Cara Simpel Ternak Jangkrik

Cara Ternak Budidaya Jangkrik – Krik…krik….krik…. Biasanya lirik tersebut menandakan bahwa lawakan yang disampaikan tidak lucu. Tapi tahukah kamu kenapa harus menggunakan lirikan jangkrik? Coba kamu pikirkan baik-baik.

Di bumi ini ada sekitar 900 lebih spesies jangkrik, semuanya tersebar dan mempunyai ciri khas masing-masing. Namun ada satu hal yang serupa, yaitu bunyinya yang begitu keras.

Keberadaan jangkrik disuatu lingkungan juga menandakan bahwa lingkungan tersebut tidak tercemar. Karena suara jangkrik hanya dihasilkan oleh jantan dengan tujuan untuk menarik perhatian betina dan menghindar dari jantan yang lain.

Hewan ini memiliki nama lain Gryllidae, merupakan jenis hewan omnivora serta aktif pada malam hari. Hewan ini juga memiliki kekerabatan dengan belalang dan memiliki antena yang berada dikepala.

Saat ini sudah banyak cara untuk budidaya serta ternak jangkrik, melonjaknya kebutuhan pasar juga mempengaruhi omzet para peternak jangkrik. Untuk kamu yang ingin terjun kedalam budidaya jangkrik, kami akan ulas caranya dari awal sampai dapat uang jutaan rupiah.

Kami juga akan memberikan video motivasi tentang kisah para pengusaha sukses yang berbisnis dibidang ini (budidaya jangkrik):

 

Kandungan Gizi Jangkrik

 

budidaya jangkrik
source: budidaya/blog

Data diatas merupakan kandungan gizi yang terdapat pada jangkrik, biasanya jangkrik dijadikan pakan untuk hewan-hewan tertentu, seperti ikan lele, burung, dan hewan peliharaan yang lain. Untuk itu gizi ini sangat penting untuk meningkatkan kualitas suatu hewan.

Jenis-jenis Jangkrik

Seperti yang sudah dijelaskan diatas tadi, bahwa jangkrik memilliki lebih dari 900 spesies, untuk itu kami tidak akan membahas semuanya, tapi hanya beberapa jenis saja yang populer di Indonesia:

Jangkrik Sawah

budidaya jangkrik

Jenis jangkrik yang pertama adalah jangkrik sawah atau dikenal juga dengan sebutan jangkrik alam dan jangkrik seliring biasa tumbuh didaerah persawahan. Jangkrik jenis ini memiliki nada suara yang pelan namun bernada. Jangkrik sawah juga sebagai indikator bahwa sawah tersebut subur.

Jangkrik Kalung

budidaya jangkrik
source: infoagribisnis

Jangkrik kalung atau dikenal juga dengan nama jangkrik ganggong memiliki tanda khas pada bagian leher, yaitu lingkaran seperti kalung berwarna emas.

Bagian tubuhnya berwarna hitam pekat serta ukurannya lebih besar dibandingkan jenis jangkrik sawah. Habitat jangkrik ini hampir sama seperti jangkrik pada umumnya.

Berikut kami paparkan perbedaan antara jangkrik sawah dan jangkrik kalung.

budidaya jangkrik
jualtelurjangkrik/blogspot

Jangkrik Rumah (Upa)

budidaya jangkrik

Jenis jangkrik selanjutnya adalah jangkrik rumah atau biasa dikenal dengan nama jangkrik upa. Jenis ini memiliki warna abu-abu pucat dan memiliki habitat dibalik tembok, bebatuan atau didalam rumah.

Jangkrik ini juga termasuk jenis yang jarang dibudidayakan di Indonesia, karena ukurannya yang kecil dan juga lincah. Serta kurang cocok untuk pakan burung dikarenakan memiliki bau yang tidak enak.

Jangkrik Gangsir

budidaya jangkrik

Jenis jangkrik yang terakhir adalah jangkrik gangsir. Hampir sama dengan jangkrik sawah, jenis ini juga banyak ditemukan didaerah persawahan dan perkebunan.

Ukuran jangkrik ini cukup besar dibandingkan jenis jangkrik sawah, serta suaranya nyaring ketika didengar dimalam hari. Jenis jangkrik ini juga jarang diternakan di Indonesia, karena sifatnya yang mudah stres lalu mati.

Bibit Budidaya Jangkrik

budidaya jangkrik

Untuk masalah bibit jangkrik sebenarnya mudah sekali untuk didapatkan, banyak penjual pakan hidup yang menjual jangkrik untuk kebutuhan pakan ikan.

Jika ingin mendapatkan hasil budidaya jangkrik yang powerfull usahakan untuk mendapatkan bibit jangkrik di alam bebas, seperti sawah, rawa, kebun, dll. Jika hal tersebut dirasa cukup sulit maka kami sarankan untuk mendapatkan bibit pejantan dari alam bebas, karena sifatnya yang lebih agresif sehingga bisa membuahi banyak betina.

Jangan lupa untuk memilih indukan jangkrik yang sehat dan gesit. Berikut ciri-ciri bibit jangkrik yang bagus:

  • Antena pada jangkrik masih utuh semua.
  • Sulit ditangkap, gesit dan lincah.
  • Tidak mengeluarkan cairan jika dipegang, baik cairan pada mulut dan pantatnya.
  • Untuk indukan betina memiliki 3 bagian ekor, dan bagian tengah ekornya merupakan ovipositor.
  • Indukan jantan hanya punya 2 ekor, serta suara desisan yang keras.

Diusahakan untuk tidak mencampur jenis jangkrik dalam 1 bibit, karena bisa mengakibatkan sifat kanibalisme sesama jangkrik.

Pembuatan Kandang Ternak Jangkrik

budidaya jangkrik
tutorialbudidaya/blogspot

Biasanya jangkrik di budidaya dengan menggunakan kandang kayu, dan hal tersebut sudah umum untuk para peternak jangkrik. Olinya berguna untuk mengusir serangga atau hama.

Berikut videonya:

 

Tips agar jangkrik tidak stres:

  • Tempatkan jangkrik sesuai kategorinya, untuk jangkrik indukan sendiri dan anakan sendiri, jangan dicampur.
  • Selalu tepat untuk memberi makan jangkrik, agar tidak terjadi tindakan kanibalisme karena jangkrik kelaparan.
  • Selalu menjaga kebersihan kandang, bersihkan setiap pekannya agar jangkrik sehat dan tumbuh maksimal.
  • Tidak terlalu padat disetiap kandang yang diisi jangkrik, usahakan untuk memperhatikan jumlah maksimal dalam 1 kandang.

Jenis Pakan Budidaya Jangkrik

budidaya jangkrik

Para peternak jangkrik juga harus memperhatikan pakannya. Jangkrik merupakan hewan yang perlu asupan protein, sehingga jangkrik harus diberi pakan agar tidak stres dan cepat mati, atau memunculkan sifat kanibalismenya. Tentu saja semua hal tersebut dapat merugikan para pembudidaya jangkrik.

Untuk menghindari hal tersebut, berikut kami paparkan jenis pangan yang tepat untuk jangkrik:

1. Pakan Utama Budidaya Jangkrik

Kami sarankan untuk menggunakan voer ayam phokpan 511. Voer tersebut harus dihaluskan agar mudah dimakan dan dicerna oleh jangkrik.

Voer ayam phokpan 511 ini memiliki kandungan gizi yang cukup baik untuk jangkrik, dari sergi harga juga tidak begitu menguras kantong. Cara mendapatkannya pun tidak begitu sulit, kamu bisa membelinya di marketplace seperti Bukalapak, disana dijual dengan harga 5000-9000 rupiah saja per kilonya.

2. Pakan Pendamping Jangkrik

Untuk makanan pendamping budidaya jangkrik berupa sayur-sayuran, hal ini berguna untuk memenuhi kadar air untuk jangkrik. Karena dihabitat aslinya biasanya jangkrik memakan dedaunan segar.

Demikian juga untuk para peternak jangkrik harus memberi makan pendamping agar kesehatan jangkrik tetap terjaga. Berikut makanan pendampingnya:

  • Pepaya
  • Daun pepaya, bisa yang muda atau yang tua.
  • Daun Pisang, yang tua atau juga muda.
  • Kedebong pisang
  • Daun Ketela
  • Sawi hijau atau putih

Waktu Pemberian Pakan Ternak Jangkrik

budidaya jangkrik
Hanging pocket watch

Dalam waktu sehari, jangkrik diberi makan sebanyak 2 kali, di waktu pagi dan malam hari.

Rincian Pakan

Umur Pakan
1-2 hari Voer Ayam
3-15 hari Voer Ayam dan Pakan Pendamping
16-28 hari Voer Ayam dan Pakan Pendamping 1:2
28-33 hari Voer Ayam dan Pakan Pendamping 1:3
33 hari – panen Berikan Batang Ubi muda

Cara Mengawinkan Jangkrik

budidaya jangkrik

Jika telah memasuki usia dewasa, jangkrik akan membutuhkan proses perkawinan untuk kelangsungan spesiesnya. Dalam proses perkawinan ini, harus dilakukan terhadap spesies yang sejenis, karena jika tidak, proses perkawinan tidak akan bisa dilakukan.

Ciri ciri jika jangkrik sudah ingin kawin adalah suara derikannya sudah mulai keras daripada biasanya, juga pertumbuhan sayap dan bulu menjadi tanda bahwa jangkrik tersebut siap kawin.

Tempat untuk pengawinan jangkrik juga harus dipisahkan dari tempat pembesaran, nantinya tempat tersebut dikondisikan dengan habitat asli jangkrik.

Caranya adalah dengan memberikan tanah liat didinding dinding kandang, potongan kayu, daun daunan kering (bisa daun pisang/ubi). Serta siapkan tanah atau pasir basah untuk proses jangkrik betina bertelur dan menaruh telur-telurnya.

Gunakan perbandingan dalam mengawinkan jangkrik, kami sarankan untuk memberikan perbandingan 2:10, artinya ada 2 pejantan dan 10 indukan betina dalam satu tempat.

Suara derikan akan terus dilantunkan oleh para pejantan saat masa perkawinan berlangsung, untuk jangkrik betina pembuahan terjadi pada abodemen ditubuh jangkrik. Tidak perlu waktu yang lama, setelah telur mulai berwujud maka akan dikeluarkan melalui ovipositor yang terletak dibagian belakang tubuh jangkrik betina.

Selanjutnya telur tadi akan diletakan didalam tanah atau pasir untuk proses penetasan.

Saat telur sudah keluar secara menyeluruh dari tubuh betina, otomatis jangkrik betina akan mati karena kelelahan, dikarenakan proses bertelur yang banyak menguras tenaga.

Lalu apa yang terjadi dengan jangkrik jantan? Jangkrik jantan akan mencari betina baru untuk dibuahi kembali, dan biasanya jangkrik jantan baru akan mati setelah perkawinan ke 7 kali.

Cara Menetaskan Telur Budidaya Jangkrik

budidaya jangkrik

Untuk budidaya jangkrik harus diperhatikan juga waktu untuk penetasan teurnya. Jangka waktu penetasan teluar ialah ±8-10 hari setelah proses perkawinan. Memasuki hari ke 5 setelah betina mengeluarkan telurnya, maka pisahkan tempatnya. Hal tersebut bertujuan agar indukan jantan tidak memakan telurnya sendiri.

Untuk telur yang berisi anakan jangkrik akan berwarna keruh, dan biasanya akan menetas dalam waktu 5-6 hari berikutnya.

Saat proses penetasan harus diperhatikan kondisi kandangnya ya, jaga suhunya agar tetap lembab dan lakukan penyemprotan secara rutin dengan air bersih.

Tahapan Panen Ternak Jangkrik

budidaya jangkrik

Inilah tahapan yang ditunggu-tunggu oleh para budidaya jangkrik, untuk tahapan ini sebenarnya bisa dilakukan 3 opsi. Pertama memanen jangkrik yang sudah dewasa atau kedua memanen telur jangkrik atau bisa juga ke dua duanya dilakukan secara bersamaan.

Waktu yang dianjurkan untuk panen jangkrik dewasa adalah saat usianya sudah lebih dari 33 hari.

Biasanya harga jangkrik dewasa yang dipanen lebih murah dibandingkan harga telur jangkrik. Hal tersebut karena kebutuhan pasar lebih banyak menyasar telur jangkrik namun disisi lain butuh waktu untuk menghasilkan telur jangkrik.

Olahan Jangkrik Untuk Dimakan

Berikut beberapa ide untuk mengolah daging jangkrik menjadi makanan yang enak namun kaya manfaat.

  1. Cheese Stick Cheekrik

Sesuai dengan namanya yang berarti, stik keju jangkrik. Cara membuatnya pun cukup mudah, rendamlah jangkrik dalam air panas sebelum diolah, tuunggu hingga 15 menitan.

Selanjutnya, buanglah kotorannya dan buanglah sayap jangkrik, karena sayap jangkrik sulit diolah oleh pencernaan. Kemudian haluskan jangkrik tadi dan campur dengan adonan stik cheese, adonanya terdiri dari telur, mentega, dan terigu yang diaduk merata.

Setelah semuanya dicampur lalu dibentuk stik dan digoreng hingga matang.

  1. Rempeyek Jangkrik

Cara membuat peyek jangkrik sama seperti membuat peyek pada umumnya, hanya saja tambahannya menggunakan jangkrik.

Untuk rasa jangan salah kira, cukup membuat lidah kamu sulit untuk berhenti mengunyah.

  1. Nasi Goreng Jangkrik

Apa jadinya jika makanan sejuta umat ini dicampur dengan tambahan jangkrik goreng didalamnya?

Jika pada umumnya nasi goreng hanya perlu tambahan, daging ayam, teri, sosis, bakso, ati ampela, udang dll. Tidak ada salahnya kamu mencoba menu nasi goreng yang satu ini.

Demikianlah ulasan tentang cara ternak budidaya jangkrik, selamat menjoba dan semoga sukses menjadi pengusaha budidaya jangkrik.

Atau kalo kurang tertarin kamu bisa melakukan budidaya ikan lele.

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: