkan para ahli sihir yang paling kuat saat itu untuk melawan Nabi Musa dengan tujuan agar tidak bisa mendakwahi para pengikutnya lagi.

Akhirnya para penyihir itu melemparkan tali-tali yang kemudian berubah menjadi ular, yang mana sebenarnya itu hanyalah tipu muslihat para penyihir saja. Nabi Musa kemudian diperintahkan oleh Allah untuk melempar tongkatnya dan seketika tongkatnya berubah menjadi ular yang lebih besar lalu menyantap ular-ular dari para penyihir tadi.

Ternyata hal tersebut membuat para penyihir tadi kaget dan memutuskan untuk beriman kepada tuhannya Musa.

Tongkat Nabi Musa Dapat Membelah Lautan

rangkuman kisah nabi musa

Kisah Nabi Musa pun berlanjut hingga ia bersama pengikutnya yang berasal dari Bani Israil kabur untuk menyelamatkan diri dari kejaran Firaun dan bala tentaranya. Hal inilah yang membuat Raja Firaun marah dan meminta tentaranya untuk mengejar Nabi Musa dan para pengikutnya tersebut.

Kemudian Nabi Musa dan para pengikutnya tersebut sampai di sebuah tepi laut dan terdesak oleh para tentara Firaun. Mereka pun kebingungan akan melarikan diri ke mana hingga suatu saat atas izin dari Allah maka ketika Nabi Musa memukul kan tempatnya tepat di atas air lautan maka membuat larutan tersebut terbelah menjadi dua.

Di bagian belahan tersebutlah terdapat jalan yang cukup luas sehingga nabi dan para pengikutnya segera berjalan cepat melintasi lautan yang terbelah tersebut hingga ia telah sampai di tepi kembali. Sedangkan Raja Firaun dan bersama tentaranya pun ikut melintasi jalan tersebut.

Akan tetapi tiba-tiba jalanan tersebut kembali dipenuhi oleh air laut sehingga membuat Raja Firaun bersama tentaranya tenggelam di antara laut merah dan para pengikut nabi Musa akhirnya selamat dari kejaran Raja Firaun bersama tentara yang kejam itu.

rangkuman kisah nabi musa lengkap

Kisah Nabi Musa Dengan Seekor Lembu

Kisah yang satu ini mungkin tidak sepopuler dari kisah yang membelah lautan diatas, tetapi kisah yang satu ini juga patut untuk kita ketahui agar dapat menambah wawasan dan ilmu tentang kisah para nabi. Suatu ketika, telah terjadi kasus pembunuhan yang disebabkan karena harta pusaka.

Tetapi tidak ada satu orang pun yang mengetahui siapa yang telah membunuh orang tersebut. Hingga kemudian Nabi Musa mendapatkan perintah oleh Allah untuk menyembelih lembu (domba) betina. Maka beliau segera meminta para pengikutnya untuk menyembelih lembu betina dan mengambil ekornya di mana ekor tersebut akan dipukulkan kepada mayat tersebut.

Saat ekor lembu betina tersebut di pukulkan ke mayat maka mayat tersebut segera hidup kembali dan menceritakan apabila ia telah dibunuh oleh anak kandungnya sendiri. Kisah yang satu ini sendiri telah tertuang dalam firman Allah di QS Al Baqarah :73.rangkuman kisah nabi musa lengkap

Nabi Musa Bertemu Dengan Nabi Khidir

rangkuman kisah nabi musa
source: mediaumat

Kisah Nabi Musa selanjutnya juga cukup populer. Untuk membuktikan mengenai kekurangan yang dimiliki oleh Nabi Musa maka Allah memerintahkan beliau untuk menemui seorang hamba yang cerdas dan sholeh di mana nama tersebut bernama Nabi Khidir As.

Dia merupakan hamba Allah yang dibekali ilmu yang sangat luas. Hingga Nabi Khidir mengajak nabi Musa melakukan perjalanan untuk menunjukan sebuah ilmu kepada nabi Musa.

Nabi Khidir meminta Musa agar tidak menanyakan apapun yang diperbuatnya selama diperjalanan sebelum menerangkannya.

Perbuatan-perbuatan yang dimaksud oleh Nabi Khidir tersebut antara lain adalah:

  • Ketika Nabi Khidir melubangi perahu sebuah kaum yang ada dipinggir darmaga, tetapi Musa tetap bertanya mengapa ia melubanginya.
  • Suatu ketika saat Nabi Khidir telah membunuh seorang anak kecil dan perbuatan Nabi tersebut dianggap sebagai perbuatan yang jauh dari perintah Allah, dan lagi-lagi Nabi Musa mempertanyakan hal tersebut.
  • Dan ketika Nabi Khidir tengah memperbaiki dan mendirikan dinding sebuah rumah yang tengah roboh. Disinilah Nabi Musa lagi-lagi menanyakan hal yang seharusnya tidak ditanyakan sebelum Nabi Khidir memberikan penjelasan.

Hingga akhirnya Nabi Musa tersadar setelah Nabi Khidir memberikan penjelasan kepadanya. Untuk pertanyaan yang pertama Nabi Khidir memberikan penjelasan apabila ada seorang raja yang akan mengambil perahu milik rakyatnya yang masih bagus. Oleh sebab itu ia harus melubanginya agar perahu tersebut tidak dirampas.

Yang kedua karena anak kecil tersebut nantinya hanya akan menjadi fitnah bagi orang tuanya ketika telah menginjak usia dewasa dan yang terakhir Nabi Khidir menjelaskan apabila ia mendirikan bangunan tersebut karena bangunan tersebut menjadi rumah bagi anak yatim.

Kisah Nabi Musa kemudian melanjutkan perjalanan ke bukit Tursina di mana bukit tersebut menjadi tempat Ia mendapatkan kitab Taurat dan membimbing kaum Bani Israil sesuai dengan petunjuk Allah.

Pada akhir hayat beliau juga nantinya akan mengunjungi bukit Tursina ini dengan Nabi Harun lalu selang beberapa saat setelahnya Allah wafatkan nabi Musa AS.

Demikianlah sekilas tentang Kisah Nabi Musa, semoga bermanfaat.

Seseorang yang mencoba menjadi bermanfaat untuk sesama 🙂

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: