Jenis Tanaman Hias Yang Bikin Rumah Kamu Kece

Jenis Tanaman Hias – Pernah gak sih kalian melihat suasana rumah yang terasa gersang, sepi, atau “horor”? Atau mungkin rumah kalian yang seperti itu? Jangan sampai ya Gens, rumah seperti itu kayak tak berpenghuni loh.

Selain warna rumah yang terlihat “segar” unsur lain juga harus diperhatikan loh gens! Salah satunya adalah dengan menambah pernak pernik tanaman hias untuk rumah kamu.

Ada banyak model tanaman hias yang bisa kamu pilih untuk membuat suasana rumah kamu menjadi lebih “hidup” loh gens, mulai dari model tumbuhan yang merambat, terna, perdu, semak dan pepohonan juga bisa kamu gunakan loh, asalkan ukurannya sesuai (proporsional).

Jenis Tanaman Hias Bunga dan Daun

jenis tanaman hias

Berikut ini kami berikan pengetahuan untuk kamu yang ingin menghiasi ruang dirumah menjadi lebih indah dan nyaman.

Untuk lebih lengkapnya, yuk simak ulasan berikut ini dan jangan lupa dicoba dirumahmu ya! 🙂

Lidah Buaya (Aloevera)

jenis tanaman hias
Instagram.com

Jenis tanaman hias yang pertama yaitu lidah buaya. Kita pastinya sudah sering melihat lidah buaya menjadi penghias teras rumah, tak heran karena tumbuhan ini sudah dikenal sejak ribuan tahun silam.

Memiliki nama latin Aloe vera yang berasal dari dataran Afrika, keberadaannya memang tidak pernah mati sebagai tanaman hias dan bisa juga digunakan sebagai penyubur rambut, mengobati luka luar, dan untuk merawat kulit.

Penempatan:

Modelnya yang unik, menjadikannya sangat cocok ditenpatkan diberbagai sudut ruangan, baik ruang tamu, tempat belajar, dan bisa juga ditempatkan di teras-teras rumah.

Perawatan:

Cara merawatnya pun tergolong mudah, hanya dengan minyiram air secukupnya apabila tanah telah kering.  Sebaiknya, tempatkanlah pada area yang teduh agar mendapatkan sinar matahari yang cukup.

Karena jika salah merawatnya, lidah buaya akan mati.

Harga:

Harga tanaman ini bervariasi, mulai dari 20.000 hingga ratusan ribu rupiah, tergantung model dan ukurannya.

Tanpa bergantung pada tren, lidah buaya termasuk salah satu tanaman hias yang tak mengalami pasang surut.

Oh ya,, Selain berguna untuk tanaman hias, lidah buaya juga bermanfaat untuk kesehatan loh, silahkan baca artikel kami tentang manfaat lidah buaya supaya wawasan kamu lebih luas lagi.

Tanaman Lidah Mertua (Sansevieria)

jenis tanaman hias siklok
Instagram.com

Tanaman dengan nama latin Sansevieria ini berasal dari dataran Afrika, sama seperti lidah buaya, tanaman ini memiliki karakteristik yang hampir sama juga dengan lidah buaya. (Mentang-mentang sama sama lidah hehe)

Penempatan:

Keberadaan lidah mertua memang tidak pernah mati sebagai tanaman hias, modelnya yang unik, menjadikannya sangat cocok ditenpatkan diberbagai sudut ruangan, baik ruang tamu, tempat belajar, dan bisa juga ditempatkan di teras-teras rumah.

Perawatan:

Cara merawatnya pun tergolong mudah, hanya dengan minyiram air secukupnya apabila tanah telah kering, dan sebaiknya, tempatkan pada area yang teduh agar mendapatkan sinar matahari yang cukup.

Karena jika salah merawatnya, lidah mertua akan layu dan tidak sedap dipandang.

Harga:

Harga tanaman ini bervariasi, mulai dari 50.000 hingga ratusan ribu rupiah, tergantung model dan ukurannya.

Tanpa bergantung pada tren, lidah mertua termasuk salah satu tanaman hias yang tak mengalami pasang surut.

Tanaman Hias Siklok (Agave Tequila)

jenis tanaman hias siklok
Instagram.com

Jenis tanaman hias selanjutnya adalah siklok atau dalam bahasa latin dikenal dengan nama Agave tequila merupakan tanaman hias yang berasal dari Meksiko. Tanaman ini tumbuh di tempat yang tingginya lebih dari 1.500 meter dan tumbuh di tanah gembur dan berpasir.

Bentuk tanaman yang ini, daunnya seperti pedang dengan warna hijau dibagian tengah dan warna kekuningan di tepiannya.

Penempatan:

Cocok ditempatkan diteras (depan, belakang, kanan, kiri) rumah kamu, jika ingin terasmu terlihat lebih asri silahkan coba jenis tanaman hias yang satu ini.

Perawatan:

Kamu hanya perlu menyiramnya setiap pagi hari dan memberi pupuk setiap 2 minggu sekali. Tanaman siklok ini cukup tahan terhadap paparan sinar matahari.

Harga:

Harga tanaman ini cukup terjangkau dan tidak menguras dompetmu, mulai dari 50 ribu hingga 150 ribu rupiah (ukurannya) kalian sudah bisa membawa pulang tanaman ini beserta potnya.

Tanaman Hias Bunga Krisan (Chysanthemum)

jenis tanaman hias krisan
Instagrma.com

Bunga yang satu ini berasal dari negara Jepang dan memiliki lebih dari 45 jenis, dalam bahasa Jepang disebut dengan kiku (キク ).

Disana bunga krisan biasa digunakan untuk campuran teh, karena wanginya yang khas dan menambah cita rasa minum teh.

Bunga krisan biasa disebut oleh masyarakat dengan nama bunga seruni, jenis tumbuhan berbunga ini memang cocok untuk hiasan dirumah kamu. Lebih hebatnya, bunga seruni ini mampu menetralkan udara disekitarnya dari bahaya virus dan bakteri yang tidak terlihat.

Penempatan:

Jenis tanaman hias ini cocok diletakkan ditempat yang sering dilalui oleh orang, seperti ruang tamu, disamping tv, tempat makan, sekitar tangga, dan tempat tempat lainnya. Bisa juga digunakan sebagai tanaman gantung untuk mengganti suasana ruanganmu.

Perawatan:

Ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan jika ingin memiliki jenis tanaman hias ini, diantaranya selalu siram bunga ini setiap pagi dan malam, dan jangan sampai terpapar sinar matahari secara langsung, karena hal ini dapat membuatnya layu dan mati. Suhu 5° – 30° Celcius adalah suhu yang ideal untuk tanaman hias yang satu ini.

Harga:

Bunga krisan ini dijual dengan harga yang berfariasi, tergantung jenis dan ukurannya. Di salah satu e-commerce dijual dengan harga yang paling murah 75 ribuan (belum dengan pot).

Jenis Tanaman Hias Kaktus

jenis tanaman hias kaktus
Instagram.com

Jenis tanaman hias berikutnya yaitu kaktus, tanaman yang mengganti jaringan daunnya menjadi duri ini biasanya terlihat difilm-film atau kartun dengan latar belakang padang tandus. Kaktus ini sebenarnya bisa digunakan menjadi hiasan didalam rumah kamu loh.

Asalkan ukurannya yang kecil aja ya gens, jangan yang besar, nanti bisa bisa banyak korban karena duri durinya yang tajam hehe…

Sebagian sejarawan menilai tanaman ini berasal dari dataran Amerika Latin, dikarenakan banyak kaktus yang tumbuh disana.

Penempatan:

Pilihlah yang ukurannya mungil jika ingin menempatkannya disudut sudut rumah kamu dan jika kamu memiliki anak kecil, usahakan meletakkannya jauh dari jangkauan anak anak. Karena durinya yang tajam, hal tersebut dapat membahayakan anak kecil, hati hati ya gens…

Perawatan:

Karena biasa hidup dipadang tandus, tanaman ini tidak perlu perawatan khusus, hanya kamu harus rajin rajin saja menyiramnya dengan air minimal sepekan 3 kali.

Harga:

Harga tanaman kaktus terbilang cukup murah, hanya dengan 30 ribu an kamu bisa membuat suasana rumahmu menjadi lebih indah.

Tanaman Hias Herbal Kumis Kucing

jenis tanaman herbal kumis kucing
Instagram.com

Jenis tanaman hias selanjutnya adalah kumis kucing. Memiliki nama latin Orthosiphon Aristatus dan berasal dari keluarga tanaman Labiatae (Lamiaceae).

Tanaman ini termasuk tumbuh subur di Indonesia, dikarenakan iklim tropis yang menyelimuti hampir sepanjang tahun dan sejatinya tanaman ini berasal dari wilayah Afrika bersuhu tropis. Tak jarang juga kita menemuinya dipinggir pinggir jalan, bagaikan tanaman liar yang tak terurus.

Bukan hanya bisa digunakan sebagai tanaman hias, kumis kucing juga bisa kamu jadikan sebagai obat herbal untuk berbagai macam penyakit.

(Sebaiknya kamu membaca manfaat kumis kucing untuk kesehatan, jika ingin mengetahui lebih detail tentang khasiat tumbuhan ini)

Penempatan:

Jenis tanaman hias ini cocok diletakkan halaman rumah, bisa di halaman depan atau juga halaman belakang rumah kamu.

Perawatan:

Karena banyak tumbuh dipinggir pinggir jalan, jelas tumbuhan ini tidak memerlukan perawatan khusus. Kamu cukup menyiramkannya dengan air setiap pagi hari dan saat tanahnya kering, kumis kucing juga cukup kebal dengan paparan sinar matahari langsung.

Harga:

Bibitnya dijual dengan harga murah, mulai 12 ribuan, dan untuk yang sudah mulai tumbuh, harganya kisaran 50 ribu sampai 100 ribuan saja, murahkan??

Bunga Matahari (Helianthus Annuus)

jenis tanaman hias matahari
Instagram.com

Tanaman yang menjadi bunga resmi negara bagian Kansas (Amerika) dan bunga nasional negara Ukraina ini memiliki bentuk bunga yang indah, daun bunganya berwarna kuning dan bagian tengahnya berwarna coklat dan memiliki diameter bunga sekitar 20-30 cm.

Hal unik dari tanaman ini adalah bunganya selalu condong ke arah matahari, karena hal tersebut orang Prancis biasa menyebutnya dengan istilah tournesol atau “pengelana matahari”.

Penempatan:

Jenis tanaman hias ini cocok diletakkan halaman rumah, bisa di halaman depan atau juga halaman belakang rumah kamu.

Perawatan:

Merawat tanaman ini terbilang gampang gampang sulit, kamu harus teratur menyiraminya setiap pagi dan sore hari, serta memberinya pupuk setiap 1 minggu sekali.

Harga:

Walupun tanaman ini sifatnya yang musiman, harga tanaman ini tidak terlalu menguras dompet kamu loh,. Untuk bibitnya dijual dengan harga minimal 40 ribuan per 250 gram.

Tanaman Hias Daun Kuping Gajah

jenis tanaman hias
Instagram.com

Jenis tanaman hias selanjutnya adalah kuping gajah (Anthurium Chrystalinum), dibalik ukuran daunnya yang besar namun bisa memberikan nuansa sejuk dan ramah, tanaman ini cocok untuk melengkapi hiasan dirumah kamu loh.

Tanaman ini juga sering kita jumpai dipinggir jalan, tak heran jika sejak dahulu kuping gajah telah dijadikan tanaman hias. Kuping gajah juga termasuk tanaman yang tidak bergantung pada musim tertentu seperti beberapa tanaman hias lainnya.

Penempatan:

Tanaman ini cocok ditempatkan dimana saja asalkan ukurannya disesuaikan, misalkan kamu ingin meletakkannya digantung di teras rumah, maka pilihlah ukuran yang kecil, agar tidak terlihat gersang dan memakan tempat.

Perawatan:

Merawat kuping gajah sangat mudah, cukup tempatkan di tempat yang teduh dan paparan sinar matahari langsung lebih baik, jangan lupa menyiramnya minimal sepekan 3 kali.

Harga:

Untuk ukuran yang kecil harganya dikisaran 30 ribu sampai 40 ribu rupiah saja, cukup murah kan?

Jenis Tanaman Hias Bunga Mawar

jenis tanaman hias mawar
Instagram.com

Jenis tanaman hias yang terakhir yang akan kita bahas adalah mawar. Bunga yang biasa digunakan sebagai simbol rasa kasih sayang dan cinta ini bisa juga untuk menghiasi halaman rumah. Selain membuat indah rumahmu, tanaman ini juga berfungsi bagi kesehatan loh gens, diantaranya terapi untuk menghilangkan rasa sakit kepala, stress atau depresi karena baunya yang harum serta khas.

Siapa sangka bunga ini juga memiliki lebih dari 100 jenis didunia loh gens, mungkin kita hanya mengenal beberapa macam aja ya, seperti pink, putih, dan hitam.

Penempatan:

Jenis tanaman hias ini cocok ditempatkan di halaman rumah kamu, tapi perlu juga pengawasan terhadap anak kecil ya, karena batangnya memiliki duri tajam.

Perawatan:

Kalian harus rutin melakukan pemangkasan, pemberian pupuk setiap pekannya dan siram dengan air setiap hari. Jangan sampai bunga yang indah ini menjadi tidak enak dilihat atau mati.

Harga:

Bunga ini terbilang cukup mahal, harganya berkisar antara 100 ribu sampai 300 ribuan, tergantung jenis mawarnya.


 

Informasi tambahan untuk kamu yang mulai menanam tanaman hias di rumah, perhatikan hal-hal berikut ini ya 🙂

  • Pembersihan hama

Membasmi hama harus dilakukan secara berkala, sehingga tanaman yang kamu tanam tidak cepat layu atau mati. Pembersihan hama bisa dilakukan dengan 2 cara:

  1. Manual: dengan tangan, cabutlah rumput atau tanaman parasit disekitar tanaman hias kamu.
  2. Secara kimiawi: yaitu dilakukan dengan memberikan herbisida, herbisida yang di pilih karena mampu membunuh hama, namun tidak menyakiti tanaman hias.

Tinggalkan komentar

%d blogger menyukai ini: