9 Manfaat Kumis Kucing Dan Cara Mengolahnya

Kumis Kucing –  Disebut dengan tanaman kumis kucing karena bentuk bunganya yang menyerupai kumis pada kucing. Biasa juga dijadikan tanaman hias, dibalik rupanya yang “unik” tanaman ini memiliki banyak khasiat dan manfaat untuk tubuh kita, Insya Allah dibawah akan kami paparkan apa saja manfaat kumis kucing untuk kesehatan dan cara mengolahnya sehingga bisa mengobati berbagai macam penyakit (dengan izin Allah).

Sejarah Kumis Kucing

manfaat kumis kucing
khasiatsehat(dot)com

Memiliki nama latin Orthosiphon Aristatus dan berasal dari keluarga tanaman Labiatae (Lamiaceae). Tanaman ini termasuk tumbuh subur di Indonesia, dikarenakan iklim tropis yang menyelimuti hampir sepanjang tahun dan sejatinya tanaman ini berasal dari wilayah Afrika bersuhu tropis. Tak jarang juga kita menemuinya dipinggir pinggir jalan, bagaikan tanaman liar yang tak terurus.

Di sebagian tempat, tanaman ini memiliki nama daerahnya masing-masih, seperti orang Jawa Tengah dan Jawa Timur biasa menyebutnya remujang, orang Madura menyebutnya songkot koceng, Sumatera menamakannya giri-giri marah dan orang Inggeris biasa menyebutnya dengan nama Java Tea atau Kidney tea plants.

Kumis kucing memiliki beragam khasiat dan manfaat untuk mengatasi berbagai macam penyakit, serta termasuk salah satu tanaman herbal asli Negeri ini.

Tanaman ini memiliki ciri-ciri umum sebagai berikut:

  • Tanaman tegak bercabang.
  • Memiliki akar tunggal.
  • Memiliki bentuk daun yang lonjong / bundar seperti bentuk daun pada umumnya.
  • Bunganya terdiri dari mahkota bunga dan benang sari.
  • Mahkotanya berwarna putih solid atau sebagiannya berwarna ungu.
  • Benang sarinya berwarna putih, bentuknya tipis dan panjang seperti kumis kucing.
  • Bagian biji bunganya berwarna putih kehitaman jika masih muda, dan coklat kehitaman jika sudah tua.

Manfaat Kumis Kucing

Penyakit yang biasa diobati menggunakan daun kumis kucing ini biasanya penyakit yang berkaitan dengan saluran air kemih, seperti kencing batu atau batu ginjal. Tanaman ini bisa juga digunakan untuk anti bakteri.

Untuk lebih jelasnya mengenai manfaat kumis kucing, berikut kami jabarkan beberapa manfaat dan cara mengolahnya menjadi obat herbal:

1. Mengobati Kencing Batu atau Batu Ginjal

manfaat kumis kucing
cakrawalasehat (blog)

Manfaat kumis kucing yang pertama adalah mengobati penyakit kencing batu atau batu ginjal, ini merupakan penyakit saluran kemih yang diakibatkan oleh menggumpalnya sisa sisa pencernaan yang ada didalam tubuh, sehingga menjadi keras dan bentuknya kristal (seperti gula batu).

Untuk mengeluarkannya bisa dilakukan dengan cara operasi ,membutuhkan biaya yang tidak sedikit atau mengkonsumsi obat herbal, sehingga kristal batu tersebut pecah dan keluar melalui saluran kemih (bisa terasa sakit jika ukuran kristal yang keluar cukup besar).

Ciri-ciri orang yang terkena penyakit ini adalah penyumbatan aliran saluran kemih atau infeksi pada kantong kemih, rasa nyeri yang hebat di area bawah pusat, mual mual, demam, dan yang parah mengakibatkan pendarahan.

Penyakit ini bisa dialami oleh pria dan juga wanita, namun lebih sakit jika dirasakan oleh pria dan presentasinya lebih tinggi dibandingkan dengan wanita.

Cara Mengolah Kumis Kucing

Bahan-bahan yang harus disiapkan sebagai berikut :

  • 2 helai bunga Kumis kucing
  • Air kelapa ijo 500 ml

Cuci hingga bersih lalu campur semua bahan ke dalam wadah teko dan rebus hingga kadar air menjadi 250 ml, minumlah 3 kali sehari.

2. Daun Kumis Kucing untuk Mengobati Keputihan

Keputihan (flour albus) biasanya berasal dari virus, bakteri, parasit, dan jamur. Merupakan penyakit yang biasa dialami oleh perempuan.

Keputihan ada 2 katagori, yaitu :

  • Keputihan patologis, terjadi rasa gatal di vagina dan area sekeliling vagina bagian luar. Gangguan ini terjadi akibat infeksi pada vagina.
  • Keputihan fisiologis, terjadi ketika perempuan memasuki masa suburnya, bisa juga terjadi sesudah atau sebelum menstruasi (Baligh) dan terjadi secara umum setiap bulannya.

Cara Mengolah Daun Kumis Kucing

Bahan-bahan yang harus disiapkan sebagai berikut :

  • 2 helai daun Kumis kucing
  • 2 helai daun sirih
  • 5 butir kemukus
  • Kayu rapat 1 jari telunjuk
  • Cengkeh 3 buah
  • Air 450 – 500 ml

Campurkan semua bahan didalam wadah teko lalu rebus hingga kadar air menjadi 260 ml (ukuran Aqua gelas), minumlah minimal 2 kali sehari.

3. Tanaman Kumis Kucing untuk Mengobati Rematik

manfaat kumis kucing
health(dot)liputan6(dot)com

Manfaat kumis kucing selanjutnya adalah mengobati rematik. Rematik merupakan penyakit yang menyerang bagian sendi, otot dan urat, dimana orang yang rematik berisiko terkena perbubahan bentuk sendi (deformitas) dan erosi tulang.

Penyebab utama dari penyakit ini belum terdeteksi secara pasti, menurut para ahli, penyakit ini bisa terjadi karena beberapa faktor, seperti faktor hormon, genetik dan infeksi dari virus tertentu.

Gejala penyakit ini adalah :

  1. Otot otot menjadi kaku atau lemas
  2. Nyeri tubuh pada bagian tertentu
  3. Radang sendi
  4. Perubahan bentuk sendi
  5. Adanya kontraksi otot
  6. Sendi menjadi kaku
  7. Fungsi sendi terganggu

Salah satu manfaat kumis kucing ini adalah untuk memelihara fungsi sendi supaya tetap membuat nyaman.

Cara Mengolah Tanaman Kumis Kucing

Bahan-bahan yang harus disiapkan sebagai berikut :

  • 4 helai bunga tanaman kumis kucing
  • 2 helai daun meniran
  • Air 750 ml (3 gelas kecil)

Cuci hingga bersih lalu campur semua bahan ke dalam wadah teko dan rebus hingga kadar air menjadi 300 ml, minumlah 3 kali sehari.

4. Mengobati Sakit Pinggang

manfaat daun kumis kucing
jellygamatgoldgplus(dot)com

Manfaat tanaman kumis kucing selanjutnya adalah mengobati sakit pinggang. Sakit pinggang biasa dialami oleh masyarakat kita, baik pekerja keras (kuli bangunan, kuli panggul, ojek online) maupun pekerja kantoran (biasanya terjadi akibat duduk terlalu lama).

Penyebabnya antara lain:

  1. Posisi tidur yang salah
  2. Kurang atau jarang berolahraga
  3. Menggunakan high hill dalam rentan waktu yang lama
  4. Kurang istirahat

Cara Mengolah Tanaman Kumis Kucing

Bahan-bahan yang harus disiapkan sebagai berikut :

  • 2 helai bunga kumis kucing dan daunnya
  • Air 750 ml (3 gelas kecil)

Cuci hingga bersih lalu campur semua bahan ke dalam wadah teko dan rebus hingga kadar air menjadi 300 ml, minumlah minimal 2 kali seminggu.

Jangan lupa juga untuk rajin berolahraga, tidur teratur, hindari rokok dan alkohol serta makanlah makanan yang sehat (perbanyak sayuran dan daging).

5. Manfaat Kumis Kucing untuk Menghilangkan Masuk Angin

Masuk angin merupakan penyakit yang umum dialami oleh manusia (segala usia). Penyakit ini biasanya diakibatkan oleh menumpuknya gas didalam tubuh, sehingga mengakibatkan penderitanya mual mual, tidak enak badan, perut kembung, dan selera makan yang hilang.

Jika tidak segera ditanggulangi maka bisa berakibat buruk bagi tubuh, masyarakat kita biasa menanganinya dengan cara dikerok, walaupun sejatinya cara tersebut tidak selalu berhasil.

Penyebab masuk angin antara lain karena kedinginan, kurang tidur, makan tidak teratur, kondisi imun tubuh yang lemah dan lain-lain.

Cara mengatasi masuk angin dengan kumis kucing

Bahan-bahan yang harus disiapkan adalah:

  • 2 helai bunga kumis kucing dan daunnya
  • Air 750 ml (3 gelas kecil)

Cuci hingga bersih lalu campur semua bahan ke dalam wadah teko dan rebus hingga kadar air menjadi 300 ml, minumlah minimal 1 kali seminggu.

6. Manfaat Bunga Kumis Kucing untuk Mengobati Batuk

manfaat tanaman kumis kucing
bobo(dot)grid(dot)id

Manfaat kumis kucing selanjutnya yaitu mengobati batuk. Batuk merupakan penyakit yang umum dialami oleh manusia (segala usia). Penyakit ini biasanya diakibatkan oleh alergi, kuman atau debu yang masuk dan merangsang selaput lendir. Ada beberapa katagori batuk, diantaranya, batuk berdahak (adanya lendir kental yang keluar), batuk kering, batuk ashma, dan lain-lain.

Selain mengobatinya dengan obat-obatan kimia, kita juga bisa mengobati batuk menggunakan ramuan tradisional (obat herbal)

Cara menghilangkan batuk dengan kumis kucing

Bahan-bahan yang harus disiapkan yaitu:

  • 2 helai bunga kumis kucing.
  • Jahe secukupnya
  • Air 500 ml

Cuci hingga bersih lalu campur semua bahan ke dalam wadah teko dan rebus hingga kadar air menjadi 250 ml, minumlah minimal 2 kali sehari saat batuk menyerang.

7. Khasiat Kumis Kucing untuk Asam Urat

manfaat kumis kucing
viva id

Penyakit ini terjadi karena adanya konsumsi zat purin yang berlebihan dan ginjal tidak mampu mengeluarkan zat tersebut, sehingga menyerang bagian sendi yang ada didalam tubuh kita dan membuat sendi terasa ngilu atau nyeri sendi.

Bagian seperti dengkul, tumit kaki, jari jemari tangan, pergelangan tangan serta siku biasanya rawan terkena menyakit ini. Biasanya gejala ini terjadi ketika bangun tidur dipagi hari.

Cara tradisional menghilangkan asam urat dengan kumis kucing

Bahan-bahan yang harus disiapkan adalah:

  • 2 buah daun kumis kucing.
  • Daun bidara 2 helai
  • Air 500 ml

Cuci hingga bersih lalu campur semua bahan ke dalam wadah teko dan rebus hingga kadar air menjadi 250 ml, minumlah minimal 1 kali sehari saat asam urat menyerang.

8. Manfaat Kumis Kucing untuk Mengobati Sembelit

Penyakit ini terjadi karena adanya konsumsi zat purin yang berlebihan dan ginjal tidak mampu mengeluarkan zat tersebut, sehingga menyerang bagian sendi yang ada didalam tubuh kita dan membuat sendi terasa ngilu atau nyeri sendi.

Bagian seperti dengkul, tumit kaki, jari jemari tangan, pergelangan tangan serta siku biasanya rawan terkena menyakit ini. Biasanya gejala ini terjadi ketika bangun tidur dipagi hari.

Penyakit sembelit ini terjadi akibat pengerasan tinja didalam tubuh, sehingga buang air besar menjadi sulit dan tidak teratur. Biasanya penyakit ini terjadi akibat kurangnya makan makanan berserat, kurang konsumsi buah buahan dan sayur sayuran, serta pola makan yang tidak baik.

Gejalanya bisa berupa kram pada perut, sering buang angin, kurangnya nafsu makan, sulit buang air besar, sakit saat buang air besar, vertigo dan lain sebagainya (sakit pada bagian perut serta anus).

Cara mengatasi sembelit dengan kumis kucing

Bahan-bahan yang harus disiapkan adalah:

  • 3-5 helai bunga kumis kucing.
  • Air 500 ml

Cuci hingga bersih lalu campur semua bahan ke dalam wadah teko dan rebus hingga kadar air menjadi 250 ml, minumlah minimal 1 kali sehari saat asam urat menyerang.

Jangan lupa juga untuk selalu berolahraga, minum air putih, makan buah dan sayuran secara teratur.

Salah satu buah yang bisa menambah energy saat berolah raga adalah buah kurma, silahkan lihat disini untuk mengetahui manfaat buah kurma lainnya.

9. Melancarkan Saluran Air Seni

Kumis kucing cukup ampuh untuk mengobati saluran seni yang bermasalah, yang biasanya terjadi akibat infeksi pada kantung kemih / saluran kemih yang disebabkan adanya bakteri escherishia coli, sehingga proses buang air kecil menjadi terhambat.

Gejalanya berupa hampir sama dengan penyakit batu ginjal atau kencing batu.

Cara mengolah kumis kucing untuk melancarkan saluran kencing

Bahan-bahan yang harus disiapkan sebagai berikut :

  • 2 helai bunga Kumis kucing
  • Air 500 ml

Cuci hingga bersih lalu campur semua bahan ke dalam wadah teko dan rebus hingga kadar air menjadi 250 ml, minumlah 2 kali sehari (pagi dan sore).

 

Demikian ulasan tentang beberapa Manfaat Kumis Kucing, semoga bermanfaat 🙂

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: