√17++Contoh Slip Gaji Semua Pekerjaan, Lengkap Dengan Gambarnya.

Contoh Slip Gaji Karyawan – Hallo Gens, selamat datang kembali di elnandar.com, kali ini saya akan membahas tentang slip gaji, mungkin ditelinga kamu kata “gaji” sudah tidak asing lagi bukan? Apalagi untuk kamu yang pekerja kantoran yang setiap bulannya mendapatkan hak atas kewajiban yang sudah kamu tunaikan di tempat kerja.

Tapi masalah utama dari sebagian besar pekerja kantoran/ gajian bulanan ialah terkadang jumlah gaji tersebut tidak bisa memenuhi kebutuhan hidup selama 1 bulan penuh.

Hal tersebut bisa terjadi karena jumlah gaji bulanannya yang dirasa kurang atau kebutuhan hidup yang tak bisa dikendalikan (glamour) atau bisa juga karena melonjaknya harga barang-barang dipasaran yang tidak terduga.

Sehingga hal tersebut terkadang membuat uang gaji kamu menjadi cekak di awal atau pertengahan bulan, benar bukan?

Pada saat kehabisan uang gaji bulanan mungkin kamu hanya bisa menatap selembar kertas yang berisikan keterangan gaji kamu pada bulan tersebut, itulah yang disebut dengan slip gaji.

Sebagian karyawan mungkin ada yang mengumpulkan slip gajinya untuk kenangan suatu saat nanti ketika mereka memilih untuk berganti pekerjaan atau pada masa mereka pensiun.

Selain harus menghemat dan pintar-pintar mengatur keuangan, kamu juga perlu melakukan inovasi lain agar gajimu bisa terus bertambah.

Bisa dengan naik jabatan, buka usaha sampingan atau mulai berbisnis dari sekarang dengan menyisihkan gaji bulanan kamu untuk modal berbisnis/ usaha.

Cara tersebut saat ini sudah banyak dicoba oleh para pekerja kantoran saat ini untuk meningkatkan skill dan pengalaman mereka. Apalagi saat ini adalah eranya teknologi, dimana semua kemudahan yang ada bisa diakses hanya dari genggaman tangan kamu.

Memang hal tersebut tidak mudah dan perlu waktu untuk bisa menjadi seorang pengusaha sukses.

Sebelum kita memasuki pembahasan contoh- contoh slip gaji karyawan, ada baiknya kamu tahu terlebih dahulu apa itu slip gaji dan untuk apa tujuannya? Berikut ulasannya.

Apa Itu Slip Gaji Karyawan?

contoh slip gaji karyawan
dunianotaris

Slip gaji merupakan suatu dokumen tanda bukti dari sebuah komisi yang diberikan oleh perusahaan kepada para karyawan/ pegawainya sebagai bentuk apresiasi dan pemberian hak kepada pekerja. Karena kerja keras dan kontribusi mereka perusahaan tersebut bisa berjalan dan terus berkembang.

Dokumen slip gaji tersebut biasanya mencatat seluruh aspek dalam jangka waktu tertentu, mulai dari gaji pokok, potongan, tunjangan, dll. Disertai dengan jumlah nominal yang sudah disepakati oleh kedua belah pihak.

Setiap karyawan bisa mendapatkan nominal yang berbeda karena sesuai dengan jabatan dan tanggung jawab yang diterima oleh setiap karyawan.

Sebagai contoh, tentunya berbeda gaji bulanan seorang OB (Office Boy) dengan gaji seorang Kepala cabang dan Direktur Utama.

Karena memang tugas, jabatan dan tanggung jawab mereka berbeda- beda satu sama lainnya.

Tujuan Pembuatan Slip Gaji Karyawan

contoh slip gaji karyawan
trisakti

Adapun tujuan dari pembuatan slip gaji sendiri sangat beragam dan berfariasi, diantaranya adalah:

  • Sebagai arsip perusahaan/ kantor.
  • Sebagai alat bukti pembayaran gaji yang dilakukan kepada para karyawan suatu perusahaan.
  • Sarana penjelasan/ informasi tertulis kepada para karyawan tanpa perlu berbicara langsung terkait honor/ gaji bulanan mereka

Itulah beberapa tujuan dari pembuatan slip gaji untuk seorang pekerja suatu perusahaan, jika kamu mengetahui ada tujuan lainnya, silahkan tuliskan di kolom komentar ya…

Nah, mungkin diantara kamu ada yang belum pernah merasakan bagaimana rasanya menjadi karyawan, yang digaji setiap bulannya pada tanggal tertentu.

Atau mungkin kamu saat ini perlu sebuah gambaran bagaimana membuat slip gaji untuk calon karyawan kamu nantinya.

Tapi sebelum itu, ada beberapa aspek yang perlu di perhatikan ketika kamu ingin membuat slip gaji karyawan, agar nantinya tidak terjadi salah paham atau informasi yang keliru kepada para karyawan.

Apa sajakah poin- poin penting untuk membuat slip gaji karyawan?

Format Slip Gaji Karyawan

contoh slip gaji karyawan
hidupsimple

Mungkin bagi kamu yang seorang karyawan/ pekerja kantoran tidak asing lagi dengan format slip gaji yang ada. Tapi info ini bisa menjadi ilmu dan wawasan untuk kamu yang bukan pekerja kantoran dan ingin mengetahui seperti apa format dari slip gaji karyawan.

Bisa juga menjadi referensi kamu untuk membuat slip gaji untuk para karyawan atau calon karyawan kamu. Berikut ini adalah format yang harus ada dalam slip gaji karyawan agar tidak terjadi kesalahan jumlah nominal gaji, penerima slip dan info lainnya.

Kop Slip Gaji Karyawan

contoh slip gaji karyawan
uprint

Kop surat merupakan elemen penting ketika kamu ingin memberikan sebuah surat kepada siapapun, baik karyawan, atasan, dan orang lain yang berkaitan dengan perusahaan.

Kop slip gaji sendiri berguna untuk mencantumkan sebuah identitas dari suatu perusahaan yang mengeluarkan surat tersebut, biasanya identitas tersebut minimalnya mencantumkan nama lembaga/ instansi, alamat lengkap, dan kontak yang tersedia (baik no tlp, email, website, dll).

Cara membuatnya pun cukup mudah dan sudah banyak tutorialnya di internet, kamu tinggal perlu mencarinya.

Sayangnya banyak juga para perusahaan/ instansi yang masih meremehkan keberadaan kop dalam dokumen slip gaji mereka.

Padahal bisa terjadi hal yang fatal jika nantinya salah memberikan slip gaji atau ada beberapa hal yang tidak sesuai dengan seharusnya.

Kop slip gaji juga bertujuan sebagai tanda legalnya slip gaji itu diberikan kepada yang bersangkutan, juga untuk menandakan bahwa perusahaan tersebut bonevit atau tidak.

Penerima Slip Gaji Karyawan

contoh slip gaji karyawan
merdeka

Format selanjutnya yang harus ada pada slip gaji adalah nama penerima slip gaji tersebut. Anda bisa bayangkan jika elemen yang satu ini tidak dimasukkan dalam slip gaji, pasti akan membuat bingung dan membuat arsip dokumen perusahaan menjadi kacau.

Informasi atau identitas penerima gaji harus dicantumkan secara jelas dan lugas, biasanya hal- hal yang dicantumkan berupa nama lengkap, alamat, no tlp sampai jabatan si penerima tersebut.

Jabatan penerima sangat penting untuk dicantumkan karena menentukan jumlah atau nominal gaji yang akan diberikan kepada mereka.

Jangan sampai nominal atau jabatan tersebut keliru dan merugikan orang lain, padahal bisa saja sudah banyak pemasukan perusahaan dari jerih payah mereka dalam bekerja secara all out.

Rincian Detail Penerima Slip Gaji

contoh slip gaji karyawan
androbuntu

Setelah menyelasikan detail penerima dari slip gaji karyawan selanjutnya masuk ke rincian hak- hak karyawan apa saja yang ada dalam slip gaji tersebut. Fungsi dari rincian tersebut adalah sebagai informasi dan kejelasan dari besaran gaji/ komisi yang didapatkan oleh si penerima slip gaji tersebut.

Sebagian besar perusahaan mensiasati hal ini dengan menampilkan sebanyak- banyaknya rincian hak karyawan agar membuat reputasi perusahaan atau intansi baik di mata para karyawannya. Tidak salah memang jika memang demikian adanya.

Setelah semua itu dirinci secara menyeluruh barulah nanti dijelaskan rincian potongan- potongan karyawan (bila ada) tapi sebagian besar perusahaan menerapkan kebijakan demikian, baik potongan untuk asuransi seperti BPJS dan lain sebagainya.

Setelah rincian hak dipaparkan, selanjutnya masuk kedalam rincian potongan gaji yang diterima oleh para karyawan, potongan yang dimaksud bisa beragam macam bentuk dan alasannya.

Para karyawan harus paham bahwa potongan yang diterapkan di perusahaan mereka itu tidak sembarangan, bisa jadi memang sudah ada potongan yang sifatnya wajib diterapkan pada setiap perusahaan demi kebaikan para karyawannya.

Seperti potongan asuransi BPJS, dana sosial, potongan pajak dan semisalnya, atau bisa juga sebagai bentuk punishment (hukuman) bagi para karyawan yang tidak bisa disiplin dalam mengerjakan kewajiban mereka di perusahaan tersebut.

Lantas mengapa potongan diletakkan dibawah rincian? Pertanyaan bagus, karena sejatinya manusia lebih cendrung memperhatikan hak- hak (gaji) mereka dibandingkan dengan potongan yang diberikan dan juga rincian gaji lebih penting dibandingkan dengan potongan bulanan.

Itulah alasan mengapa potongan diletakkan dibawah rincian gaji pokok.

Total Penerimaan Gaji pada Slip Gaji Karyawan

contoh slip gaji karyawan
tribunnews

Saya amat yakin sebenarnya hampir semua karyawan langsung fokus kepada total angka gaji yang mereka dapatkan, jika kamu seorang karyawan, apakah pernyataan saya benar?

Mengapa demikian? Karena sejatinya itulah inti dari slip gaji sendiri, nilai/ total nominal yang didapatkan oleh para karyawan atas jerih payah mereka selama sebulan penuh.

Tentunya hal diatas menjadi sangat wajar jika kata “total gaji” menjadi pusat perhatian bagi setiap karyawan, karena memang itulah informasi pentingnya bagi para karyawan.

Maka dari itu biasanya para perusahaan akan membuatkan jenis serta ukuran tulisan yang lebih besar dan jelas di keterangan total gaji tersebut.

Tanggal dan Tanda Tangan di Slip Gaji Karyawan

contoh slip gaji karyawan
hijapedia

Pemberian tanggal pada slip gaji karyawan tentunya bukan tanpa alasan, dimana dengan adanya tanggal menjadi bukti bahwa yang bersangkutan telah menerima haknya sesuai dengan tanggal yang tertera pada slip gaji tersebut.

Tanggal yang tertera harus sesuai dengan tanggal penerimaan gaji karyawan bukan tanggal dibuatnya slip gaji tersebut.

Tidak boleh lupa juga mencantumkan nama karyawan secara jelas pada bagian akhir slip gaji tersebut, jangan sampai terjadi kesalahan nama yang membuat salah satu pihak dirugikan.

Dan yang tak kalah penting juga ialah tanda tangan si penerima slip tersebut, yaa, tanda tangan berfungsi untuk memastikan bahwa yang bersangkutan menerima gaji tersebut secara langsung.

Tanda tangan juga menjadi bentuk persetujuan karyawan atas jumlah hak yang mereka dapatkan selama bekerja di perusahaan dalam kurun waktu tertentu (biasanya bulanan).

Contoh-contoh Slip Gaji Karyawan

Berikut ini kami paparkan contoh slip gaji karyawan berupa gambar dan file doc serta pdf yang bisa kamu download, atau bisa juga menjadi referensi untuk kamu yang ingin membuat slip gaji karyawan.

Contoh Slip Gaji Bulanan

Gaji bulanan biasanya di bayarkan ketika memasuki awal bulan, contoh slip gaji karyawan di awal bulan kurang lebih seperti gambar dibawah ini.

contoh slip gaji karyawan
pinterest

Download File Doc Contoh Slip Gaji Karyawan

Kamu bisa mendownload file microsoft word contoh slip gaji karyawan pada link dibawah ini:

[su_button url=”https://elnandar.com/wp-content/uploads/2018/05/contoh-slip-gaji-karyawan-bulanan-doc.docx” target=”blank”]Download Contoh Slip Gaji Karyawan .docx[/su_button]

 

Contoh Slip Gaji Karyawan Perusahaan / Swasta

Berikut ini contoh slip gaji karyawan yang bekerja pada perusahaan tertentu, bisanya hampir sama dengan slip gaji bulanan.

Contoh Slip Gaji perusahaan swasta
contohsuratizin

Contoh Slip Gaji Karyawan PNS (Pegawai Negeri Sipil)

Seperti apa sih slip gaji para karyawan PNS? Kurang lebih seperti gambar berikut ini

Contoh Slip Gaji Karyawan PNS
PT. KAI

Contoh Slip Gaji Sederhana

Berikut adalah contoh slip gaji karyawan yang sederhana dan cocok untuk kamu yang ingin menggaji karyawan dengan jumlah yang masih bisa dihitung jari.

contoh slip gaji karyawan sederhana
linovhr

Download File Excel Contoh Slip Gaji Sederhana

Kamu bisa mendownload file microsoft excel contoh slip gaji karyawan pada link dibawah ini:

[su_button url=”https://elnandar.com/wp-content/uploads/2018/05/Contoh-Slip-Gaji-karyawan.xlsx” target=”blank”]Download Contoh Slip Gaji Karyawan .xlsx[/su_button]

 

Contoh Slip Gaji Karyawan Honorer

Berikut ini contoh slip gaji karyawan honorer yang bekerja pada perusahaan tertentu, bisanya hampir sama dengan slip gaji bulanan.

contoh slip gaji karyawan honorer

Contoh Slip Gaji Karyawan Bahasa Inggris

Mungkin kamu ingin membuat slip gaji yang lebih keren dengan menggunakan bahasa inggris, berikut adalah contohnya:

contoh slip gaji karyawab bahasa inggris
contohlow

 

Demikianlah contoh-contoh slip gaji karyawan, semoga bermanfaat ya 🙂

Tinggalkan komentar

%d blogger menyukai ini: