Wisata ke Bandung

Bandung, siapa yang tidak mengenal kota yang satu ini? Apa yang ada dipikiran kalian ketika mendengar kata “Bandung”?

Salah satu tempat destinasi wisata yang cukup menarik banyak ditawarkan di kota ini. Gue sebagai orang yang tinggal di daerah Depok merasakan hal yang berbeda ketika menginjakkan kaki di kota Bandung.

Seperti cerita gue waktu SMK, pas gue magang di Bandung, awal-awal gue dateng ke Bandung, gue merasakan suasana yang berbeda dari tempat tinggal gue di Depok. Di Bandung cuacanya lebih sejuk, banyak tempat wisata yang menarik dan perlu gue kunjungi, itulah mungkin pandangan awal gue sebagai orang yang tinggal diluar kota Bandung.

Yaa walaupun pada saat SMK gue cuma jalan-jalan 2 atau 3 kali doang, dan itupun ke daerah yang gak jauh dari tempat magang gue (Cimahi), karena pada saat itu belum ada transportasi online, dan kalo mau wisata yang jauh harus dengan transportasi umum.

Jika pada hari hari biasa Jakarta seperti kota yang semerawut, banyak titik kemacetan dan cuacanya yang panas dikarenakan polusi udara yang begitu tinggi. Belum lagi dimusim hujan, banyak wilayah yang tergenang banjir.

Sebenarnya kota Jakarta itu bisa “dinikmati” ketika musim mudik atau liburan, karena Jakarta menjadi sepi, banyak penghuninya yang memilih wisata ke kota-kota lain, Bandung termasuk kota favorit untuk dikunjungi oleh warga Jakarta dan sekitarnya.

Itulah yang membuat gue tidak pernah bosan mengunjungi kota yang satu tersebut, selalu ada destinasi baru yang perlu diulik.

Wisata Kebun Stroberi

Karena termasuk dalam wilayah dataran tinggi, Bandung memiliki cuaca yang cocok ditanami buah-buahan dan sayur-sayuran, seperti brokoli, stroberi, teh, selada, dan lain lain.

Pada saat gue magang SMK, tempat wisata terjauh yang pernah gue kunjungi adalah taman stroberi, gue gak tau sih lokasi detailnya dimana, karena pada saat itu Instagram belum gue gunakan dan belum ada Insta Stori, jadi gak bisa gue share hehe…

Gue kesana saat hari libur, biasanya hari libur gue gunakan untuk tidur lagi setelah subuh, atau nonton tv, sebagian temen gue juga ada yang pulang ke Depok kalo hari libur.

Usulan pergi wisata itu ada setelah salah satu temen gue dijenguk oleh orang tuanya yang kebetulan menggunakan mobil, alhasil pergilah kami (7-8 orang) ke kebun stroberi, karena saat itu tinggal kami yang berada di kosan.

“Kapan lagi yakan jalan-jalan, mumpung lagi di Bandung” kata gue.

“Yoi rif, gratis lagi, hahaha” saut temen gue.

Emang saat itu semuanya dibayarin sama orang tua temen gue sih, mulai dari perjalanan sama makannya.

Jam 8 pagi kami semua sudah siap-siap untuk berangkat, sebelum ke kebun stroberi, kami mampir dulu ke daerah gedung sate untuk jajan dan jalan pagi, sebenernya kami ingin masuk ke musium geologi juga, tapi karena hari Minggu jadi musium tersebut tutup. Setelah puas jalan-jalan di daerah gedung sate, kami melanjutkan perjalanan ke tujuan utama yaitu kebun stroberi.

Selama perjalanan gue nikmatin untuk melihat indahnya pedesaan di kota Bandung, maklum saat itu gue baru pertama kali ke Bandung hehe.

“Hmm..  sayuran dan buah-buahan segar sepertinya nikmat kalo langsung dimakan” ucap batin gue.

Setelah menempuh perjalanan hampir 3 jam, sampailah kita di taman stroberi, karena cukup jauh dari kota dan bukan waktu liburan (sekolah/lebaran), disana tidak terlalu banyak para wisatawan.

“Akhirnyaaa, sampai juga…”

Turun dari mobil kami langsung antusias untuk memetik stroberi, langsung dari pohonnya borr, ini juga pengalaman pertama gue metik langsung. Tidak lupa juga untuk mencicipinya, ya walaupun asam, gue tetap menikmatinya.

Setelah puas bermain di kebun, akhirnya kami memutuskan untuk makan bersama disalah satu restoren mie terkenal di daerah Bandung, gue lupa nama tempatnya. Setelah kenyang, kembalilah kami ke kosan untuk istirahat, karena besok Senin kami harus kembali magang.

Wisata Farmhouse

Petualangan ke 2 gue ke Bandung saat gue magang kuliah, saat itu gue dan 2 teman SMK gue , Ikbar dan Haikal, merencanakan untuk jalan-jalan ke Bandung dan juga silaturahmi ke rumah Bu Yiyi (Pemilik rumah kos saat gue magang SMK), beberapa hari sebelumnya gue sudah mengontak Bu Yiyi untuk silaturahmi dan menginap dirumahnya. Gue dan ke2 teman gue termasuk yang dekat dengan Bu Yiyi, bahkan beliau masih hafal asal sekolah kami (SMK Raflesia). Baca disini untuk cerita SMK gue.

Dari hari Jum’at pagi gue udah siapin barang-barang yang mau gue bawa ke Bandung, karena saat itu posisinya lagi magang, jadi semua barang gue bawa ke loker magang. Saat jam pulang kantor, dari tempat magang gue langsung ke rumah Ikbar (titik kumpul).

Berangkatlah kami ber3 selepas solat Maghrib, dengan 2 sepeda motor, bekal makanan juga tidak lupa, karena di daerah puncak (Masjid At Taawun) kami akan beristirahat untuk solat isya dan makan.

Perjalanan di malam hari perlu konsentrasi yang tinggi, terlebih perjalanan kami memakan waktu yang tidak sebentar, yaiyalah Depok Bandung borr..

Kami sempat beberapa kali “meluruskan pinggang” di pom bensin.

Akhirnya sampailah kami di Bandung jam 1 malam, lalu kami memutuskan untuk tidur di pom bensin dan paginya baru ke rumah Bu Yiyi.

Siang harinya barulah kami pergi menuju Farmhouse, karena pas waktu libur jadi banyak wisatawan yang datang kesana, disana kami kurang menikmati sih, karena terlalu ramai. But its okay, ini pengalaman baru gue ke Bandung pake Motor hehe.

Solat Ied dan Wisata Maribaya Lodge

Setelah Solat Ied

Perjalanan wisata gue ke Bandung yang ke 3 ini saat gue selesai sidang akhir (refreshing isi kepala gue yang udah ngebul dengan skripsi haha 😀 ) dan bertepatan dengan waktu Idul Adha, Jadi sekalian solat Ied disana.

Hanya gue dan Haikal yang berangkat, sebenernya Ikbar mau ikut, tapi karena dia udah kerja jadi gak bisa, kita berangkat pakai motor dan menginap di rumah Bu Yiyi, selama perjalanan sama lah ceritanya kaya sebelumnya.

Kami sampai di Bandung jam 12 malam, mampirlah kami ke masjid untuk solat isya dan istirahat, kebetulan dimasjid sedang masak-masak untuk suatu acara, akhirnya kami diberi makan, setelah selesai tiba-tiba Bu Yiyi nge WA dan menyuruh kami kerumahnya untuk istirahat disana.

Pagi harinya kami langsung menuju Masjid Raya Bandung (yang Instagramable) untuk solat Ied, saat itu gue agak telat solatnya karena cukup padat jalannya. Gak lupa juga untuk mengabadikan moment tersebut.

“Gimana kal perasaan lu?”

“Asik rip, kapan lagi bisa solat Ied di sini”

Ini juga pertama kali gue solat Ied di Bandung, semoga bisa kesana lagi suatu saat, Amiinn….

Keesokan harinya barulah gue pergi ke Maribaya Lodge, perjalanan sekitar 3 jam, dan penuh perjuangan, macet dan panas, tapi semua terbayar setelah kami sampai disana. Pemandangannya cukup indah dan penuh spot foto untuk mengabadikan moment, yang kami kecewakan cuma 1, rame bangettt haha 😀

Maribaya Lodge

~~~

Foto lainnya:

Tidur di pom bensin

Kalo kalian ada pengalaman seru, silahkan share di komen yaa 🙂

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.