Keutamaan Bulan Dzulhijjah Serta Amalan Sunnahnya

Keutamaan Bulan Zulhijjah – Assalaamualaikum sahabat elnandar . Semoga kamu dalam keadaan sehat wal afiat ya. Baiklah, kali ini kami akan memaparkan sebuah artikel mengenai keutamaan bulan Dzulhijjah dan beberapa amalan sunnah di bulan Zulhijjah yang dapat kamu kerjakan.

Sejatinya bulan didalam kalender Islam memiliki keutamaan dan amalannya masing-masing. Karena memang sudah seperti itulah Allah takdirkan.

Bulan Dzulhijjah menjadi bulan ke 12 alias bulan terakhir dalam penanggalan kalender Hijriah. Di bulan tersebut banyak dari umat muslim yang menantikannya, terkhusus bagi mereka yang ingin pergi haji. Dan juga bagi para pengusaha atau peternak hewan qurban.

Keutamaan Bulan Zulhijjah

Ada banyak sekali keutamaan bulan Dzulhijjah yang bisa menambah pengetahuan kamu, untuk itu kami akan jelaskan beberapa hal terkait keutamaan bulan zulhijjah tersebut.

Silahkan simak dengan baik ya manteman…

Salah Satu Bulan Asyahrul Hurum (Bulan Suci)

keutamaan bulan zulhijjah dan amalan sunnahnya

Keutamaan yang pertama ialah salah satu bulan Asyahrul Haram.

Asyahrul Hurum ialah bentuk jama (banyak) dari 2 kata, yaitu Asyahrul yang artinya bulan-bulan dan Hurum yang artinya haram. Haram yang dimaksud adalah dilarang untuk melakukan peperangan di bulan-bulan tersebut, kecuali dalam keadaan darurat dan mendesak.

Sebagaimana yang telah Allah SWT paparkan didalam surat Al Maidah ayat ke 2:

“يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا لَا تُحِلُّوا شَعَائِرَ اللَّهِ وَلَا الشَّهْرَ الْحَرَامَ”

Artinya: “Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu melanggar syi’ar-syi’ar Allah , dan jangan melanggar kehormatan bulan-bulan haram…”

Bukan hanya bulan Dzulhijah saja yang termasuk Asyahrul Hurum, tapi juga ada 3 bulan lainnya seperti yang Rosulullah jelaskan didalam Hadits Riwayat Bukhari.

keutamaan bulan zulhijjah dan amalan sunnahnya“(Dalam) setahun ada 12 bulan, didalamnya ada 4 bulan haram: yang tiga awal (berurutan) yaitu Zulqa’dah, Zulhijjah dan Muharram. Serta (satu lagi ialah) Rajab yang penuh kemuliaan diantara dua Jumadil (Jumadil awal serta Jumadil akhir) dan Sya’ban”. (HR. Bukhari No. 3025)

Waktunya Ibadah Haji Dilaksanakan

keutamaan bulan zulhijjah dan amalan sunnahnya

Keutamaan selanjutnya ialah menjadi waktu ibadah Haji dilaksanakan.

Jika kamu pernah mendengar istilah bulan haji, maka yang di maksud ialah bulan Dzulhijjah. Didalam bulan tersebut terdapat pelaksanaan ibadah Haji, dilakukan selama 5 hari secara beruntun. Mulai dari tanggal 8 sampai 12 Zulhijjah.

Untuk itu buat kamu yang sudah berniat untuk melaksanakan ibadah Haji, jangan sampai salah tanggal ya. Karena jika diluar tanggal tersebut maka ibadah kamu akan dihitung sebagai ibadah Umrah saja bukan Haji.

Sebagaimana yang Allah firmankan didalam QS. Al baqarah 197:

الحج أشهر معلومات

Yang artinya “Haji itu pada bulan-bulan yang tertentu.”

Ibadah Haji sendiri juga termasuk kedalam salah satu rukun islam yang memiliki syarat, yaitu bila mampu. Jika ada seorang muslim yang belum mampu untuk melakukan ibadah Haji maka sebaiknya tidak memaksakan diri untuk berhutang sana sini, karena hal tersebut tidak dianjurkan.

Kamu bisa membaca artikel terkait tata cara ibadah Haji, jika ingin mengetahui ilmunya lebih dalam.

Waktunya Sholat Idul Adha dan Ibadah Qurban Dilaksanakan

Untuk yang tidak bisa melakukan ibadah Haji ke tanah Haram, maka di anjurkan untuk melaksanakan ibadah Qurban. Dimulai setelah solat Idul Adha (tanggal 10) sampai tanggal 13 bulan Zulhijjah.

Hukum dari qurban sendiri ada beberapa pendapat, mayoritas ulama berpendapat sunnah muakadah, sedangkan Imam Abu Hanifah berpendapat wajib, bagi yang rizkinya sedang lapang.

Amalan-amalan di Bulan Dzulhijjah

keutamaan bulan zulhijjah dan amalan sunnahnya

Berikut ini adalah amalan-amalan yang dianjurkan (disunahkan) untuk dilaksanakan oleh seorang muslim saat bulan Zulhijjah.

1. Perbanyak Ibadah Pada 10 Hari Pertama (Tanggal 1-10 Zulhijjah)

Ibadah yang dimaksud ialah ibadah secara umum, bisa dari perbanyak zikir, shodaqah, sholat sunnah, silaturahim, dakwah, membaca Al Quran, Murajaah Hafalan, datang ke majelis-majelis ilmu, puasa/shaum (Kecuali pada tanggal 10-nya) dan sebagainya.

(Untuk shaum sendiri terdapat keutamaannya sendiri yang akan kami bahas selanjutnya)

Allah berfirman:

وَالْفَجْرِ–وَلَيَالٍ عَشْرٍ
Demi fajar, dan malam yang sepuluh. (QS. Al Fajr: 1-2)

Pada kata “malam yang sepuluh” banyak perbedaan pendapat diantara para ulama, ada yang menyebutkan 10 hari awal bulan Ramadhan dan ada juga yang mengatakan 10 hari awal bulan Muharram.

Tapi pendapat yang lebih kuat ialah 10 hari awal bulan Zulhijjah, sebagaimana yang dijelaskan oleh Imam Ibnu Katsir Rahimahullah:

keutamaan bulan zulhijjah dan amalan sunnahnya

2. Puasa/Shaum Arafah

Amalan selanjutnya yang bisa kamu lakukan di bulan Zulhijjah ialah Shaum Arafah. Shaum ini dilakukan pada tanggal 9 Dzulhijjah.

Dimana pada waktu tersebut, para jamaah Haji sedang melakukan wukuf di padang Arafah. Nah, untuk kamu yang tidak melakukan ibadah Haji bisa melaksanakan shaum Arafah ini.

Bolehkan Shaum Arafah Bagi Yang Sedang Wuquf di Arafah? 

Jawabannya ialah tidak boleh alias dilarang. Sebagaimana Pemaparan dari Abu Hurairah bahwa :

keutamaan bulan zulhijjah dan amalan sunnahnya

Imam At Tirmizi pun menyampaikan bahwa “Para Ulama menganjurkan untuk melakukan shaum Arafah, kecuali bagi (mereka) yang lagi di Arafah.” (Sunan At Tirmidzi)

3. Sholat Idul Adha dan Berqurban

keutamaan bulan zulhijjah dan amalan sunnahnya

Setelah tanggal 9 dianjurkan untuk Shaum Arafah maka pada tanggal 10 Zulhijjah dilaksanakan ibadah Sholat Idul Adha.

Dalam hal ini Allah berfirman; فَصَلِّ لِرَبِّكَ وَانْحَرْ

“Maka dirikanlah shalat karena Tuhanmu; dan berqurbanlah.” (QS. Al Kautsar: 2)

Sholat yang dimaksud dalam ayat tersebut ialah sholat Idul Adha, karena berdampingan dengan proses berqurban.

Sholat Idul Adha sendiri hukumnya ialah sunnah muakadah yang artinya sunnah yang sangat dianjurkan untuk dilakukan.

Syekh Sayyid Sabiq mengatakan:

keutamaan bulan zulhijjah dan amalan sunnahnya

3. Ibadah Haji Bila Mampu

Amalan berikutnya yang bisa kamu lakukan pada bulan Zulhijjah ialah ibadah Haji ke tanah Suci. Secara syariat tidak diwajibkan untuk semua muslim, hanya muslim yang memiliki harta lebih lah yang dianjurkan untuk melaksanakan ibadah haji ini.

Hal ini sepert tertera didalam Al Quran, Allah berfirman,

وَلِلَّهِ عَلَى النَّاسِ حِجُّ الْبَيْتِ مَنِ اسْتَطَاعَ إِلَيْهِ سَبِيلًا

“Mengerjakan haji adalah kewajiban manusia terhadap Allah, yaitu (bagi) orang yang sanggup mengadakan perjalanan ke Baitullah” (QS. Ali Imran: 97).

Serta dalam salah satu Hadits:

Anas radhiyallahu ‘anhu berkata bahwa ada salah seorang sahabat yang bertanya kepada Rasulullah, “Wahai Rasulullah, apa yang dimaksud dengan sabiil (mampu dalam haji)?”

Beliau menjawab, “Mampu dalam hal bekal dan berkendaraan”.

Hadits ini diriwayatkan oleh Ad Daruquthni dan dishahihkan oleh Al Hakim.

 

Demikian penjelasan kami mengenai keutamaan bulan zulhijjah, semoga bermanfaat.

Wallahua’lam…

Seseorang yang mencoba menjadi bermanfaat untuk sesama 🙂

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: