10 Manfaat Kurma dan Jenisnya yang Populer di Indonesia

Kurma – Siapa yang tak tau dengan buah yang satu ini? Dibalik rasanya yang manis dan legit, terdapat banyak sekali khasiat dan manfaat yang bisa kita dapatkan. Salah satu manfaat kurma adalah untuk mengembalikan stamina tubuh kita.

Kurma yang dalam bahasa Arab disebut dengan تمر‎ (baca: Tamr) memiliki nama latin Phoenix Dactylifera yang merupakan jenis tanaman palma (batangnya tumbuh secara tunggal) dalam genus Phoenix, tingginya sekitar 25 meter-an, akarnya tumbuh tunggal sebagaimana tanaman palma pada umumnya.

Di bulan Ramadhan, menu ini wajib ada saat waktunya buka puasa atau sahur, kebiasaan ini sudah ada sejak zaman dahulu, tak heran jika masyarakat menyebutnya sebagai buah khas puasa/khas Ramadhan.

Pohon kurma banyak tumbuh subur dikawasan Timur Tengah (Arab, Libya, Iran, Iraq, Sudan, Al Jazair, dll) dikarenakan cuaca panas cocok untuk pertumbuhan tanaman kurma ini.

Masyarakat di Timur Tengah sudah menjadikan kurma sebagai makanan pokok sejak ribuan tahun lalu (±5200 SM). Semua itu berkat salah satu khasiatnya yang dapat mengurangi dehidrasi.

Kemungkinan tanaman kurma berasal dari sekitar Teluk Persia, walaupun tempat aslinya tidak diketahui karena sudah lama dibudidayakan.

Kurma yang sudah masak biasanya terbagi menjadi empat kategori:

  1. Khalal (berukuran penuh).
  2. Tamr (dikeringkan).
  3. Imri (kurma muda).
  4. Rutab (lembut dagingnya).

Kandungan Nutrisi Kurma

manfaat-kurma
Pic by Google

Buah kurma memiliki serat pangan yang jumlahnya bergantung pada tingkat kematangan.

Kandungan nutrisi dan gizi kurma sangat beragam, kadar karbohidratnya tergolong tinggi, yang berasal dari gula alami diantaranya sukrosa, glukosa dan fruktosa yang semakin meningkat saat kurma matang.

Menurut riset yang dilakukan oleh International Journal Food Science Nutrition (IJFSN) ditahun 2003, terdapat ±13 mineral dalam kurma dengan kadar yang beragam, diantaranya kalsium, boron, tembaga, zat besi, kobalt, fosfor, fluorin, seng, sodium, mangan dan selenium.

Diantara semua mineral yang ada, magnesium dan potasium (kalium) lah yang paling unggul.

Kurma mengandung senyawa antioksidan diantaranya lutein, tannin, zea-xanthin dan beta karoten. Kurma juga memiliki vitamin C yang kadarnya sedikit serta vitamin B kompleks yang memiliki kadar tinggi.

Serta proteinnya mengandung ±23 tipe asam amino seperti asam oleat, linolenat, linoleat, dan palmitoleat. Dimana sebagian protein ini tidak ada dibuah lain.

(Lihat gambar tabel di atas untuk mengetahui kandungan nutrisi  didalam kurma kering per 100 gram).

Jenis-jenis Kurma

Manfaat Kurma

Seperti buah buahan lainnya, kurma juga memiliki berbagai macam jenis dan setiap jenisnya memiliki karakteristik masing masing. Diantara banyaknya jenis kurma yang ada, kita akan ulas beberapa jenis saja yang populer didunia. Karena ada banyak jenis yang hanya khusus dijual didaerahnya masing masing, bisa karena faktor jumlahnya yang sedikit atau faktor lainnya.

Berikut jenis jenis kurma yang populer dan banyak disukai oleh masyarakat Indonesia (mungkin juga negara lain, saya tidak tahu hehe)

1. Kurma Ajwa

manfaat kurma
Kurma Ajwa

Buahnya berwarna hitam pekat dan memiliki tekstur yang lembut, serta rasa buahnya yang manis membuatnya disukai banyak orang. Kurma ajwa merupakan kurma kesukaan Nabi Muhammad SAW, tak heran jika kurma ajwa disebut juga dengan kurma Nabi.

Dibalik rasanya yang enak, kurma ini juga memiliki gizi yang cukup lengkap untuk kesehatan tubuh kita, banyak kandungan gula, energy, kalsium, lemak jenuh, serat, protein dan lain lain. Selain itu, kurma yang satu ini memiliki kandungan vitamin A, B1, B6, B12, C, E, dan K.

Dibelahan dunia lain (selain Timur Tengah), kurma jenis ini termasuk yang banyak dibudidayakan dan banyak peminatnya, termasuk di Indonesia. Tak heran pada saat bulan puasa Ramadhan, jenis kurma ini paling banyak dijual belikan.

Bahkan kurma ajwa adalah salah satu jenis kurma yang banyak dibawa pulang oleh jamaah dari Indonesia ketika musim haji atau umrah tiba.

2. Kurma Zaghloul

kurma zaghoul
kurma zaghloul

Kurma zaghloul merupakan jenis kurma yang harganya cukup mahal, karena cara pengolahannya khusus dan masuk kedalam kategori kurma kering. Asal kurma jenis ini terdapat di negara Mesir dan sekitarnya, memiliki warna merah tua dan bentuknya seperti kulit melinjo.

3. Kurma Amer Hajj

Manfaat Kurma Amer Hajj
Kurma Amer Hajj

Kurma jenis ini disebut juga dengan kurma “Welcome Kurma” atau “the visitor’s date” yang artinya kurma selamat datang. Didaerah asalnya yakni Irak, kurma ini digunakan sebagai hidangan untuk menyambut tamu yang datang kerumah rumah mereka disaat musim panennya tiba.

Kurma Amer Hajj atau Amir Haji memiliki tekstur kulit lembut dan tipis, serta daging buahnya tebal dibandingkan dengan kurma kurma pada umumnya. Kurma ini juga banyak dijual di Indonesia disaat bulan Ramadhan tiba dan saya termasuk yang paling suka jenis kurma ini (curhat hehe).

4. Kurma Thoory

Manfaat Kurma Thoory
Kurma Thoory

Kurma Thoory atau orang biasanya menyebut Turi, memiliki warna kulit coklat agak kemerah-merahan, termasuk kurma kering yang bisa bertahan lama jika disimpan ditempat yang benar. Biasanya kurma ini berubah warna menjadi agak kebiru-biruan jika diawetkan.

Tekstur kulitnya keriput, serta memiliki daging yang keras (tidak sekeras batu sih hehe) dan memiliki rasa cukup manis, tak heran jenis kurma ini juga populer di Indonesia. Namun tak banyak yang tahu kurma ini berasal dari dataran Algeria.

Bagi anda yang sedang sakit gigi sebaiknya jangan mengkonsumsi kurma jenis ini, silahkan pilih jenis ajwa saja yang dagingnya lembut.

5. Kurma Deglet Nour

Manfaat Kurma Deglet Nour
Kurma Deglet Nour

Kepopuleran kurma yang empuk tetapi renyah ini membuatnya mendapat julukan sebagai “bread date” yang berarti kurma yang dicampur dengan roti. Tiap 100 g kurma deglet noor mengandung potassium 655.94 mg, fosfor 62.01 mg, magnesium 43.01 mg dan kalisum 39.01 mg, 282 kilokalori, karbohidrat 75 g dan protein 2,5 g. Serta kandungan nutrisinya cukup untuk memberi pasokan kebutuhan nutrisi per hari untuk tubuh kita.

Kurma ini banyak dijumpai di Algeria, Libya, Tunisia dan Amerika. Kata “Nour” memiliki arti cahaya, karena warna kulitnya coklat terang seperti cahaya matahari.

Deglet Nour termasuk kurma kering bagian kulit dan dagingnya, sehingga memiliki citra rasa tersendiri ketika memakannya, bukan hanya sekedar manis dan legit saja.

Termasuk kurma favorit di Amerika dan Inggris, disana biasa diolah menjadi campuran kue atau puding (untuk toppingnya), karena sifatnya yang kering dan rasanya manis.

Manfaat Kurma Untuk Kesehatan

Manfaat Kurma

Sebagaimana yang telah dijelaskan sebelumnya, menurut penelitian kandungan gizi dan vitamin pada kurma memang sangat banyak dan bagus untuk kesehatan manusia. Tak heran jika buah ini menjadi makanan favorit Nabi Muhammad SAW.

Sebenarnya banyak sekali manfaat kurma untuk kesehatan, namun disini kita akan membahas beberapa saja, sesuai dengan masalah kesehatan yang “umunya” dirasakan oleh masyarakat di Indonesia.

Manfaat Kurma Untuk Pencernaan

Berikut manfaat buah kurma untuk pencernaan kita:

Melancarkan Buang Air Kecil

Manfaat yang pertama adalah melancarkan buang air kecil (biasa disebut pipis). Buat anda yang memiliki masalah buang air kecil, ada baiknya anda mengkonsumsi kurma, minimal 2 buah setiap harinya, karena buah kurma bisa membantu melancarkan buang air kecil.

Hal tersebut dikarenakan manfaat dari salah satu kandungan nutrisi yang ada di buah kurma, sebagaimana yang diutarakan oleh sebuah jurnal penelitian di Universitas Riyad, Arab Saudi. Mulai rajinlah memakan buah kurma dari sekarang jika tidak ingin sulit pipis hehe…

Melancarkan Buang Air Besar

Kandungan serat yang ada pada buah kurma bisa memenuhi kebutuhan serat anda setiap harinya, disisi lain serat juga berguna untuk melancarkan buang air besar (BAK). Bagi anda yang memiliki masalah buang air besar, ada baiknya mulai rajin mengkonsumsi buah kurma setiap harinya.

Manfaat Kurma Untuk Organ Dalam

Berikut manfaat buah kurma untuk bagian organ dalam tubuh:

Mengatasi Anemia

Khasiat kurma berikutnya adalah mengatasi anemia. Kandungan zat besi pada buah kurma sangat tinggi dan jauh lebih aman dibandingkan jika anda harus mengkonsumsi obat obatan kimia.

Buah yang satu ini memiliki kandungan nutrisi yang tinggi, pada kurma terdapat zat besi yang baik untuk orang yang menderita anemia. Bagi anda yang menderita anemia, sangat dianjurkan untuk memakan buah yang satu ini setiap harinya, minimal 3 buah per hari.

Menjaga Kesehatan Tulang

Bagi anda yang ingin memiliki tulang kuat dan sehat sangat disarankan untuk rajin rajin mengkonsumsi buah ini. Kandungan kalsium yang ada pada buah ini sangat baik untuk kesehatan tulang anda.

Jika anda memiliki anak diusia pertumbuhan, disarankan untuk mengkonsumsi buah kurma, karena bagus juga untuk anak yang masih dalam masa pertumbuhan.

Menjaga Kesehatan Usus

Hampir sama seperti manfaat kurma sebelumnya (Melancarkan Buang Air Besar), dikarenakan kurma mengandung serat yang larut dan tidak larut, serta asam amino, sehingga bermanfaat untuk pencernaan makanan dan membuat pencernaan menjadi lebih efisien, artinya lebih banyak nutrisi akan diserap oleh sistem pencernaan.

Rutin mengkonsumsi kurma dapat menghambat perkembangbiakan organisme jahat dan dapat membantu pertumbuhan bakteri baik dalam tubuh, sehingga usus menjadi sehat.

Mengatasi Alergi Musiman

Mengkonsumsi buah kurma merupakan cara yang sangat ampuh dikarenakan kontribusi sulfur organik yang berasal dari kurma bisa mengurangi efek yang muncul akibat alergi musiman.

Kandungan sulfur organik dapat memiliki dampak positif pada penderita Seasonal Allergic Rhinitis (SAR), yang mempengaruhi ±24 juta penduduk USA (Amerika). Hasil tersebut merujuk pada penelitian Philip Fireman, di tahun 2002 (Pediatric otolaryngology vol 2).

Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat kurma selanjutnya adalah untuk menjaga kesehatan jantung. Pastinya anda tidak ingin jantung anda tidak sehat bukan? Karena jantung adalah elemen utama yang ada dalam tubuh. Supaya jantung sehat, anda cukup mengkonsumsi buah kurma minimal 3 buah setiap harinya. Itu karena pada kurma terdapat zat yang bisa membuat kondisi jantung menjadi lebih baik.

Menjaga Kesehatan Sistem Syaraf

Syaraf juga termasuk salah satu unsur utama yang ada dalam tubuh manusia. Kandungan nutrisi yang terdapat pada buah kurma sangat baik untuk menjaga kesehatan syaraf syaraf yang ada pada tubuh kita.

Potassium adalah salah satu bahan utama dalam memproduksi sistem syaraf yang sehat, serta meningkatkan kecepatan aktivitas otak. Maka dari itu, buah kurma merupakan sumber makanan yang baik bagi orang yang sudah mulai tua karena sistem syaraf mereka mulai menurun, dan juga bagi orang-orang yang ingin menjaga ketajaman pikiran atau ingatan mereka.

Menjadi masalah besar jika sistem syaraf kita sudah mulai terganggu, karena bisa berakibat fatal. Untuk menjaga kesehatan syaraf sebenarnya sangat mudah. Silahkan konsumsi kurma setiap harinya.

Dapat Mencegah Kanker

Buah kurma bekerja sebagai tonik yang bermanfaat untuk semua golongan usia (bayi, anak-anak, remaja, orangtua) dan dalam beberapa hal, kurma bekerja lebih baik dibandingkan pengobatan tradisional maupun modern, karena sifatnya yang alami, sehingga tidak memiliki dampak negatif pada tubuh manusia.

Karena penyakit yang satu ini memang sangat berbahaya dan mematikan sehingga sekarang ini semua orang sangat takut dengan kanker. Buah yang satu ini memang memiliki kandungan zat yang bisa mencegah radikal bebas dalam tubuh.

Bermanfaat Untuk Ibu Hamil dan Menyusui

Manfaat buah kurma yang terakhir adalah Buah kurma juga bermanfaat untuk ibu hamil dan menyusui, dikarenakan jumlah gizi yang ada dalam buah ini cukup kompleks, disarankan mengkonsumsi buah kurma dalam bentuk cair, baik dijus atau direndam didalam air selama 1 malam.

Hal tersebut dapat mempercepat penyerapan nutrisi dalam tubuh, sehingga sangat baik untuk ibu hamil maupun menyusui.

Ayo mulai rajin mengkonsumsi buah kurma dari sekarang 🙂

Semoga artikel ini bermanfaat..

Baca Artikel Lain Disini..

Tinggalkan komentar

%d blogger menyukai ini: