Contoh Surat Resign Yang Baik dan Benar

Contoh Surat Pengunduran Diri (Resign) – Di era teknologi saat ini tak jarang banyak para pekerja / karyawan yang tidak bisa bertahan lama di suatu perusahaan. Itu merupakan hal yang wajar jika melihat perkembangan teknologi saat ini yang begitu cepat dan pesat.

Perubahan itulah yang mendorong para karyawan/ pekerja untuk terus menemukan jenis pekerjaan yang menantang dan mereka sukai. Tak jarang juga mereka harus berganti- ganti jenis pekerjaan 2 – 3 x dalam setahun.

Atau bisa jadi mereka sudah mulai bosan menjadi seorang karyawan dan ingin mulai memasuki dunia bisnis/ wirausaha.

Dengan berbagai bekal pengalaman dan ilmu yang sudah mereka miliki, bukan hal yang mustahil untuk menjadi seorang entrepreneur di masa seperti ini.

Hanya saja kamu harus terus improvisasi diri agar bisa bersaing juga dalam dunia bisnis.

Sudah menjadi hal umum jika seseorang ingin keluar dari sebuah perusahaan, instansi atau sebuah organisasi tertentu, harus menyerahkan surat pengunduran diri / resign.

Hal tersebut sudah menjadi SOP (Standar Operasional Prosedur) yang sudah umum di setiap tempat kerja.

Surat tersebut bisa ditulis langsung oleh yang bersangkutan atau ada juga sebagian instansi yang memeiliki form tersendiri jika ingin melakukan pengunduran diri / resign.

Penyerahan surat tersebut juga sebagai adab/ attitude yang harus dimiliki oleh setiap pekerja. Dan jika kamu ingin melakukan pengunduran diri, kami sarankan untuk membuat surat tersebut secara baik, benar dan jujur, jujur dari segi alasannya.

Pada artikel ini kami akan memberikan informasi tentang segala aspek yang ada di dalam surat pengunduran diri. Seperti apakah surat pengunduran diri yang baik, poin penting apa saja yang menjadi dasar surat tersebut dapat diterima, dan lain sebagainya.

Yuk silahkan simak ulasan kami dibawah ini, jangan sampai ada yang terlewatkan ya manteman ūüôā

Pengertian Surat Pengunduran Diri

contoh surat pengunduran diri / resign
source: belapendidikan

Sejatinya surat pengunduran diri/ resign ialah jenis surat yang bersifat resmi. Dan berisi tentang permohonon kepada atasan di tempat kerja (baik instansi, perusahaan atau organisasi tertentu). Untuk berhenti dari pekerjaan yang selama ini mereka jalani.

Tentunya para atasan tidak langsung memberikan respon/ tanggapan terhadap surat yang kalian ajukan.

Para atasan tersebut juga perlu meninjau dari berbagai sisi untuk bisa memberikan keputusan kepada para pekerjanya yang ingin resign/ berhenti kerja.

Disisi lain para pekerja yang ingin resign dituntut untuk lebih kreatif dalam menulis. Serta memberikan alasan yang logis pada surat pengunduran diri tersebut.

Jika hal tersebut dilalaikan bisa jadi surat pengunduran diri tersebut ditolak oleh para atasan.

Contoh Surat Resign Karyawan

Untuk kamu yang sudah mulai lelah dan stress dengan dunia kerja kantoran. Ada baiknya kamu mulai saat ini belajar untuk menjadi seorang pengusaha.

Jika kamu berniat untuk melakukan pengunduran kerja / resign dalam waktu dekat. Silahkan pelajari baik- baik segala aspek dalam surat pengunduran diri.

Berikut adalah contoh dari surat resign kerja yang bisa jadi pedoman kamu ketika ingin membuat surat pengunduran diri.

contoh surat pengunduran diri / resign

Tujuan Surat Pengunduran Diri

Ada beberapa aspek penting ketika kamu keluar kerja disertai dengan surat pengunduran diri yang baik dan benar. Diantara tujuan dari surat pengunduran diri tersebut adalah sebagai berikut:

  • Lebih Profesional dan Terhormat

Ketika kamu menggunakan surat pengunduran diri, maka atasan kamu akan menilai usaha kamu sebagai bentuk orang yang profesional dalam bekerja.

Jangan sampai kamu tidak memberikan alasan yang jelas ketika ingin keluar dari suatu pekerjaan yang kamu tekuni. Karena itu akan sangat merugikan perusahaan tempat kamu bekerja dan juga diri kamu sendiri.

Kami juga akan keluar dengan cara terhormat karena mengikuti etika yang berlaku di perusahaan dengan cara memberikan surat resign.

Sifat ini pula yang semestinya dimiliki oleh setiap pekerja, baik yang sifatnya negeri maupun swasta.

Dengan surat tersebut juga kamu bisa lebih mudah menjalin silaturahmi dengan kerabat atau atasan tempat kamu kerja sebelumnya. Tanpa perlu takut di ejek karena kamu keluar dari tempat tersebut dengan cara terhormat.

  • Perusahaan/ Instansi memiliki waktu untuk mencari pengganti

Biasanya ketika kamu sudah menyerahkan surat pengunduran diri tidak langsung di approve/ di ‘iya’ kan saat itu juga. Perlu proses dan waktu bagi para atasan mencari pengganti yang sepadan dengan diri kamu.

Untuk itulah ada baiknya kamu tidak terburu- buru ketika ingin resign kerja. Ada tahapan yang harus dilalui sebelum pihak perusahaan meng ‘iya’ kan surat kamu.

Atau kamu sudah mentargetkan tanggal tertentu untuk keluar kerja. Sehingga dari jauh jauh hari kamu sudah menyerahkan surat pengunduran diri tersebut kepada atasanmu.

Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja

Berikut ini adalah contoh surat pengunduran diri dari pekerjaan yang bisa kamu gunakan ketika ingin resign dari tempat kerja kamu.

Depok, 21 Juni 2009

Yang Terhormat Pimpinan
PT. Kari Ayam Spesial
Depok

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama    : Ali Nurdin Musa
Jabatan : Kepala Gudang Grai Depok
Alamat  : Komplek Tugu Ibu No. 99 Cimanggis РDepok

Dengan surat ini, saya bermaksud untuk mengajukan pengunduran diri sebagai Kepala Gudang Grai Depok PT. Kari Ayam Spesial, terhitung pada tanggal 05 Juli 2009.

Saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya sebab perusahaan telah memberikan kesempatan kepada saya untuk belajar dan bekerja secara profesional. Saya juga menghaturkan terima kasih atas bimbingan dari para atasan dan karyawan lainnya.

Saya juga memohon maaf karena tidak bisa lagi menjadi bagian dari PT. Kari Ayam Spesial. Saya berharap dan berdoa semoga perusahaan semakin maju dan berkembang di kemudian hari.

Demikianlah surat pengunduran diri ini saya buat dengan penuh kesadaran atas keinginan sendiri dan tidak ada paksaan dari pihak manapun.

Tebusan: Bagian HRD
Kabag. Grai Depok

 

Hormat saya,

(tanda tangan)

Ali Nurdin Musa

Poin Penting Surat Resign

contoh surat pengunduran diri / resign

Berikut ini adalah poin poin penting ketika kamu ingin membuat surat pengunduran diri atau resign.

  1. Gunakan kalimat EYD yang sesuai, tidak disarankan untuk menggunakan bahasa singkatan. Seperti yg, dst, dll.
  2. Gunakanlah bahasa yang sopan dan tidak memaksa. Karena jika menggunakan bahasa yang tidak/ kurang sopan bisa jadi kamu tidak bisa mengajukan pengunduran diri. Atau yang paling parah adalah kamu bisa dikeluarkan dengan tidak hormat.
  3. Ikuti seluruh struktur surat secara benar. Ada salam pembuka, kata pengantar, isi surat dan penutup.
  4. Sertakan alasan yang logis dan kuat. Sehingga para atasan/ bagian perusahaan harus menerima keputusan kamu untuk berhenti bekerja. Jika alasanmu tidak logis tak heran jika pengajuan pengunduran diri kamu pasti ditolak oleh perusahaan.
  5. Terus bekerja secara giat dimasa menunggu jawaban dari perusahaanmu. Jangan sampai semangat kerja kamu menurun setelah mengajukan surat pengunduran diri.
  6. Kamu sudah memiliki tujuan yang jelas. Ketika kamu mengajukan surat pengunduran diri, kamu juga harus memiliki tujuan yang jelas setelah tidak bekerja lagi di perusahaan tersebut. Jangan sampai kamu juga bingung dan galau setelah tidak memiliki pekerjaan lagi.

Contoh Surat Pengunduran Diri Guru

Berikut ini adalah contoh surat pengunduran diri seorang guru yang mungkin kamu juga memerlukannya.

Jakarta, 28 Mei 2017

Yth. Kepala SMK Negeri 3 Jakarta
Jl. Pesanggrahan Umum, Kedoya – Jakarta Pusat
Perihal : Pengunduran Diri

Dengan surat ini, saya yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama : Supri, S.Pd.
Tempat, Tanggal Lahir : Slawi, 30 Juni 1978
Jabatan : Guru Desain dan Animasi
NIP : 7384782938428398
Alamat Rumah : Komplek Perumahan Permata Indah Permai No. 10, Tani – Jakarta Pinggiran

Secara resmi terhitung semenjak hari Rabu tanggal 3 Juni 2017 menyatakan untuk mengundurkan diri sebagai Guru Desain dan Animasi di SMK Negeri 3 Jakarta.

Saya mengucapkan banyak terima kasih atas kesempatan yang telah diberikan kepada saya oleh pihak SMK Negeri 3 Jakarta, sehingga saya bisa mengajar siswa-siswi.

Dan tidak lupa saya juga memohon maaf yang sebesar-besarnya kepada jajaran guru serta para staff SMK Negeri 3 Jakarta bilamana terjadi hal-hal yang kurang berkenan selama saya bekerja.

Besar harapan saya bahwa SMK Negeri 3 Jakarta dapat menjadi sekolah yang terus berprestasi baik itu dibidang akademik maupun non akademik dan terus melahirkan bibit-bibit berprestasi sebagai penerus bangsa.

Hormat saya,

(tanda tangan)

Supri, S.Pd.
NIP. 7384782938428398

Contoh Surat Pengunduran Diri Organisasi

Ketika kamu masuk kedalam suatu organisasi secara otomatis kegiatan kamu juga menjadi bertambah. Serta pembagian waktu yang kamu jalani harus lebih terarur lagi.

Jangan sampai ketika kamu masuk kedalam sebuah organisasi malah membuat pekerjaan utama/ prioritas kamu menjadi berantakan.

Dibawah ini adalah contoh surat pengunduran diri dari sebuah organisasi yang baik dan benar.

contoh surat pengunduran diri / resign dari organisasi
source: wirasylva

Contoh Surat Resign Karyawan Kontrak

Sebagai karyawan yang bersifat kontrak, ada kalanya mulai jenuh dan ingin mendapat perkerjaan yang pasti. Jika kamu termasuk karyawan kontrak yang ingin mengundurkan diri, silahkan cermati surat resign berikut ini.

contoh surat pengunduran diri / resign karyawan kontrak
source: suherlin

Contoh Surat Resign Bahasa Inggris

Jika kamu memerlukan surat pengunduran diri dengan bahasa Inggris, silahkan simak contohnya dibawah ini.

contoh surat pengunduran diri / resign bahasa inggris
source: monster

Contoh Surat Pengunduran Diri Pekerja Bank

Jakarta, 28 Mei 2017

Yth. Kepala Staff Bank ABC
Jl. Pesanggrahan Umum, Kedoya – Jakarta Pusat
Perihal : Pengunduran Diri

Dengan surat ini, saya yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama : Supri, S.E.
Tempat, Tanggal Lahir : Slawi, 30 Juni 1978
Jabatan : Teller Bank ABC Cabang Depok II
NIP : 12341232
Alamat Rumah : Komplek Perumahan Permata Indah Permai No. 10, Tani – Jakarta Selatan

Dengan ini saya ingin mengucapkan terima kasih atas kesempatan yang telah diberikan untuk belajar dan bekerja di Bank ABC Cabang Depok II.

Saya juga memohon maaf kepada seluruh staff dan manajemen Bank ABC jika selama bekerja ada hal yang kurang berkenan.

Hormat saya,

(tanda tangan)

Supri, S.E.
NIP. 12341232

Penutup

Harap di ingat, dengan membuat surat pengunduran diri, kamu menghorami mekanisme dan etika perusahaan tempat kamu bekerja. Dengan begitu pekerja yang lain juga dapat mendoakan kamu semoga bisa sukses di kemudian hari.

Jangan lupakan pulan poin- poin penting di atas tadi agar hasil dari surat pengunduran diri kamu berhasil. Dan yang terpenting ialah terus memohon dan berdoa kepada Allah agar dikemudian hari kamu menjadi orang yang sukses dunia dan akhirat.

Terimakasih, semoga artikel Contoh Surat Pengunduran Diri¬†ini¬†bermanfaat ūüôā

Seseorang yang mencoba menjadi bermanfaat untuk sesama ūüôā

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: