Budidaya Tanaman Tebu Yang Efisien

budidaya tebu

Cara Budidaya Tebu – Tebu atau dalam bahasa Inggris sugar cane, merupakan salahsatu tanaman yang bisa tumbuh subur di daerah tropis seperti di Indonesia, jadi tak heran jika tebu banyak kita temui disini. Tebu termasuk jenis tumbuhan rumput, seperti halnya padi.

Tanaman tebu sebagian besar isinya merupakan air yang rasanya manis, sehingga tebu biasa digunakan untuk membuat gula batu atau gula pasir.

Dan pasti disetiap kita pernah mengkonsumsi gula yang berasal dari tebu.

Orang orang biasanya mengkonsumsi tebu dengan cara digigit langsung, hal tersebut dilakukan untuk memperoleh sensasi rasa air tebu yang manis. Apakah kalian juga pernah melakukannya?

Read moreBudidaya Tanaman Tebu Yang Efisien

Cara Menghilangkan Komedo Secara Herbal.

cara menghilangkan komedo pada wajah

Selain masalah jerawat dan wajah berminyak sebagian orang juga mengeluhkan masalah komedo yang bersarang di hidung mereka, istilahnya itu dungdak alias idung badak. Mungkin juga termasuk kamu gens? Cara menghilangkan komedo di hidung sebenarnya cukup banyak.

Bisa menggunakan cara konvensional dengan jasa dokter kulit atau obat obatan kimia, masker wajah dan lain sebagainya. Namun hal itu semua membutuhkan dana yang tidak sedikit, untuk penanganan ke tempat khusus wajah saja bisa menghabiskan uang minimal 200rb, belum lagi jika harus rutin dilakukan.

Tapi buat kamu yang punya budget pas pasan atau ingin menghemat pengeluaran bulanan ada baiknya pelajari cara menghilangkan komedo secara herbal.

Selain ramah dikantong, bahan bahannya tergolong mudah kita dapati serta membuatnya juga cukup mudah. Dijamin wajah kamu akan kembali mulus berseri dan say good bye sama komedo.

Penyebab Komedo

Diantara penyebab adanya komedo di hidung dan wajah kita yaitu:

  1. Kamu tidak membersihkan make up secara merata, akibatnya banyak bahan seperti bedak, conceler, eyeshadow, dll. Yang masih menempel pada wajah dan mengakibatkan komedo diwajah.
  2. Kadar minyak berlebih pada wajah, mungkin sebagian orang memiliki masalah minyak pada wajah yang berlebih, sehingga pori pori pada wajah menjadi tersumbat dan mengakibatkan komedo pada wajah dan hidung kamu.
  3. Kotoran dan debu yang menempel pada permukaan kulit wajah, rutinlah mencuci muka setiap selesai aktivitas dan ketika ingin tidur, hal tersebut dapat mencegah masalah komedo pada wajahmu.

Jenis-Jenis Komedo

Secara umum jenis komedo hanya ada dua yaitu, komedo berwarna putih alias whitehead dan komedo berwarna hitam alias blackhead, untuk penjelasan detailnya silahkan simak penjelasan berikut ini:

Jenis Komedo Putih (Whitehead)

cara menghilangkan komedo pada wajah

Jenis komedo ini memiliki ciri hampir mirip seperti jerawat, menggumpalnya kotoran didalam wajah akibat sumbatan yang terjadi di pori pori kulit wajah.

Warna putih adalah warna alami dari kotoran tersebut, karena tidak tercampur dengan kotoran atau debu dari luar kulit wajah,

Jenis Komedo Hitam (Blackhead)

cara menghilangkan komedo pada wajah

Komedo jenis ini muncul akibat membesarnya pori pori pada kulit wajah, kemudian gumpalan kotoran didalam pori pori terpapar oleh debu dan kotoran, sehingga warnanya berubah menjadi hitam.

Sebagian orang beranggapan bahwa jenis komedo ini dapat menular, tapi hal tersebut tidak benar. Karena komedo hitam ini disebabkan oleh bakteri dan tentu saja bisa disembuhkan dengan penanganan yang tepat.

Karena sifatnya yang terbuka, untuk menangani jenis komedo yang satu ini perlu penanganan lebih, bukan hanya membersihkan atau menghilangkan komedonya, kita juga harus mencari cara agar pori pori wajah tidak terbuka lebar.

Hal tersebut nanti akan kami ulas juga dibawah.

Cara Menghilangkan Komedo Pada Wajah 

Berikut beberapa penanganan komedo dengan cara herbal yang bisa kamu lakukan sendiri dimanapun dan kapanpun.!

Menggunakan Jel Lidah Buaya

cara menghilangkan komedo pada wajah
Instagram.com

Tanaman lidah buaya bukan saja berkhasiat buat kesehatan doang loh gens, selain itu, lidah buaya bisa digunakan untuk menghilangkan dan meminimalisir terjadinya masalah komedo di wajah kamu.

Kekuatan untuk mengangkat dan menghilangkan komedo didapat dari kandungan mineral yang terdapat didalam tanaman yang satu ini.

Cara Penggunaan:

  • Siapkan 1-2 lembar lidah buaya.
  • Pisahkan antara isi (jelnya) dengan kulit luarnya.
  • Haluskan dengan cara ditumbuk atau blender.
  • Oleskan pada wajah secara perlahan tapi jangan lupa bersihkan wajah kamu terlebih dahulu yaa.
  • Tambahkan sedikit pijatan ringan diwajah kamu selama 5-10 menit (opsional). Hal tersebut dapat merangsang komedo untuk keluar.
  • Diamkan terlebih dahulu selama 15-30 menit (opsional).
  • Bilaslah dengan air hangat agar semua kotorannya lenyap.

Lakukanlah hal tersebut secara rutin, kami sarankan untuk melakukannya sepekan 1 sampai 2 kali.

Kamu sudah membaca artikel kami tentang manfaat lidah buaya untuk kesehatan? Jika belum silahkan baca untuk menambah wawasanmu tentang lidah buaya.

Menggunakan Jeruk Nipis

cara menghilangkan komedo pada wajah

Jika kamu memperhatikan kosmetik kecantikan untuk wajah, kamu bisa dapati sebagian besar menggunakan bahan jeruk nipis (walaupun bukan bahan utamanya). Hal tersebut karena buah ini memiliki khasiat vitamin c yang cukup teruji untuk masalah kulit wajah.

Selain itu, bagi kamu yang punya kulit wajah berminyak bisa juga menggunakan buah jeruk nipis untuk mengurangi kadar minyak wajah kamu.

Cara Penggunaan:

  • Siapkan 1 buah jeruk nipis
  • Potong jadi 2 bagian
  • Peras dan diamkan air perasan jeruk nipis tersebut selama 5 menit
  • Gunakan perasan untuk masker wajah, khususnya diarea komedo kamu berada
  • Tambahkan sedikit pijatan ringan diwajah kamu selama 5-10 menit. Hal tersebut dapat merangsang komedo untuk keluar.
  • Diamkan terlebih dahulu selama 15-30 menit (opsional).
  • Bilaslah masker tersebut dengan air hangat agar semua kotorannya terangkat.

Lakukanlah hal tersebut secara rutin setiap minggunya.

Menggunakan Es Batu

Cara menghilangkan komedo selanjutnya ialah dengan sarana es batu. Tapi cari ini bukan digunakan secara langsung, namun gunanya es batu adalah untuk mengecilkan pori pori pada bagian yang berkomedo.

Jadi pakailah masker terlebih dahulu lalu gunakan es batu setelahnya, untuk mengecilkan pori pori.

Dengan Buah Tomat

cara menghilangkan komedo pada wajah
Instagram.com

Cara berikutnya adalah menggunakan buah tomat. Buah tomat yang dimaksud adalah yang berwarna merah. Kandungan vitamin E pada buah tomat berguna untuk mengangkat sel kulit mati dan juga mengecilkan pori pori pada wajah kamu.

Sehingga produksi minyak pada wajah menjadi berkurang dan komedo tidak dapat “berkembang biak”.

Cara Penggunaan:

  • Siapkan 1 buah tomat merah.
  • Haluskan dengan cara ditumbuk atau blender.
  • Tambahkan campuran minyak zaitun secukupnya.
  • Oleskan pada wajah secara perlahan tapi jangan lupa bersihkan wajah kamu terlebih dahulu yaa.
  • Tambahkan sedikit pijatan ringan diwajah kamu selama 3-10 menit. Hal tersebut dapat merangsang komedo untuk keluar.
  • Diamkan terlebih dahulu selama 15-20 menit.
  • Bilaslah dengan air hangat agar semua kotorannya ikut terangkat.

Lakukanlah hal tersebut secara rutin, kami sarankan untuk melakukannya sepekan 1 sampai 2 kali.

Menggunakan Garam

Selain berguna untuk penyedap masakan kamu, ternyata garam juga berfungsi untuk menghilangkan komedo yang ada di wajah kamu loh Gens. Caranya cukup mudah dan simpel kok.

Cara Penggunaan:

  • Siapkan garam dapur 2-3 sendok teh.
  • Isi baskom kecil dengan air setengahnya (bukan air hangat).
  • Aduk secara merata dan tunggu sampai 5 menit.
  • Gunakan air tersebut untuk masker wajah dan diamkan selama 10 menit.
  • Bilaslah dengan air hangat agar semua kotorannya ikut terangkat.

Cukup simpel kan Gens.

Dengan Kayu Manis

cara menghilangkan komedo di wajah

Bukan hanya bisa digunakan untuk bumbu masakan, kayu manis memiliki khasiat yang bisa menjaga kesehatan kulit, melancarkan sirkulasi darah sehingga kulit menjadi berseri seri.

Hal itulah yang bisa kamu gunakan juga untuk mengatasi masalah komedo. Tapi ada satu hal yang perlu kalian perhatikan, jangan hanya menggunakan kayu manis saja tanpa bahan lainnya.

Campurkan dengan lidah buaya, jeruk nipis atau lemon supaya hasilnya lebih memuaskan. Terapi ini bisa dilakukan oleh orang yang memiliki minyak berlebih pada wajah.

Cara Penggunaan:

  • Siapkan 2-4 sendok teh bubuk kayu manis
  • Siapkan perasan jeruk nipis atau lemon
  • Siapkan madu secukupnya
  • Campur semua bahan tadi dan aduk hingga merata
  • Oleskan pada wajah kamu secara perlahan tapi jangan lupa untuk membersihkan wajah terlebih dahulu yaa.
  • Tambahkan sedikit pijatan ringan diwajah kamu selama 3-10 menit. Hal tersebut dapat merangsang komedo untuk keluar.
  • Diamkan terlebih dahulu selama 15-20 menit.
  • Bilaslah dengan air hangat agar semua kotorannya ikut terangkat.

Lakukanlah hal tersebut secara rutin, kami sarankan untuk melakukannya sepekan 1 sampai 2 kali supaya hasilnya memuaskan.

Menggunakan Putih Telur

Cara menghilangkan komedo di wajah kamu berikutnya adalah dengan putih telur. Mungkin kalo yang ini tidak asing di telinga kamu ya Gens. Cara ini memang sudah terbukti dari dulu cukup ampuh untuk mengusir komedo di wajah.

Kandungan asam amino serta protein dalam putih telur berguna untuk mengecilkan pori pori pada wajah sehingga produksi minyak diwajah menjadi berkurang.

Sehingga pertumbuhan komedo pada wajah dapat dihindari. Ada juga kandungan asam float yang berguna untuk menghaluskan kulit.

Tapi kebanyakan orang mungkin tidak tahan dengan bau amisnya, nah cara mengurangi bau amisnya adalah dengan menambahkan beberapa bahan herbal seperti air jeruk nipis atau minyak zaitun.

Cara Penggunaan:

  • Siapkan 1 butir telur ayam.
  • Pisahkan putih telur dengan kuningnya.
  • Kocok putih telur sampai menjadi agak padat.
  • Gunakan putih telur tersebut sebagai masker wajah.
  • Lakukan pijatan ringan lalu diamkan selama 10-15 menit.
  • Bilas menggunakan air dingin sehingga wajahmu kembali fresh dan segar.

Jika ingin mendapatkan hasil yang power full, lakukanlah hal tersebut secara rutin, kami sarankan untuk melakukannya sepekan 1 sampai 2 kali.

Menggunakan Pasta Gigi

Cara menghilangkan komedo selanjutnya ialah menggunakan odol. Odol atau pasta gigi bukan hanya digunakan untuk merawat gigi kita saja, selain hal itu, pasta gigi juga bisa digunakan untuk membersihkan komedo di wajah.

Cara Penggunaan:

  • Gunakan odol sebagai masker pada bagian yang berkomedo
  • Lakukan pijitan ringan dan tunggu sampai 5 menit.
  • Bilas menggunakan air .

Simpel kan Gens…

 

Paduan Yogurt dan Lemon

cara menghilangkan komedo di wajah

Cara menghilangkan komedo berikutnya yaitu dengan campuran yogurt, lemon serta tambahan madu. Air lemon yang sudah diperas dapat mengecilkan sel pori serta menghilangkan kotoran pada wajah.

Sedangkan yogurtnya berfungsi untuk melembabkan kulit agar tidak kering dan kusam, karena kandungan exfoliator nya bertindak dengan sangat baik bagi kulit wajah.

Cara Penggunaan:

  • Siapkan yogurt 5-7 sendok makan, perasan air lemon 5-7 sendok makan, dan madu 1 sendok makan
  • Tambahkan campuran minyak zaitun secukupnya.
  • Oleskan pada wajah secara perlahan tapi jangan lupa bersihkan wajah kamu terlebih dahulu yaa.
  • Tambahkan sedikit pijatan ringan diwajah kamu selama 3-10 menit. Hal tersebut dapat merangsang komedo untuk keluar.
  • Diamkan terlebih dahulu selama 15-20 menit.
  • Bilaslah dengan air hangat agar semua kotorannya ikut terangkat.

Lakukanlah hal tersebut secara rutin 2-3 kali dalam seminggu supaya hasilnya mantaps.

Menggunakan Buah Stroberi

cara menghilangkan komedo di wajah

Buah yang memiliki rasa asam manis ini bukan hanya berguna untuk makanan atau jus saja loh gens. Buah stroberi juga memiliki manfaat lain, salah satunya untuk menghilangkan komedo yang bersarang diwajahmu.

Pori pori yang tersumbat dapat dibersihkan dengan sifat alkalinitasnya, serta kandungan vit c nya berguna untuk merawat kulit menjadi lebih bersih.

Cara Penggunaan:

  • Siapkan buah stroberi 3-5 buah, perasan air lemon 5-7 sendok makan, dan madu 1 sendok makan
  • Tambahkan campuran minyak zaitun secukupnya.
  • Oleskan pada wajah secara perlahan tapi jangan lupa bersihkan wajah kamu terlebih dahulu yaa.
  • Tambahkan sedikit pijatan ringan diwajah kamu selama 3-10 menit. Hal tersebut dapat merangsang komedo untuk keluar.
  • Diamkan terlebih dahulu selama 15-20 menit.
  • Bilaslah dengan air dingin agar semua kotorannya ikut terbuang.

Lakukanlah hal tersebut secara rutin.

Demikian informasi tentang cara menghilangkan komedo pada wajah kamu, semoga bermanfaat ya gens 🙂

5 Jenis dan 13 Manfaat Lidah Buaya Untuk Kesehatan

manfaat lidah buaya

Manfaat Lidah Buaya – Bagi masyarakat Indonesia, tanaman ini tidak asing lagi bukan? Kami rasa kamu pasti pernah melihat tanaman ini, yaa walaupun seumur hidup cuma sekali hehe…

Tanaman yang tidak memiliki daun (punga bunga dan batang gak ya? nanti akan kita bahas) ini berasal dari kawasan kering Afrika (menurut ahi sejarah, lokasi pastinya belum diketahui), memiliki nama latin Aloe Vera, masuk kedalam suku Liliaceae.

Liliaceae sendiri ada ±4.000 jenis tumbuhan, di bagi kedalam 240 marga dan lidah buaya mempunyai lebih dari 250 jenis tanaman yang ada didunia.

Tanaman ini hampir mirip ekosistemnya dengan kaktus, bisa bertahan dicuaca yang panas dan dengan kadar air tanah yang sedikit.

Dalam bentuknya pun ada kemiripan, yaitu sama sama memiliki duri tajam walaupun bentuk dan jumlahnya berbeda. Ciri khas dari lidah buaya yaitu lendir yang ada dibagian dalam buahnya.

Read more5 Jenis dan 13 Manfaat Lidah Buaya Untuk Kesehatan

Jenis dan Manfaat Jahe untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Jahe – Siapa yang tak tau dengan tanaman yang satu ini? Dibalik rasanya yang “pedas pedas sadapp”, terdapat banyak sekali khasiat dan manfaat yang ada didalamnya. Salah satu manfaat jahe adalah untuk menghangatkan dan mengembalikan stamina tubuh kita.

Jahe yang dalam bahasa Latin disebut dengan nama Zingiber Officinale, dalam bahasa Inggris Ginger, berasal dari dataran Asia, kemudian menyebar keberbagai penjuru dunia karena manfaatnya untuk kesehatan tubuh.

Jahe merupakan jenis tanaman yang buahnya berada dibawah tanah, sama seperti singkong, kentang, wortel, kunyit dan umbi umbian lainnya, serta masuk kedalam suku temu-temuan (Zingiberaceae). Tanaman ini memiliki tinggi sekitar 25-50 cm.

Pada saat musim penghujan (cuaca dingin) atau daerah yang memiliki cuaca dingin, tumbuhan ini menjadi konsumsi sehari hari karena senyawa zingeron yang memberikan rasa pedas pada tanaman tersebut. Sehingga berefek untuk menghangatkan tubuh dari hawa dingin.

Read moreJenis dan Manfaat Jahe untuk Kesehatan Tubuh

Jenis Tanaman Hias Yang Bikin Rumah Kamu Kece

jenis tanaman hias

Jenis Tanaman Hias – Pernah gak sih kalian melihat suasana rumah yang terasa gersang, sepi, atau “horor”? Atau mungkin rumah kalian yang seperti itu? Jangan sampai ya Gens, rumah seperti itu kayak tak berpenghuni loh.

Selain warna rumah yang terlihat “segar” unsur lain juga harus diperhatikan loh gens! Salah satunya adalah dengan menambah pernak pernik tanaman hias untuk rumah kamu.

Ada banyak model tanaman hias yang bisa kamu pilih untuk membuat suasana rumah kamu menjadi lebih “hidup” loh gens, mulai dari model tumbuhan yang merambat, terna, perdu, semak dan pepohonan juga bisa kamu gunakan loh, asalkan ukurannya sesuai (proporsional).

Read moreJenis Tanaman Hias Yang Bikin Rumah Kamu Kece

9 Manfaat Kumis Kucing Dan Cara Mengolahnya

manfaat kumis kucing

Kumis Kucing –  Disebut dengan tanaman kumis kucing karena bentuk bunganya yang menyerupai kumis pada kucing. Biasa juga dijadikan tanaman hias, dibalik rupanya yang “unik” tanaman ini memiliki banyak khasiat dan manfaat untuk tubuh kita, Insya Allah dibawah akan kami paparkan apa saja manfaat kumis kucing untuk kesehatan dan cara mengolahnya sehingga bisa mengobati berbagai macam penyakit (dengan izin Allah).

Read more9 Manfaat Kumis Kucing Dan Cara Mengolahnya

10 Manfaat Kurma dan Jenisnya yang Populer di Indonesia

manfaat kurma

Kurma – Siapa yang tak tau dengan buah yang satu ini? Dibalik rasanya yang manis dan legit, terdapat banyak sekali khasiat dan manfaat yang bisa kita dapatkan. Salah satu manfaat kurma adalah untuk mengembalikan stamina tubuh kita.

Kurma yang dalam bahasa Arab disebut dengan تمر‎ (baca: Tamr) memiliki nama latin Phoenix Dactylifera yang merupakan jenis tanaman palma (batangnya tumbuh secara tunggal) dalam genus Phoenix, tingginya sekitar 25 meter-an, akarnya tumbuh tunggal sebagaimana tanaman palma pada umumnya.

Di bulan Ramadhan, menu ini wajib ada saat waktunya buka puasa atau sahur, kebiasaan ini sudah ada sejak zaman dahulu, tak heran jika masyarakat menyebutnya sebagai buah khas puasa/khas Ramadhan.

Pohon kurma banyak tumbuh subur dikawasan Timur Tengah (Arab, Libya, Iran, Iraq, Sudan, Al Jazair, dll) dikarenakan cuaca panas cocok untuk pertumbuhan tanaman kurma ini.

Masyarakat di Timur Tengah sudah menjadikan kurma sebagai makanan pokok sejak ribuan tahun lalu (±5200 SM). Semua itu berkat salah satu khasiatnya yang dapat mengurangi dehidrasi.

Read more10 Manfaat Kurma dan Jenisnya yang Populer di Indonesia