Kisah Nabi Nuh dan Dahsyatnya Azab dari Allah

Kisah Nabi Nuh merupakan salah satu kisah mengenai keikhlasan dan dahsyatnya azab dari Allah SWT. Nabi Nuh merupakan keturunan dari Matta bin Shalih bin Idris (beberapa generasi dari Nabi Adam). Setelah Nabi Idris meninggal perilaku masyarakat semakin menyimpang dan jauh dari ajaran islam.

Nabi Nuh termasuk Nabi yang Allah utus dengan usia yang cukup panjang, ada beberapa pendapat yang mengatakan bahwa usia beliau mencapai seribu tahun, ada juga yang berpendapat lebih dari itu.

Tapi, dengan rentang usia yang begitu panjang, dakwah yang dilakukan oleh Nabi Nuh tidak berjalan mulus-mulus saja. Banyak sekali hambatan dan rintangan yang harus beliau hadapi. Bahkan didalam keluarga besar beliau sendiri.

Umat yang mengikuti dakwah beliau untuk berislam juga termasuk sedikit, hanya sekitar ratusan orang saja. Bayangkan, berdakwah selama ratusan tahun namun hanya segelintir orang yang mau tunduk dan mengikutinya.

Itulah segelintir kisah dakwah beliau selama hidupnya. Untuk lebih jelasnya, silahkan simak kisah dibawah ini.

Kezhaliman Kaum Nabi Nuh AS

kisah nabi nuh serta dahsyatnya azab kaum nabi nuh
ebookanak

Kisah Nabi Nuh yang pertama mengenai kezaliman kaumnya. Sepeninggal Nabi Idris, masyarakat kembali menyembah berhala. Mereka membuat berhala yang diletakkan di sungai Eufrat. Berhala-berhala tersebut dinamai Suwa’, Wadd, Ya’uq, Yaghuts dan Nasr. Nabi Nuh sendiri ditugaskan oleh Allah di sebuah daerah yang sangat sederhana.

Daerah tersebut dilalui oleh sungai Tigris dan sungai Eufrat. Kezaliman kaum Nabi Nuh semakin menjadi-jadi, yang kaya menindas yang miskin dan yang kuat menindas yang lemah.

Kekayaan yang melimpah serta kejayaan membuat kaum Nabi Nuh menjadi sombong. Mereka yang miskin akan dipandang sangat rendah, harta yang menjadi tolak ukur harga diri dan martabat seseorang. Pada masa itu budak diperlakukan dengan sewenang-wenang seperti binatang.

Melihat hal tersebut Allah SWT memerintahkan Nabi Nuh agar mengajak kaumnya kembali ke jalan yang benar. Secara perlahan Nabi Nuh pun mulai menyampaikan ajaran-ajaran islam kepada kaumnya.

Dalam Al-Qur’an surat Huud ayat 25-26 ditulis jika Nabi Nuh berkata yang artinya adalah:

“Sesungguhnya telah kuperingatkan kamu mengenai siksaan Allah yang pedih, aku juga memberitahumu agar kembali ke jalan keselamatan. Maka dari itu, sembahlah Allah dan jangan menyukutukan-Nya. Karena yang aku khawatirkan adalah jika kamu menyekutukan-Nya, Allah SWT akan menyiksa dengan siksaan yang pedih pada hari kiamat”.

Namun yang sangat disayangkan adalah kaum Nabi Nuh malah mencemooh ajakan Nabi Nuh untuk kembali ke jalan yang benar. Selain itu, mereka yang ingkar juga menganggap remeh Nabi Nuh dan beberapa pengikutnya yang miskin.

Pemimpin para kaum kafir pun mengatakan jika mereka melihat Nabi Nuh seperti manusia lainnya yang tidak memiliki kelebihan apapun serta merupakan pendusta. Mereka juga mengatakan bahwa pengikut Nabi Nuh adalah kaum yang hina dan mudah percaya.

Doa Nabi Nuh Terhadap Kaumnya

kisah nabi nuh serta dahsyatnya azab kaum nabi nuh
ebookanak

Melihat sikap kaumnya yang ingkar dan tidak mengindahkan peringatan yang diberikan Nabi Nuh pun merasa kesal lalu memanjatkan doa kepada Allah SWT. Nabi Nuh berdoa kepada Allah bahwa sesungguhnya ia telah memerintahkan dan menyerukan kepada kaumnya agar beriman kepada Allah.

Nabi Nuh juga sudah mengajak kaumnya untuk tidak lagi menyembah berhala dan sangat berharap agar umatnya beriman kepada Allah SWT. Tidak sedetikpun Nabi Nuh melewatkan waktu untuk terus mengajak umatnya agar beriman kepada Allah.

Namun ternyata apa yang diharapkan adalah sia-sia, kaum Nabi Nuh semakin menjadi-jadi  dan semakin membangkang. Setiap kali Nabi Nuh menyampaikan ajaran islam dan mengajak kaumnya bertaubat, mereka malah menutup telinga mereka dengan menggunakan ujung jari.

Pembangkangan yang dilakukan pun semakin menjadi-jadi, mereka menutup mukanya dengan baju setiap bertemu dengan Nabi Nuh agar tidak melihat Nabi Nuh.

Hal tersebut juga dilakukan dengan maksud untuk tidak mendengarkan dakwah atau seruan yang Nabi Nuh berikan.

Nabi Nuh berkata “mohonlah ampun kepada Allah dan betobatlah dari kemaksiatan serta kekafiran. Sesungguhnya Allah menerima tobat dari hambaNya, memaafkan serta memberikan pahala atas isitighfar dan tobatmu…”

Kisah Nabi Nuh Membuat Kapal

kisah nabi nuh serta dahsyatnya azab kaum nabi nuh

Melihat kondisi umatnya yang kafir serta harapan agar mereka bertobat semakin pupus, Nabi Nuh pun berdoa kepada Allah agar memberikan ganjaran yang pedih kepada kaumnya. Allah SWT mengabulkan doa Nabi Nuh dan memerintah Nabi Nuh mengajak umat muslim mempersiapkan alat guna menyelamatkan diri.

Allah SWT pun memerintahkan Nabi Nuh untuk membuat kapal. Nabi Nuh pun segera melaksanakan perintah tersebut dan membuat kapal bersama pengikutnya.

Kaum yang kafir mengejek Nabi Nuh dan kaumnya karena membuat kapal. Dalam surat Huud ayat 38-39 disebutkan jika Nabi Nuh menanggapi ejekan tersebut dengan menyebutkan bahwa kelak kaum kafir tersebut akan mengetahui siapa yang pada akhirnya tertimpa azab dari Allah.

kisah nabi nuh serta dahsyatnya azab kaum nabi nuh

Azab Terhadap Kaum Nabi Nuh AS

kisah nabi nuh serta dahsyatnya azab kaum nabi nuh

Kisah Nabi Nuh yang paling popular mengenai azab yang diberikan terhadap kaum beliau.

Setelah proses pembuatan kapal selesai, Allah SWT memerintahkan Nabi Nuh untuk mengumpulkan setiap jenis hewan berpasangan. Tujuannya adalah agar mereka berkembang biak, karena kelak setelah Allah menurunkan azab-Nya, semua makhluk hidup akan musnah kecuali mereka yang ikut Nabi Nuh masuk ke dalam kapal.

Nabi Nuh menyerukan kepada kaumnya agar segera masuk ke dalam kapal dengan memasukkan hewan-hewan tersebut juga sembari menyebut nama Allah.

Nabi Nuh dan kaumnya berdoa kepada Allah, karena pada akhirnya nanti yang menyelamatkan mereka bukanlah kapal melainkan kuasa Allah SWT.

Ketika semuanya sudah masuk ke dalam kapal dan kapal sudah siap berlayar, Allah menurunkan hujan lebat. Selain itu, Allah juga menyuruh bumi untuk mengelurkan air dari segala penjuru. Air dari langit dan bumi pun berkumpul hingga terjadilah bencana air bah yang menerjang seluruh pemukiman kaum Nabi Nuh.

Kisah Istri dan Putra Nabi Nuh Yang Tenggelam

kisah nabi nuh serta dahsyatnya azab kaum nabi nuh
ebookanak

Putra Nabi Nuh adalah seorang putra yang durhaka. Dia kafir dan ingkar kepada Allah, pada saat hujan turun, Nabi Nuh sudah menyerukan kepada anaknya untuk naik ke dalam kapal dan beriman kepada Allah.

Namun sayangnya pada saat tersebut pun putra Nabi Nuh tetap ingkar dan durhaka. Dengan kesombongannya putra Nabi Nuh mengatakan akan naik ke atas gunung yang tidak terjangkau air sehingga bisa selamat.

Begitu pula dengan istri beliau yang enggan untuk naik ke atas perahu karena menganggap hal tersebut ialah hal bodoh.

Istrinya berpikir mengapa harus menaiki perahu disaat cuaca masih terang benderang seperti ini. Itulah salah satu cobaan untuk Nabi Nuh yang Allah berikan kepadanya.

Dalam pikiran anak Nabi Nuh dan istrinya, hujan dan bencana air bah adalah peristiwa alam yang biasa terjadi.

Dan pada akhirnya putra dan istri Nabi Nuh pun tenggelam bersama kaum kafir. Demikian adalah sekelumit cerita mengenai Kisah Nabi Nuh.

Kisah Wafatnya Nabi Nuh As

Mengenaik kisah Nabi Nuh saat wafat, terdapat cerita yang mashur bahwasannya beliau sakit dahulu sebelum ajalnya tiba. Ada juga yang menceritakan bahwa beliau didatangi oleh malaikan maut yang membawakan air dari syurga dan menyuruh Nabi Nuh untuk meminumnya, setelah beliau meminumnya maka beliaupun meninggal dunia.

 

Demikianlah sedikit kisah nabi Nuh, semoga bermanfaat.

Wallahu’alam…

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: