9 Cara Membuat Curiculum Vitae Kekinian | Lengkap Dengan Contoh Gambar

Contoh Daftar Riwayat Hidup Keren – Curiculum vitae, biasa disingkat CV atau bahasa kitanya Daftar riwayat hidup, merupakan sebuah dokumen yang menampilkan sekilas tentang perjalanan hidup kita, mulai dari nama lengkap, tanggal lahir, pengalaman organisasi, jenjang pendidikan, pengalaman kerja dan lain lain.

Daftar riwayat hidup ini pun bisa digunakan untuk berbagai kepentingan, mulai dari melamar pekerjaan, kebutuhan dokumentasi, dan juga bisa untuk melamar si dia hehe 😀

Untuk itu perlu perhatian khusus jika kamu ingin membuat sebuah Daftar riwayat hidup yang keren, bagus dan berkualitas. Daftar riwayat hidup juga perlu disesuaikan dengan kebutuhan yang diinginkan, beda tentunya CV untuk melamar seseorang dengan Daftar riwayat hidup yang hanya untuk lampiran tambahan saja.

Atau untuk kebutuhan melamar kerja misalnya, kamu harus membuat CV yang menampilkan kelebihan kamu dibandingkan dengan calon pelamar kerja yang lainnya. Bukan tanpa sebab, karena jika terlihat sama saja bisa jadi CV kamu tidak dibaca oleh HRD.

Karena dibeberapa perusahaan, khususnya yang sudah besar dan ternama, untuk dokumen CV yang dirasa biasa- biasa saja atau kurang menarik makan hampir pasti tidak akan dilirik ataupun disentuh oleh mereka.

Banyak juga mereka yang membuat CV untuk di apply kepada banyak lowongan kerja, tentu sebaiknya CV yang diberikan pun sesuai dengan kebutuhan kerja yang akan di apply. Maka uraikan daftar riwayat hidup kamu sesuai dengan kompetensi yang diperlukan.

Jangan sampai hal diatas menimpa kamu sehingga CV kamu tidak dilirik oleh perusahaan, HRD atau para penerima kerja.

Bagaikan angin yang berlalu, sakit bukan jika hal tersebut terjadi kepada kamu? Maka dari itu kami akan memaparkan beberapa aspek yang penting dalam Daftar riwayat hidup dan melampirkan contoh daftar riwayat hidup keren dalam format gambar yang bisa menjadi inspirasi kamu.

Isi Curiculum Vitae Secara Umum

contoh slip gaji karyawan
androbuntu

Sebelum kamu membuat daftar riwayat hidup yang kreatif dan keren, kamu perlu mengetahui terlebih dahulu seperti apa informasi didalam CV yang umumnya ada pada setiap daftar riwayat hidup.

Proses diatas nantinya sangat berguna untuk kamu sehingga kamu bisa menampilkan informasi yang seharusnya ada, dan tidak menampilkan informasi yang tidak diperlukan atau tidak sesuai dengan konteksnya.

Berikut ini adalah poin- poin yang umum ada didalam CV atau daftar riwayat hidup:

  • Data diri   : Data diri yang diberikan harus sesuai dengan KTP, biasanya hanya menampilkan informasi berupa nama lengkap + titel kamu (jika ada), tempat tanggal lahir, alamat rumah, no tlp, dan email serta website (jika ada).
  • Deskripsikan diri kamu   : Pendeskripsian diri perlu di lakukan agar orang yang menerima kamu tahu sedikit tentang sifat dan kepribadianmu.
  • Riwayat Pendidikan   : Rincikan semua riwayat pendidikan yang pernah kamu tempuh
  • Skill/ keahlian tambahan
  • Organisasi dan prestasi
  • Pengalaman kerja kamu sebelumnya (jika ada)

Dan poin-poin lainnya disesuaikan dengan kebutuhan kamu.

Contoh Daftar Riwayat Hidup Keren Untuk Lamaran Kerja

Ini adalah contoh daftar riwayat hidup keren yang bisa menjadi acuan atau referensi kamu ketika ingin melakukan pelamaran kerja.

contoh daftar riwayat hidup keren untuk lamaran kerja
cv-nabila

Contoh CV Kreatif Untuk Lamaran Kerja Bahasa Inggris

Terkadang ada beberapa perusahaan atau instansi yang mengharuskan para pelamar kerja mencantumkan CV/ resume dalam bahasa Inggris, berikut adalah contoh jika kamu ingin membuat CV dalam bahasa Inggris.

Contoh CV Keren Untuk Lamaran Kerja
tannyalikatan

Menganalisa CV Untuk Lamaran Kerja

img

Tahap awal yang harus kamu lakukan untuk membuat CV seperti contoh daftar riwayat hidup keren di atas ialah tempatkan posisi kamu seperti seseorang yang sedang mencari karyawan untuk perusahaan atau bisnis kamu.

Tentunya kamu tidak ingin merekrut atau mengerjakan orang yang biasa- biasa saja bukan? Maka dari itu kita bisa melihat karakteristik seseorang, salah satunya dengan melihat tampilan dari CV yang mereka berikan.

Untuk itulah ketika kamu dalam posisi penerima maka kamu harus menganalisa CV kamu sebelum diserahkan kepada perusahaan/ instansi tertentu, jangan sampai usaha kamu sia- sia dan tidak membuahkan hasil apapun.

Kamu tentu tidak ingin membuang- buang energi dan tenaga kamu hanya untuk hal- hal yang sebenarnya bisa kamu ubah untuk menghasilkan hal yang positif, termasuk meluangkan waktu lebih untuk membuat cv yang keren seperti contoh diatas tadi.

Jangan lupa juga untuk melibatkan seorang teman untuk menilai CV yang telah kamu buat, terlebih teman kamu juga sudah pernah melamar pekerjaan di suatu perusahaan, itu akan menjadi referensi kamu untuk membuat CV sesuai pengalaman mereka sebelumnya.

Jika menurut teman kamu cv tersebut sudah bagus dan kreatif, tidak ada salahnya kamu menggunakan cv tersebut untuk melamar pekerjaan.

Ohya, satu hal lagi yang penting dalam membuat CV untuk melamar pekerjaan adalah masukan pengalaman kerja kamu sebelumnya, hal tersebut juga akan menjadi nilai tambah untuk kamu.

Tapi jika kamu belum memiliki pengalaman kerja sebelumnya atau baru lulus sekolah/ kuliah, silahkan simak contoh daftar riwayat hidup keren dibawah ini.

Desain CV Keren Untuk Fresh Graduate

Gambar dibawah ini merupakan contoh CV kreatif untuk kamu para fresh graduate (baru lulus sekolah/ kuliah). Semoga bisa menginspirasi yaa Gens.

contoh cv keren fresh graduate
cv-nabila

contoh daftar riwayat hidup kretif untuk fresh graduate

Analisa Resume Untuk Fresh Graduate

Untuk kamu yang baru lulus sekolah atau kuliah tentu ingin punya pekerjaan guna mendapatkan penghasilan untuk menyambung hidup. Tentunya kamu sering untuk membuat CV/ resume sesuai dengan jenis loker pekerjaan yang tersedia, sebenarnya ada beberapa perbedaan antara cv fresh graduate dengan cv melamar pekerjaan.

Contohnya adalah jika kamu belum pernah bekerja sebelumnya, usahakan mencari nilai tambah dari sisi lainnya, mungkin kamu pernah magang di suatu perusahaan/ instansi tertentu. Mencantumkan prestasi yang ada selama jenjang pendidikan kamu.

Itu juga termasuk nilai tambah bagi para fresh graduate ketika merekan ingin melamar suatu pekerjaan.

Contoh Daftar Riwayat Hidup Sederhana

Contoh daftar riwayat hidup keren selanjutnya bisa kamu gunakan untuk suatu kepentingan yang sifatnya tidak mendesak atau mengharuskan menggunakan tampilan yang keren dan kreatif.

Beberapa cv sederhana ini bisa kamu jadikan sebagai referensi untuk membuat CV sederhana.

Contoh CV atau resume sederhana
source: pinterest

Contoh Daftar Riwayat Hidup Keren Sederhana Bahasa Inggris

Contoh Daftar Riwayat Hidup Sederhana
source:jmepolkaki

 

Contoh CV Keren Untuk Ta’aruf

Proses ta’aruf atau perkenalan antara pria dan wanita yang ingin melanjutkan ke jenjang pernikahan biasanya juga saling bertukar CV/ data diri untuk saling mengetahui latar belakang calon pasangan masing masing.

Nah, untuk kamu yang saat ini ingin mencari calon atau akan melakukan pendekatan dengan seseorang, ada baiknya kamu mulai mempersiapkan CV untuk peroses perkenalan atau bahasa islaminya ta’aruf.

Contoh daftar riwayat hidup keren atau CV untuk taaruf ini bisa menjadi referensi kamu dalam membuat CV sesuai dengan tata cara yang seharusnya dan menyampaikan informasi sesuai dengan kebutuhan taaruf.

contoh cv keren untuk taaruf contoh cv keren untuk taaruf

Download Format CV Ta’aruf

kalian bisa mengunduh file .doc contoh daftar riwayat hidup keren untuk proses taaruf di bawah ini:

Download Format Biodata / CV Untuk Taaruf

 

Analisa Biodata Untuk Proses Taaruf

Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman didalam surat Al Isra ayat 32 yang artinya

“Dan janganlah kamu mendekati zina; sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji. Dan suatu jalan yang buruk.”

Ayat tersebut seharusnya menjadi panduan bagi kaum muslim untuk menghindari hal- hal yang mendekati zina, salah satunya adalah PACARAN. Oleh karena itu dalam islam tidak mengenal dan tidak ada yang namanya istilah pacaran.

Umat muslim sejati hanya mengenal proses ta’aruf sebagai fase mengenal pasangannya. Tentunya dengan regulasi syariat yang diatur agar tidak terjadi hal-hal berlebihan dalam proses taaruf tersebut.

Kenapa pacaran dilarang? karena dalam kegiatan pacaran lebih cendrung dengan kemaksiatan dan mendekati zina, itulah mengapa tidak boleh dalam islam yang namanya pacaran.

Begitu pula dengan proses taaruf yang akan dilakukan, jangan melewati batasan syariat, karena jika berlebihan hanya menjadi kedok “pacaran islami” yang sebenarnya tetap saja tidak sesuai dengan syariat islam.

Dalam proses taaruf ada juga hal-hal yang mesti diperhatikan, mulai dari memilih calon yang akan didekati, membuat biodata / CV ta’aruf, perkenalan ke2 keluarga calon, dan berbagai hal lainnya.

Berikut adalah beberapa poin yang harus diperhatikan jika kamu ingin melakukan proses ta’aruf:

  • Luruskan niat karena Allah

Hadirkan niat kita untuk mencari ridho Allah dalam proses ta’aruf ini, karena dengan niat itulah proses ini menjadi bernilai ibadah dan semoga hasilnya pun apa yang kita senangi serta Allah ridho terhadapnya.

Hidari niatan untuk sekedar banyak mengoleksi kenalan dan tidak serius untuk menuju proses khitbah atau pernikahan. Karena itu termasuk zolim terhadap seseorang.

  • Pilih calon pasangan yang se kufu (sederajat)

Sekufu yang dimaksud adalah memilih pasangan yang sesuai dengan diri kamu sendiri, karena pasangan merupakan cerminan diri kita. Oleh karena itu tidak disarankan sebagai orang yang misalkan, kemampuan ekonominya biasa biasa saja menikahi seseorang wanita yang secara ekonomi jauh lebih tinggi dari si pelamar.

  • Cari tahu calon kamu dari orang dekatnya

Usahakan mencari tahu tentang si dia dari orang terdekatnya, bisa dari teman, keluarga atau kerabatnya. Hal tersebut menjadi penilaian objektif dan informasi tambahan untuk kamu sebelum melakukan proses pendekatan lebih lanjut.

Jika pon- poin diatas sudah terpenuhi jangan lupa berdoa kepada Allah agar diberikan hasil yang sesuai dan terbaik.

Penutup

Demikianlah penjelasan kami tentang macam-macam contoh Daftar Riwayat Hidup keren dan kreatif untuk proses lamaran kerja atau taaruf dan CV untuk fresh graduate. Semoga Bermanfaat 🙂

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.