Contoh Invoice Penjualan Mudah Dan Simpel | Invoice via Email

Contoh Invoice Penjualan – Secara umum invoice (atau bisa disebut juga dengan istilah Faktur) digunakan sebagai alat bukti (berupa dokumen/file email) suatu proses transaksi jual beli, yang dikirimkan oleh penjual kepada pembeli.

Isinya berupa rincian barang dan total pembayaran yang harus dibayar oleh pembeli kepada penjual.

Di era teknologi saat ini, dimana banyak bermunculan toko online atau ecommerce maka pengiriman invoice pun dilakukan via email. Hal tersebut untuk menghemat kertas (paperless) dan waktu.

Sebagai contoh si A merupakan pedagang kaos yang memiliki website (toko online) dan si B adalah calon pembeli kaos di website si A, si B membeli 5 pcs kaos oblong di website si A.

Maka si A memberikan detail tagihan pembayaran kepada si B via email agar si B melakukan pembayaran 5 pcs kaos tersebut, inilah yang dimaksud dengan invoice.

Jika si B sudah membayarkan tagihan invoice nya maka si B mendapatkan dokumen pembayaran selanjutnya yang dinamakan dengan kwitansi.

Namun pada perakteknya banyak yang menggabungkan dokumen invoice dengan kwitansi, mungkin untuk menghemat kertas ataupun banyak yang belum tahu perbedaan ke dua nya.

Invoice adalah alat bukti (dokumen/kertas) tagihan pembayaran (yang belum dibayarkan).

Sedangkan Kwitansi adalah alat bukti (dokumen/kertas) pembayaran yang telah dibayarkan.

Jenis-Jenis Invoice atau Faktur

Ohya, sebelum membuat contoh invoice penjualan atau faktur, kamu juga harus tahu terlebih dahulu bahwa ada beberapa jenis invoice yang biasa digunakan dalam proses transaksi.

Jika kamu masih belum tahu dan paham apa saja jenis-jenisnya, silahkan simak ulasan kami tentang Jenis-jenis invoice berikut ini:

1. Invoice Konsuler

contoh invoice penjualan
source:graphicworld.co

Jenis invoice atau faktur pertama ialah invoice konsuler. Jenis invoice ini biasa digunakan untuk proses transaksi internasional atau multi negara. Faktur tersebut disertai dengan persetujuan dan pengesahan konsuler negara pengimpor yang ada di negara pengekspor.

Biasa dikenal dengan istilah impor ekspor barang.

Sebagai contoh negara Indonesia mengimpor gandum dari Italia, maka data faktur konsuler harus melalui persetujuan pemerintah Indonesia yang ada di Italia, untuk memastikan data faktur tersebut benar.

Serta untuk menetapkan jumlah bea masuk (gandum) yang di impor tadi setelah masuk ke Indonesia.

Contoh invoice penjualan jenis konsuler akan kami berikan dibawah

2. Faktur Proforma

Jika kita merujuk ke kamus besar bahasa Indonesia (KBBI) maka akan kita dapati bahwa kata proforma menunjukan suatu alat/benda untuk sekedar basa basi dengan mengikuti format yang berlaku. Secara istilah bisa diartikan sebagai invoice yang sifatnya sementara (belum final).

Contohnya Agus memiliki toko sarung, biasanya dia memesan sarung kepada suplier sebanyak 1000 pcs setiap 2 bulan sekali. Tapi di bulan ke 1, Agus sudah memesan sarung sebanyak 200pcs maka invoice yang diberikan di bulan pertama tadi bersifat proforma, karena suplier akan memfinalkan invoice pada bulan berikutnya (bulan ke 2).

Contoh invoice penjualan jenis proforma akan kami berikan dibawah

3. Invoice Commercial

contoh invoice penjualan

Jenis Invoice selanjutnya adalah invoice commercial, jenis ini merupakan kelanjutan dari invoice proforma, artinya invoice ini sudah fix (final) dan tidak bisa diganggu gugat atau di utak atik lagi.

Contoh invoice penjualan jenis commercial akan kami berikan dibawah

4. Invoice Biasa

Jenis yang terakhir yaitu invoice atau faktur biasa, maksud dari kata “biasa” ialah faktur ini bisa digunakan untuk tagihan listrik, pembayaran di toko sembako atau toko grosiran, atau biasa digunakan di minimarket. Jenis invoice ini cukup simpel karena dibuat hanya sebagai sarat informasi saja.

Contoh invoice penjualan jenis biasa akan kami berikan dibawah

Cara Membuat Invoice Penjualan Yang Baik dan Benar

contoh invoice penjualan

Ketika ingin membuat invoice harus ditentukan dulu kebutuhan dan prioritasnya, sehingga info yang ditampilkan didalam invoice tersebut tidak rancu dan bertele tele. Tentu beda dong antara invoice perusahaan besar dengan invoice toko grosiran.

Bisa jadi yang toko grosiran menggabung dokumen invoicenya dengan kwitansi, seperti yang sudah kami paparkan di awal tadi.

Untuk itulah kami akan memberikan beberapa hal penting yang harus ada jika kamu ingin membuat sebuah invoice. Walaupun pada prakteknya bisa saja ada hal yang dikurangi atau ditambahkan, berikut ini adalah hal-hal penting yang biasanya ada di dalam faktur / invoice:

  1. Mencantumkan data/ identitas penjual ataupun instansi selaku penjual secara jelas. Hal ini agar pembeli/ calon pembeli tidak bingung siapa yang mengirimkan invoice/ faktur tersebut kepadanya.
  2. Mencantumkan data/ identitas (calon) pembeli secara jelas dan detail. Hal ini berguna untuk menyakinkan pembeli bahwa memang benar mereka melakukan transaksi tersebut.
  3. Jangan lupa untuk mencantumkan nomer invoice/ faktur, nomer tersebut berguna untuk arsip dan pencocokan data penjual dan pembeli, jangan sampai nomer tersebut berbeda antara penjual dan pembeli.
  4. Rincian detail dari transaksi yang dilakukan oleh pembeli, mulai dari nama barang/ jasa, harga satuan, jumlah yang dibeli, total harga barang yang dibeli, pajak/ tax yang dibayarkan, dll.
  5. Tanggal transaksi yang dilakukan.
  6. Barcode (opsional) berguna untuk menghindari invoice ganda atau palsu.
  7. Cantumkan nama penjual dan pembeli dengan jelas
  8. Kolom tanda tangan agar menguatkan status invoice
  9. Tempat materai jika diperlukan, biasanya untuk jumlah barang yang harganya lebih dari 1 juta rupiah.

3 Tips Mudah Invoice Penjualan Cepat Dilunasi

contoh invoice penjualan

Berikut adalah tips agar invoice kamu cepat dibayar sehingga lebih cepat closing dan memutar kembali uang kamu untuk menjaga proses keuangan dan bisnis kamu.

1. Tampilan Simpel

Cantumkan logo bisnis kamu di tampilan invoice, berikan keterangan secara lengkap dan mudah dipahami oleh semua kalangan. Hal tersebut membuat calon pembeli tergerak untuk melunasi tagihan tersebut.

2. Segera Kirim Invoice

Setelah teransaksi dilaksanakan segera kirimkan invoice kepada calon pemebeli agar mereka langsung membayarkan tagihan tersebut, jika kelamaan bisa jadi calon pembeli lupa dan sudah tidak berminat lagi terhadap barang yang tadi dibeli.

Jika kamu melakukan transaksi dengan e-commerce seperti Buka Lapak atau Tokopedia maka invoice akan segera dikirimkan ke email setelah kamu selesai memilih metode pembayaran. Kurang dari 1 menit sudah ada di email kamu. Cepat sekali bukan?

Nah itu pula yang harus kamu lakukan kepada customer kamu.

3. Beri Jangka Waktu

Jangka waktu yang diberikan kepada calon pembeli untuk melakukan pembayaran diusahakan jangan terlalu lama, karena bisa membuat calon pembeli menyepelekan pembayaran atau bisa melupakannya.

4. Metode Pembayaran Gak Ribet

Di era mobile banking sekarang ini banyak konsumen/ calon pembeli yang tidak ingin ribet dalam hal pembayaran. Untuk itu kita juga dituntut untuk memberikan metode pembayaran yang mudah dan cepat.

Jangan lupa untuk memberikan jenis metode pembayaran yang bisa mereka lakukan, contohnya taransfer atm, via mobile banking, internet banking, bayar di indomaret/ alfamart, bayar lewat pos, kartu kredit, cicilan (jika perlu) dan lain lain.

Hal tersebut berguna untuk memancing pelanggan kamu agar segera melunasi detail tagihan invoice nya.

Contoh-Contoh Invoice Penjualan 

Berikut merupakan contoh invoice penjualan barang atau jasa yang bisa menjadi rujukan kamu untuk membuat invoice sesuai dengan bisnis yang kamu jalankan.

Contoh Invoice Penjualan Simpel Dengan Ms. Word

Ini adalah contoh invoice penjualan sederhana yang bisa kamu gunakan jika usaha kamu masih cukup awal atau baru merintis bisnis.

contoh invoice penjualan
source: dasaroffice

Contoh Invoice Penjualan Sederhana Dengan Ms. Excel

Ini adalah contoh invoice penjualan sederhana yang bisa kamu gunakan jika usaha kamu masih cukup awal atau baru merintis bisnis.

contoh invoice penjualan
contoh invoice dengan ms.excel

Contoh Invoice Penjualan Bahasa Inggris

Ini adalah contoh invoice penjualan dengan bahasa Inggris, jika kamu ingin invoice atau faktur kamu lebih keren bisa mencoba menggunakan invoice berbahasa Inggris.

contoh invoice penjualan
Contoh invoice Bahasa Inggris- Faktur tagihan domain CaseManiak.com

 

Baca: Usaha Budidaya Lele Berpenghasilan Luar Biasa, mau?

 

Contoh Invoice Penjualan Dengan Email

Jika kamu menggunakan sistem ERP (Enterprise Resource Planning) maka biasanya invoice yang digunakan berupa email yang sudah ada dalam sistem ERP tersebut secara otomatis.

Mungkin kamu belum paham, baik. Contohnya adalah minimarket seperti Indomaret dengan para suppliernya, jika Indomaret memerlukan barang (contoh Beras) maka ia akan meminta beras kepada supplier beras, lalu supplier beras mengirimkan invoice kepada Indomaret melalui email, dan biasanya bersifat sementara (proforma).

contoh invoice penjualan melalui email

Jika kamu memiliki usaha yang hampir mirip atau sejenis, bisa dicoba desain invoice yang seperti ini.

Atau contoh lain jika kamu melakukan transaksi di e-commerce, maka akan diberikan email invoice seperti berikut:

contoh invoice penjualan melalui email

contoh invoice penjualan melalui email

Contoh Invoice Booking Tiket

Dengan perkembangan teknologi yang begitu pesat tak heran jika saat ini aktifitas pemesanan pesawat, hotel, kereta api, dll. Bisa dilakukan melalui gadget kita saja, tanpa perle repot repot datang ke lokasi. Jika kamu memiliki usaha yang hampir mirip atau sejenis, bisa dicoba desain invoice yang seperti ini.

Contoh Invoice booking tiket pesawat
invoice booking pesawat dari tiket.com

PT.KAI (Kereta Api Indonesia) pun tidak mau ketinggalan untuk melakukan sebuah trobosan teknologi, saat ini proses pemesanan kereta Api bisa dilakukan melalui genggaman kita saja. Jika kamu memiliki usaha yang hampir mirip atau sejenis, bisa dicoba desain invoice yang seperti ini.

Berikut contoh invoice penjualan nya

contoh invoice booking tiket
KAI Access

Contoh Invoice Jasa Pengiriman Barang/ Paket

Untuk jasa pengiriman barang pun mereka sudah menerapkan invoice secara langsung kepada para customersnya. Berikut adalah contoh invoice jasa pengiriman barang / dokumen. Jika kamu memiliki usaha yang hampir mirip atau sejenis, bisa dicoba desain invoice yang seperti ini.

contoh invoice JNE
Invoice jasa pengiriman barang JNE
contoh invoice tiki
Invoice jasa pengiriman barang TIKI

Contoh Invoice Proforma

Berikut adalah contoh invoice penjualan dengan jenis proforma (sifatnya sementara, seperti yang sudah dijelaskan di atas). Jika kamu memiliki usaha yang hampir mirip atau sejenis, bisa dicoba desain invoice yang seperti ini.

contoh invoice proforma
contoh invoice proforma

Contoh Invoice Penjualan Jenis Biasa

Berikut adalah contoh invoice biasa yang bisa kamu tiru untuk bisnis yang kamu jalankan.

contoh-Invoice-biasa
Contoh faktur invoice biasa

Contoh Invoice Tagihan Internet

Dibawah ini adalah contoh faktur tagihan internet yang dipasang dirumah. Jika kamu memiliki usaha yang hampir mirip atau sejenis, bisa dicoba desain invoice yang seperti ini.

contoh invoice tagihan internet
contoh invoice tagihan internet

Demikianlah artikel tentang contoh invoice penjualan, semoga bermanfaat untuk teman-teman sekalian 🙂

 

 

Tinggalkan komentar

%d blogger menyukai ini: