Contoh dan Cara Membuat Surat Izin Kerja, Sekolah, Kuliah, DLL.

Contoh Surat Izin Sekolah – Assalaamu alaikum manteman? Apa kabar? Semoga dalam keadaan sehat wal afiat ya.

Kali ini kami akan memberikan pembahasan tentang contoh dan cara membuat surat izin yang baik dan benar. Sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia dan adab yang baik.

Biasanya surat izin digunakan untuk mengabarkan/ memberikan informasi dan alasan kepada seseorang kenapa ia tidak bisa hadir atau datang.

Contohnya ketika ada seorang karyawan yang sakit lalu tidak bisa berangkat kerja. Maka ia harus memberikan surat izin kepada atasannya atau teman kerjanya untuk menyampaikan informasi tersebut (tidak bekerja), agar orang lain tahu, kenapa dia tidak masuk kerja.

Contoh lainnya seperti anak sekolah/ kuliah yang sakit dan tidak bisa berangkat ke sekolah/ kampus. Maka harus  izin kepada guru/ dosennya supaya mengetahui alasan si anak tidak masuk sekolah/ kuliah.

Karena jika hal tersebut tidak dilakukan bisa berakibat kepada kredibilitas seseorang, kalo di pekerjaan bisa saja dikurangi gajinya atau yang paling parah bisa dipecat dari pekerjaannya, jika hal tersebut (tidak ada surat izin kerja) dilakukan berulang- ulang.

Jika pada siswa atau mahasiswa bisa berpengaruh terhadap nilai akhir yang akan mereka dapatkan.

Sebelum melanjutkan ke pembahasan contoh surat izin Sekolah, kerja, dll. Ada bagusnya kamu menyimak dulu ilmu dibawah ini. Apa tujuan dari surat izin, bagaimana tata cara penulisannya, kosa kata yang tepat untuk digunakan sesuai dengan kondisi dan keadaan. Serta penjelasan lainnya silahkan disimak ya.

Jenis-Jenis Surat Izin

source: prox art

Berikut ini beberapa jenis surat izin yang biasanya dibuat untuk kebutuhan tertentu, yaitu:

  • Surat izin kerja
  • Surat izin mengajar
  • Surat izin usaha
  • Surat izin cuti
  • Surat izin sekolah
  • Surat izin kuliah
  • Surat izin peminjaman ruangan
  • Surat izin mendirikan bangunan

Dan masih banyak jenis yang lainnya, di artikel ini kami akan membahas beberapa jenis surat izin saja. Silahkan disimak ya manteman 🙂

Cara Membuat Surat Izin

contoh surat izin
hijapedia

Cara membuat surat izin sendiri sebenarnya disesuaikan dengan kebutuhan dan alasannya. Tentu berbeda antara surat izin sekolah, kerja, cuti, usaha dan peminjaman ruangan.

Maka dari itu pembuatannya pun perlu penyesuaian dengan kondisi dan tujuannya. Tapi secara umum susunan untuk membuat surat izin hampir semuanya sama, hanya beberapa hal saja yang sedikit membedakan.

Susunan Surat Izin

Untuk susunan penulisan surat izin biasanya memiliki model yang sama, hanya saja ada sedikit penyesuaian kata yang digunakan didalamnya, berikut ini adalah susunan yang digunakan untuk membuat surat izin:

  • Tanggal pembuatan surat

Berisikan tanggal, bulan dan tahun surat itu dibuat, diletakan diatas surat atau dibawahnya, disesuaikan dengan kebutuhan.

  • Penerima surat

Memuat nama atau jabatan penerima surat, seperti pimpinan/ atasan tempat kerja, wali kelas, bagian perpustakaan, bagian lab komputer, kepala sekolah, rektor, kepala prodi, dan yang lainnya. Biasanya didahului dengan kata “kepada” atau “Yth.” atau bisa juga tidak disingkat seperti “Yang Terhormat”.

Kata tersebut dipilih salah satu saja sesuai dengan kebutuhan, tidak perlu disertakan dua-duanya.

  • Alamat tujuan surat
  • Salam pembuka

Kalimat pembuka bisa berisikan salam atau selamat pagi, sore atau malam. Di sesuaikan saja dengan kebutuhan kamu.

  • Kalimat pembuka

Berisi informasi sekilas, minimal nama pembuat surat tersebut, misalkan saat hari sekolah kamu ingin izin pergi ke luar kota dengan keluarga kamu karena suatu urusan, maka bisa saja yang membuat surat izin tersebut ialah orang tua kamu. Sehingga yang dicantumkan sebagai pembuat surat adalah nama orang tua kamu.

Ada juga info tambahan, seperti: saya bagian HRD tidak bisa hadir karena…, saya mahasiswa hukum semester 6 dan sejenisnya.

  • Isi surat (alasan izin)

Alasan kamu izin menjadi unsur inti dari surat tersebut, maka sebaiknya berikan informasi yang logis dan jujur ketika kamu membuat surat izin. Hal itu bertujuan agar surat izin kamu dapat dimaklumi dan dipahami oleh penerima surat.

  • Penutup

Berisi kata-kata penutup yang pantas untuk diucapkan, disesuaikan dengan tujuan surat tersebut di buat.

  • Salam penutup

Karena di awal surat sudah di buka dengan salam, ada baiknya diakhiri juga dengan salam penutup

  • Tanda tangan

Tanda tangan juga harus disertai dengan nama lengkap si pembuat surat, tanda tangan berfungsi untuk meyakinkan si penerima surat bahwa surat tersebut tidak di rekayasa.

Demikianlah susunan surat izin yang biasanya (umum) digunakan, biasanya perbedaannya hanya pada kalimat yang ditulis, tergantung jenis surat izin yang dibuat.

Contoh Surat Izin Kerja

contoh surat izin sekolah
source:PojokBisnis.com

Sebagai manusia biasa, ada kalanya kita memiliki halangan untuk masuk kerja seperti biasa. Entah itu karena sakit atau ada keperluan lainnya yang lebih prioritas.

Hal tersebut membuat kamu mau tidak mau harus melakukan izin kerja dihari tersebut. Untuk itu perlu surat izin sebagai informasi kepada atasan kamu dan menjelaskan alasan kamu izin kerja.

Berikut adalah contoh surat izin kerja yang baik.

Izin Kerja Karena Sakit

contoh surat izin sekolah
source: rocketmanajemen

 

Izin Kerja Lainnya

Berikut ini adalah contoh lain dari surat izin kerja karena urusan prioritas lainnya, seperti menghadiri acara pernikahan anak sendiri.

Bogor, 21 Mei 2010

Yang Terhormat Kepala Cabang Alfamaret Wilayah Bogor
Di tempat

السلا م عليكم ورحمة الله وبركا ته

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Nur Luthfi
NIP : 12342123232
Jabatan : Kepala Cabang Alfamaret Bogor 23412
Alamat : Jl. Kejawen Raya, RT.02/11 No. 121 Cicuhi, Bogor – Jawa Barat

 

Dengan ini saya ingin mengajukan permohonan izin kerja selama 2 (dua) hari, terhitung tanggal 1 dan 2 Juni 2010, dengan tujuan untuk melangsungkan persiapan dan acara pernikahan anak saya yang pertama pada hari tersebut.

Demikian surat izin ini saya buat untuk menjadi pertimbangan. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

والسلا م عليكم ورحمة الله وبركا ته

 

Bogor, 21 Mei 2010

Hormat saya

(Tanda tangan)

Nur Luthfi
NIP : 12342123232

Kalimat diatas bisa diganti ganti sesuai dengan kebutuhan kamu, yang penting harus benar- benar untuk keperluan yang prioritas dan dibuat dengan jujur ya manteman.

Contoh Surat Izin Cuti

Berikut contoh surat izin cuti, keterangan lainnya bisa kamu sesuaikan sesuai kebutuhan dan alasan kamu cuti.

source: slideshare

Contoh Surat Izin Sekolah

Selanjutnya kami akan memberikan contoh surat izin sekolah, semoga gambar dibawah ini dapat menjadi referensi kamu ketika ingin melakukan izin sekolah.

Contoh surat izin sekolah dibawah bukan hanya ketika kamu sakit saja loh, ada juga contoh surat izin sekolah karena keperluan hal yang lain dan lebih prioritas, seperti apa sajakah contohnya? Yuk langsung saja simak ulasannya dibawah ini.

Contoh Surat Izin Sekolah Karena Sakit

Sakit adalah hal yang normal yang bisa di alami oleh setiap orang, tidak mengenal usia, jenis kelamin, jabatan, harta dan waktu.

Kapanpun itu kita bisa saja terkena penyakit, entah ringan atau berat. Oleh karena itu pada saat kamu sakit dan tidak bisa sekolah, ada baiknya kamu membuat surat izin kepada wali kelas atau guru disekolah kamu.

Supaya mereka mendapatkan informasi kenapa kamu tidak masuk sekolah. Berikut ini contoh surat izin sekolah karena sakit.

بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

 

Kepada: Ibu/Bapak Guru Wali Kelas V
MI Sa’adatud Darain – Depok

السلا م عليكم ورحمة الله وبركا ته

 

Dengan hormat, kami selaku orang tua dari saudara:

Nama : Miftahul Irham
Siswa : Kelas V MI Sa’adatud Darain – Depok
Alamat : Jl. Lafran Pane, RT.05/11 No.05 Cimanggis, Depok.

Dengan surat ini kami ingin menginformasikan kepada Ibu/Bapak Guru bahwa anak kami tidak bisa masuk sekolah seperti hari biasanya pada tanggal 9 Januari 2011.

Dikarenakan terserang penyakit tifus dan perlu istirahat total selama 1 – 2 pekan kedepan. Mohon izin dan doa semoga anak kami bisa sehat serta masuk sekolah lagi seperti biasanya.

 

Demikian surat ini kami buat, atas kebijaksanaan dan perhatian Bapak/Ibu Guru saya ucapkan terima kasih.

 

والسلا م عليكم ورحمة الله وبركا ته

 

Depok, 9 Januari 2011

Hormat kami

(Tanda tangan)

Annisa Azizah

Contoh Surat Izin Sekolah .doc – Download

Download Surat Izin Sekolah

 

Izin Meninggalkan Sekolah Sebelum Waktunya

Contoh surat izin sekolah berikutnya untuk keperluan yang mendadak ketika sedang ada di sekolah dan harus izin pulang, biasanya izin seperti ini sudah dimiliki dokumennya oleh sekolahan.

Tapi berikut kami tampilak supaya kamu mendapat ilmu tambahan.

Contoh Surat Izin Peminjaman Tempat

Mungkin beberapa dari kamu perlu meminjam tempat untuk keperluan atau sebuah acara tertentu. Biasanya peminjaman tempat ini memiliki sistem sendiri, entah itu melalui surat atau lisan.

Sebagian tempat juga sudah ada yang menyediakan form peminjaman tempat untuk suatu acara, tapi ada juga sebagian tempat yang belum memilikinya.

Jadi kamu harus membuat surat peminjaman secara manual, untuk itu kami berikan gambaran dalam membuat surat izin peminjaman tempat yang bisa kamu gunakan.

Peminjaman Gedung Serba Guna (Aula)

DEPARTEMEN KESENIAN
UNIVERSITAS NURUL FIRA BEKASI
BADAN EKSEKUTIF MAHASISWA UNF
Jalan Ahmad Yani No.99 Cikarang, Bekasi
Tlp. 022 – 212212  Fax. 022 – 690212

 

No                      : 009/BEMUNF/09/2015
Hal                      : Peminjaman Tempat
Lampiran            : 1 (satu) lembar

 

Kepada:
Kepala Bagian Sarana dan Prasarana
Universitas Nurul Fira Bekasi
di tempat

 

Dengan hormat,

Dalam rangka memperingati Hari HUT Kota Bekasi Ke-99, Kami selaku mahasiswa/i yang terhimpun kedalam Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Nurul Fira Kota Bekasi bermaksud untuk menyelenggarakan seminar mahasiswa dengan tema “PERTUMBUHAN DAN DAYA SAING GLOBAL”, yang rencananya akan diselenggarakan pada :

Hari                       : Selasa
Tanggal                : 05 Desember 2015
Waktu                  : 09:00 s/d selesai
Tempat                : Gedung Aula Universitas Nurul Fira

Maka dari itu, kami bermaksud untuk meminjam tempat yaitu meminjam Gedung Aula Universitas Nurul Fira pada waktu dan tanggal tersebut untuk kelancaran kegiatan tersebut.

Demikian surat peminjaman ruangan ini kami buat, atas perhatian dan kerjasama Bapak / Ibu kami ucapkan terima kasih.

 

Bekasi, 1 Desember 2015

Ketua BEM
Universitas Nurul Fira

(ttd)

Agus Sina

Surat Peminjaman Kelas

Selain aula, kelas juga bisa dipinjamkan jika kamu memerlukannya, sebagai contoh anak kuliah yang harus mengajar club IT di kelasnya dan perlu ruangan kelas, maka bisa dilakukan peminjaman ruangan kelas, biasanya contohnya seperti dibawah ini:

contoh surat izin sekolah
source: slideshare

Surat Peminjaman Lab

Jika kamu ada tugas tambahan dan perlu menggunakan lab kampus, seperti lab kimia, lab komputer dll. Kamu bisa mengajukan peminjaman ruangan tersebut, seperti surat peminjaman ruangan lab pada kampus IPB ini

contoh surat izin sekolah
source: staff.ipb.ac.id

Penutup

Demikianlah penjelasan mengenai contoh surat izin sekolah, kerja, cuti, keluarga, peminjaman tempat/ruangan serta cara membuat surat tersebut. Semoga bermanfaat ya manteman 🙂

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: